Aplikasi Cek Bansos, Mulai dari Kegunaan Hingga Fitur Menariknya

Bansos alias bantuan sosial kepada masyarakat telah diberikan sejak adanya pandemi beberapa tahun lalu. Hal ini sebagai komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi dan lainnya.

Sebagian besar masyarakat ada yang menerima bantuan sosial ini, tapi tak sedikit pula yang ternyata tidak menerimanya meskipun sebenarnya sangat berhak. Oleh karena itu, untuk mengecek apakah nama Anda terdaftar dalam penerima bantuan sosial dari pemerintah, maka dihadirkan aplikasi cek bansos.

Tentang Apa Itu Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Bicara tentang apa itu aplikasi cek bansos, aplikasi ini hadir khusus untuk mempermudah Anda yang menerima bantuan dari pemerintah. Anda bisa mengecek apakah nama Anda atau keluarga sudah terdaftar di dalam nama penerima bantuan tersebut atau tidak.

Memang untuk menggunakan aplikasi ini artinya Anda mesti mempunyai smartphone terlebih dahulu. Tidak butuh smartphone yang canggih, asalkan ponsel tersebut masih bisa Anda gunakan dengan baik dan ruang penyimpanan tidak penuh.

Manfaat atau Kegunaan Aplikasi Cek Bansos

Ada sejumlah manfaat atau kegunaan yang bisa Anda dapatkan apabila mengunduh aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Sosial ini. Selain mengecek apakah nama Anda sudah terdaftar atau belum sebagai penerima bantuan sosial, Anda juga bisa mencoba untuk mendaftarkan diri jika nama Anda tidak tertera sebagai penerima.

Selain diri sendiri, Anda pun dapat mendaftarkan nama lain, misalkan nama keluarga, kerabat, teman atau siapapun yang berhak menerima bantuan sosial dari pemerintah itu sendiri.

Cara Daftar di Aplikasi Cek Bansos 2022

Bila ingin mendaftar dan memiliki akun di aplikasi Cek Bansos, maka Anda harus melakukan langkah pendaftaran dengan semestinya. Berikut beberapa langkah pendaftaran di apk Cek Bansos untuk mempermudah Anda.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Cek Bansos di Play Store.
  • Pilih opsi ‘Buat Akun Baru’.
  • Lakukan pengisian data di kolom yang tersedia. Seperti misalnya nama lengkap, NIK, nomor KK dan data lainnya yang sesuai dengan di KTP Anda.
  • Kemudian Anda tinggal melakukan swafoto dan menambahkan foto KTP saja.

Di atas hanyalah cara untuk membuat akun. Sementara itu, apabila Anda ingin mengajukan usulan sebagai penerima bantuan sosial, maka ada langkah lain yang harus diikuti. Berikut ini langkah mudahnya.

  • Pilih opsi ‘Daftar Usulan’ agar Anda bisa memasukkan nama calon penerima bantuan sosial.
  • Kemudian klik opsi Tambah Usulan.
  • Lakukan pengisian data calon penerima bantuan tersebut dengan sebenar-benarnya sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Tunggu beberapa saat sampai data calon penerima muncul dan selesai.

Fitur-fitur Menarik di Aplikasi Cek Bansos

Ada banyak fitur menarik dari aplikasi Cek Bansos yang bisa Anda manfaatkan. Apabila ingin menggunakannya, maka Anda harus tahu dan memahami dulu apa saja fitur yang ada dalam apk tersebut.

  • Fitur Cek Bansos, di sini Anda bisa mengecek daftar penerima bantuan sosial mulai dari BPNT, PKH, BST dan lain sebagainya.
  • Fitur Daftar Usulan, di fitur ini Anda dapat mencoba mendaftarkan diri sendiri atau orang lain sebagai penerima bantuan.
  • Fitur Tanggapan Kelayakan, fitur ini membuat masyarakat dapat memberikan respon atau tanggapan terkait layak atau tidaknya seseorang menerima bantuan yang diberikan.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai aplikasi Cek Bansos. Sudah puluhan juta orang yang mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah Indonesia sejak pandemi hingga yang terbaru ini terkait dengan kenaikan harga BBM. Menandakan pemerintah sedikit banyaknya peduli dengan masyarakat yang kurang mampu agar tidak terlalu terbebani dengan hal-hal tersebut.