Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33+ Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Tipe (100% Akurat)

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi - Xiaomi bisa dikatakan vendor smartphone dari China yang lumayan baru. Tetapi meskipun begitu, peluncuran tipe-tipe hp besutan Xiaomi dengan spek dewa dengan harga terjangkau membuat hp ini laris dipasaran.

Jadi sepertinya Xiaomi ini membidik kalangan mobile gamer dengan budget yang minim, bahkan yang masih sekolahpun bisa membelinya dengan menyisihkan uang jajan, karena memang harganya yang terjangkau.

Kita semua pada tahu kan, sekarang lagi boomingnya game di hp android bergenre Moba dan juga Survival Battle Royal. Nah dilihat dari spek yang mengusung GPU Snapdragon di kebanyakan HP Xiaomi, membuat hp ini sangat kuat bahkan lancar untuk memainkan game tersebut.

Itulah yang membuat Xiaomi menjadi pilihan untuk gamer mobile. "murah tapi kuat untuk bermain game".

Tetapi dengan begitu, biasanya fungsi utama dari smartphone tersebut pada umumnya kalah dan hanya dibuat untuk bermain game. Padahal smartphone itu bukan console khusus game, iya kan??

Untuk bermain game diperlukan kerja keras Prosesor dan GPU yang dipadukan dengan memory RAM agar lancar. Dengan sering bekerja kerasnya hp ini tidak menutup kemungkinan hp akan panas, lag, dll.

Jika itu terus terjadi, peluang untuk kerusakan semakin besar. Entah itu pada touchscreen, performa, kecerahan layar, baterai dan masih banyak lagi.

Nah pada artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan indikator untuk mengecek apakah Xiaomi kamu itu mengalami kerusakan.

Cara ini juga bisa kamu gunakan jika ingin membeli sebuah handphone Xiaomi second atau bekas, jadi kamu dengan mudah mengetahui apa hp tersebut rusak atau tidak.

33+ Cara Cek Kerusakan di HP Xiaomi Semua Tipe Tested Akurat

Sebelumnya saya akan memberikan 27 indikator dulu karena ini dalam satu kode. Jadi dengan 1 kode rahasia ini, kamu bisa mengecek 27 indikator rusak apa tidaknya hp xiaomi kamu.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah dial *#*#64663#*#*. Maka akan keluar menu Enginering Mode seperti dibawah ini.
cara cek kerusakan hp xiaomi kode rahasia
Pilih "Single Item Test"
Selanjutnya yang harus kamu pilih adalah "Single Item Test", cukup itu saja maka akan keluar 27 indikator yang langsung bisa kamu test apakah xiaomi kamu baik-baik saja atau tidak.
27 indikator cara cek kerusakan hp xiaomi
27 Indikator
Berikut penjelasan dan fungsinya :

  1. Key
    Di indikator pertama ini yaitu "Key". Disini kamu bisa mengecek tombol-tombol keypad (real keypad). Ingat ini real keypad bukan touch screen, jadi ini hanya bisa mengecek tombol power dan juga volume + -. Jika tidak ada kerusakan di 3 tombol tersebut maka akan keluar tulisan "pass" berwarna hijau.
  2. Backlight Test
    Setelah masuk menu ini, maka akan ada sub menu Backlight Min, Half Backlight, Max Backlight, Cycle Test, dan Stop Cycle. Coba semuanya jika sesuai kecerahannya, maka hp kamu aman.
  3. Touch Pal
    Touch pal ini akan mengecek touchscreen kamu apa ada yang rusak apa tidak, kamu tinggal mengikuti arahan garis yang muncul dengan menggeser dengan jari kamu untuk mengecek touchscreen xiaomi.
  4. TFlash
    Saya tidak tau juga TFlash ini apa ya, soalnya saya pencet-pencet tidak ada respon, skip aja ya..
  5. Bluetooth
    Untuk mengecek apakah bluetooth berfungsi dengan baik. Pastikan test untuk mencari bluetooth lain yang aktif menggunakan hp lain, jika ditemukan makan bluetooth aman.
  6. SIM Card
    Cek simcard kamu apa terbaca atau tidak.
  7. Vibration
    Jika pada saat kamu menjalankan menu ini hp kamu bergetar = "Succes"
  8. RTC
    Sepertinya ini mengecek waktu otomatis apakah sesuai apa tidak.
  9. Speaker
    Jangan kaget, pada saat kamu membuka menu ini, langsung ada ringing tone yang kencang, jika begitu speaker aman.
  10. Receiver
    Receiver adalah bunyi jika menerima notifikasi dari aplikasi lain, silahkan dengarkan, jika berbunyi maka di step ini succes.
  11. Headset
    Kamu harus wajib mengecek ini menggunakan headse, jika tidak punya beli dulu ya.
  12. LED
    Lampu indikator, tulisan muncul red, green, dan blue. Jika sesuai dengan lampu indikator diatas berarti benar.
  13. FM
    Test FM Radio, untuk mendengarkannya kamu harus menggunakan headset.
  14. Camera
    Nanti akan keluar sub menu Front Camera, Rear Camera dan juga Flash Light. Caranya kamu klik Enter Camera, dan coba semua. Jika semua succes maka di sektor kamera Aman.
  15. Battery
    Untuk mengetesnya kamu harus masukin usb chargernya. Disitu ada battery health, level, scale, voltage dan temperature. Jika Test Result Pass, baterai masih Joss
  16. WLAN
    WLAN ini adalah thatering atau wireles network.
  17. Torch
    Test Senter nyala apa tidak.
  18. Loopback
    Loopback ini adalah mic, jadi fungsinya jika kamu record suara atau lagi telpon, jika ini oke maka akan terdengar.
  19. LCD
    LCD test, nanti akan keluar warna merah, biru, hijau.
  20. GPS
  21. G_Sensor
  22. Gyro
  23. Proximity Sensor
  24. Optical Sensor
  25. Magnetic Sensor
  26. Infrared
  27. Finger Print
Untuk penjelasan selanjutnya dari nomor 20-27 itu semuanya otomatis, jika ada tulisan 'Pass" maka semuanya aman.

Sekarang kita lanjutkan ke cek kerusakan sisanya. Untuk nomor 28 dan seterusnya saya akan memberikan beberapa kode untuk mengecek apa xiaomi ada kerusakan di bagian tertentu.

*#*#2664#*#* - Jika pada saat kamu menyentuh layar tidak responsive atau bergerak sendiri, kamu bisa menggunakan kode tersebut untuk mengecek kualitas touchscreennya.

*#*#34971539#*# - Untuk mengetahui info detail tentang kamera xiaomi yang kamu pakai.

*#*#232331#*#* - Untuk test bluetooth.

*#*#0588#*#* - Untuk test Sensor Proximity.

*#*#0*#*#* - Test layar LCD Xioami

*2767*3855# - Kode untuk hard reset hp Xiaomi. Tolong pertimbangkan dulu jika ingin menggunakan kode ini karena dapat menghapus data di internal bahkan aplikasi sistem Xiaomi kamu.

*#*#0842#*#* - Untuk test lampu backlight di LCD. Nanti jika kamu gunakan lcd akan blank putih, itu merupakan test backlight di LCD.
Baca Juga : 27 Kode Rahasia Xiaomi Lengkap Dengan Fungsinya
Nah jika ditotal semuanya, ada 34 cara atau sebuah indikator untuk mengecek beberapa test dibagian terpenting sebuah smartphone khususnya Xiaomi. Sehingga kamu bisa mengetahui apakah hp kamu ada kerusakan apa tidak.

Indikator diatas juga bisa kamu gunakan pada saat untuk membeli hp bekas. HP bekas its ok asal masih berkualitas dengan cara mengecek kerusakan hp xiaomi dengan cara diatas.

Okey itulah 33+ Cara Cek Kerusakan di HP Xiaomi Semua Tipe (100% Akurat). Semoga dengan artikel ini semua pengguna Xiaomi bisa terbantu.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman ya. Terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar untuk "33+ Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Tipe (100% Akurat)"