Ide Bisnis di Bulan Puasa

Ada begitu banyak ide bisnis di bulan puasa bisa menjadi inspirasi untuk Anda jika ingin mendapatkan keuntungan dan keberkahan. Bukan rahasia lagi jika bulan suci ramadhan merupakan salah satu momentum yang pas untuk membuka usaha.

Terdapat begitu banyak ide bisnis yang dapat dicoba untuk meraup pundi-pundi rupiah sebagai bentuk dalam menyambut hari lebaran.

Bisnis ini dapat dimulai sejak awal puasa hingga sebelum lebaran. Mulai dari usaha kecil-kecilan, musiman atau ingin mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Ide Bisnis di Bulan Puasa yang Laris Manis

Oleh karena itu, jika tertarik untuk mencoba, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi peluang bisnis di bulan puasa yang akan sangat menguntungkan.

1. Hidangan sahur

Ketika bulan puasa pastinya semua umat muslim akan mengawalinya dengan sahur untuk berpuasa. Anda bisa menghidangkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk sahur sebagai peluang usaha.

Namun, jika baru memulainya tidak harus membuka usaha catering atau warung makan secara langsung. Mulailah dari menawarkan kepada tetangga atau orang-orang terdekat dulu yang tidak memiliki waktu untuk membuat menu sahur.

2. Hidangan buka puasa

Orang berpuasa pastinya ingin mencicipi berbagai jenis minuman dan makanan, setelah seharian menahan diri dari rasa haus dan lapar

Biasanya di bulan ramadhan, orang-orang akan mencari hidang favorite di jalan atau di pasar. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk membuka ide bisnis di bulan puasa hidangan buka puasa.

Selain banyak dicari di bulan ramadhan, ada begitu banyak ide jualan minuman ataupun makanan di mana bisa menjadi inspirasi.

3. Kurma

Buah kurma bisa dikatakan sangat lekat dengan ramadhan. Menjelang ramadhan hingga hari lebaran, buah manis satu ini memiliki permintaan cukup tinggi dan akan selalu diburu.

Hal ini terjadi karena kurma merupakan makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ketika berbuka.

Akan tetapi, menyajikan kurma saat sahur pun tidak ada salahnya. Karena memiliki permintaan tinggi dan stok melimpah, bisnis kurma bisa menjadi alternatif untuk menambah pemasukan.

4. Peralatan ibadah

Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk seluruh umat muslim memupuk amalan dan pahala. Tidak heran apabila, masjid akan penuh setiap saat karena orang-orang akan gencar beribadah.

Banyak orang yang akan membutuhkan peralatan ibadah, tidak hanya individu saja, masjid pun membutuhkan peralatan seperti alquran, sajadah, mukenah, peci, dan sarung untuk para jamaah.

Karena kebutuhan yang banyak, Anda juga bisa mencoba ide bisnis di bulan puasa alat ibadah ini.

5. Hijab

Di bulan suci orang berbondong-bondong merubah penampilan menjadi lebih baik lagi. Mungkin masih banyak saudara kita yang belum berhijab, tapi memutuskan untuk mulai menutup aurat.

Di mana awalnya masih menggunakan pakaian terbuka dan membentuk tubuh, muslimah bisa mulai memakai pakaian yang lebih lebar dengan balutan hijab.

Sehingga, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis karena penjual hijab dan busana muslim akan banyak dicari.

6. Kue lebaran

Hari lebaran sangat lekat dengan berbagai jenis kue kering. Akan tetapi tidak semua orang bisa dan memiliki waktu untuk membuatnya. Karena itu, banyak orang memilih untuk membeli kue lebaran di pasaran.

Apabila Anda memiliki hobi membuat kue, maka bisa mencoba ide bisnis di bulan puasa dengan menjual kue lebaran ini. Namun, usahakan untuk membuat kue cita rasa yang unik.

7. Hampers lebaran

Usaha hampers lebaran juga bisa dicoba. Hari lebaran biasanya dimanfaatkan untuk mempererat silaturahmi lewat hantaran hampers di mana akan diberikan kepada keluarga atau kerabat terdekat.

Adapun beragam pilihannya seperti kue kering, alat makan, peralatan ibadah, dessert box, kopi susu literan, minuman, dan lainnya.

Meskipun ada begitu banyak ide bisnis di bulan puasa, harus Anda ingat untuk memperhatikan nilai-nilai keislaman dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment