Cara Investasi Dollar yang Menguntungkan

Dollar AS merupakan mata uang paling berpengaruh di dunia dan dijadikan patokan dalam kurs. Mata uang ini bisa dijadikan salah satu investasi terutama untuk jangka panjang. Artikel kali ini akan menjelaskan cara investasi dollar yang benar.

Cara Pintar Investasi Dollar 

Anda perlu memiliki strategi tertentu agar mendapatkan hasil yang menguntungkan saat investasi dollar. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara pintar investasi dollar yang menguntungkan.

1. Mengetahui Istilah Kurs Beli dan Jual

Jika belum memiliki pengalaman investasi dollar, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu istilah kurs jual maupun beli. Kurs secara umum merupakan nilai atau harga mata uang suatu negara yang diukur dalam mata uang negara lain.

Kurs jual adalah harga jual mata uang yang digunakan bank atau money changer saat menjual mata uang asing kepada nasabah.

Sedangkan, kurs beli adalah kurs yang digunakan money changer dalam membeli dollar atau mata uang asing lainnya dari nasabah.

2. Diversifikasi uang

Untuk berinvestasi dollar, Anda perlu mendiversifikasian uang Anda. dengan melakukan diversifikasi dolar Anda juga bisa mencoba instrument investasi lainnya, seperti logam mulia, saham ataupun deposito.

Perlu diingat, setelah melakukan diversifikasi uang tersebut, Anda hanya bisa menggunakannya untuk kebutuhan investasi.

Sehingga, Anda memiliki uang simpanan yang tidak diperlukan untuk investasi sebesar 30 persen dari keseluruhan aset yang Anda miliki.

3. Membeli atau Menjual Dollar di Tempat Resmi

Cara investasi dollar yang paling penting adalah menjual atau membeli dollar di tempat resmi. Sebaiknya Anda melakukan penjualan dan pembelian tersebut di money changer atau aplikasi dollar online yang sudah terkenal dan resmi memiliki izin dari OJK.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari pemalsuan uang dollar dan rupiah serta meminimalisir risiko penipuan yang berpotensi terjadi jika dilakukan di tempat tidak resmi.

4. Membandingkan Nilai Jual Saham Rutin

Berinvestasi dollar sama saja dengan berinvestasi dalam bentuk lain. Sebagai investor Anda harus jeli melihat peluang pasar. Anda perlu membandingkan nilai jual secara rutin agar bisa menjual dollar di saat yang tepat untuk mendapatkan untungan.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi investasi dollar untuk memantau perbandingan nilai jual dollar tersebut.

5. Menggunakan Uang Dingin

Investasi memiliki risiko rugi yang nominalnya tergantung dari jumlah uang yang diinvestasikan. Dengan demikian, saat berinvestasi, gunakanlah uang dingin yaitu uang yang bukan berasal dari pinjaman atau milik orang lain.

6. Membeli Dollar Secara Rutin

Untuk investasi jangka panjang, cara investasi dollar adalah dengan melakukan pembelian secara rutin. Anda pelu menyisihkan secara rutin uang Anda untuk membeli dollar atau bisa juga menggunakan strategi dollar cost averaging (DCA).

Dengan menggunakan strategi ini akan membuat dollar Anda semakin merata dan tidak terpatok pada satu harga. Sehingga, saat dolar melemah terhadap rupian, Anda bisa mendapatkan keuntungan secara rata-rata.

7. Menjual di Waktu Tepat

Cara investasi dollar yang menguntungkan selanjutnya, Anda harus menjual dollar di waktu yang tepat. Cara main dollar ini adalah dengan menjual dollar saat kurs beli di atas kurs jual saat Anda membeli dollar tersebut.

Selain itu, menjual dollar juga harus sesuai target. Misalnya, jika target keuntungan Anda 10 persen, maka Anda bisa menjualnya saat harga sudah mencapat target tersebut.

Demikian cara investasi dollar agar Anda bisa mendapatkan keuntungan. Rutin melakukan investasi akan membentuk kebiasaan, sehingga Anda tidak lagi merasa keberatan menyisihkan uang untuk berinvestasi.