Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas + Cara Mengatasinya (Work 100%)

Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas - Dalam pembuatan sebuah smartphone memang melalui Quality Control (QC) yang sangat ketat dan detail pada setiap komponennya.

Ini bertujuan untuk memberikan kualitas yang bagus untuk para pengguna smartphone tersebut. Sehingga pada saat launching tipe baru kemungkinan besar pengguna akan upgrade atau buy back.

Yup karena kepuasan pelanggan adalah yang utama agar supaya produknya laris dan terjual sesuai target.

Kita contohkan saja Xiaomi. Xiaomi merupakan pemain baru produksi China tapi sudah bisa menguasai pasar, khususnya kalangan remaja yang suka bermain game.

Xiaomi mampu memberikan citra kalau hp china juga memiliki kualitas yang bisa bersaing. Salah satu andalan xiaomi adalah harga yang terjangkau tapi dengan spek diatas kompetitornya dengan range harga yang sama.

Murah tapi tidak murahan, itu sudah dibuktikan oleh developer Xiaomi. Buktinya pengguna xiaomi semakin bertambah, apalagi untuk gamer mobile.

Nah sekarang adalah permasalahan yang terjadi pada smartphone Xiaomi. Khususnya yang akan saya bahas di artikel ini yaitu HP Xiaomi tidak bisa dicas.

Menurut saya, jika Xiaomi tidak bisa dicas karena bukan kesalahan produksi. Maksudnya seperti ini, kamu beli hp xiaomi baru, dan tiba-tiba tidak bisa dicas. Itu sangat jarang terjadi bahkan tidak pernah.

Kecuali kamu membeli hp bekas, karena kesalahan tertentu bisa membuat hp tidak bisa dicas. Jika itu yang terjadi sekarang di HP Xiaomi kamu, coba simak penjelasan dibawah ini :
xiaomi tidak bisa dicas
Xiaomi Tidak Bisa Dicas

9 Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

  1. Kesalahan Sistem/Software
    Ini terjadi jika kamu suka oprek ROM xiaomi kamu. Jika terjadi ketidak cocokan didalam sistem maka bisa saja beberapa fungsi hp tidak bisa dijalankan secara sempurna.
    Maka solusinya adalah mengembalikan ROM kepengaturan awal. Kamu bisa menggunakan factory reset dan juga kembalikan ke ROM awal. Jika memang ingin diupdate, tunggu updatetan dari official Xiaomi untuk tipe yang kamu gunakan.
  2. Outlet rusak
    Maksudnya disini adalah bukan dari hpnya, tetapi stop kontak yang tertempel di tembok atau sambungan colokan. Kamu harus pastikan semua berjalan dengan stabil, jika terjadi crash, dan pada saat itu hp dicharge, maka baterai atau komponen HP Xiaomi bisa rusak.
  3. Kontak berwarna emas kotor
    Ini adalah komponen yang menghubungkan hp dengan baterai. Biasanya terdiri beberapa dan bewarna kuning. Coba kamu cek dulu apakah kotor atau terhalang benda lain. Jadi tugas kamu adalah membersihkannya dan coba pasang kembali baterainya dengan benar.
  4. Charger palsu/abal-abal
    Nah ini yang sering terjadi, mungkin saja charger asli sudah rusak atau hilang. Sehingga kita membeli charger biasa yang murah. Tetapi itu ada dampaknya, saya pernah mengalami sendiri. Bukannya malah nambah baterainya, malah berkurang.
    Sayangi hp kamu, gunakan charger atau adaptor yang direkomendasikan, yaitu membeli yang asli khusus hp tersebut.
  5. Kabel USB
    Jika kamu sudah menggunakan charger asli atau adaptor asli Xiaomi. Tidak menutup kemungkinan kabel usb rusak atau putus. Mungkin kamu ngecas sambil digunakan sehingga ketarik dan menyebabkan kerusakan.
    Ini sering terjadi pada charger saya, jadi kabel usb tidak awet. Jadi solusinya belikan kabel USB yang bagus, jangan yang berbentuk pipih dan berwarna yang harganya 10ribuan, itu tidak akan bertahan lama dan mengisinya lama.
  6. Port USB
    Port USB di hape rusak. Ini sebenarnya jarang terjadi ya, karena disekeliling port usb hp itu ada cashing yang menahan agar supaya port tidak bergerak. Jadi kemungkinan rusak dibagian ini sangat jarang sekali. Kalaupun rusak, solusi utamanya harus diganti ke service center.
  7. Jaringan tidak stabil
    Saya sering mengalami ini, jaringan tidak stabil. Loh apa hubungannya??? jangan salah, pada saat dicas, tidak tau kenapa hp tiba-tiba panas dan pengisian lambat sekali bahkan berkurang. Ini diakibatkan jaringan hp selalu menscan untuk mendapatkan sinyal yang bagus.
    Jika ini terjadi berulang-ulang maka akan menyebabkan hp panas dan cas akan lambat. Solusinya adalah matikan data internet pada saat dicas.
  8. Baterai rusak
    Ini sudah jelas ya, solusinya adalah mengganti dengan baterai baru. Dan saya sarankan untuk membeli baterai yang asli.
    Baca Juga : 33+ Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Tipe (100% Akurat)
    Mungkin untuk artikel selanjutnya saya akan membahas ciri-ciri baterai rusak pada smartphone, sehingga kamu bisa mengetahui smartphone baterai kamu rusak atau tidak.
  9. Aplikasi yang menumpuk
    Jadi aplikasi yang menumpuk atau masih berjalan di hp kamu, bisa membuat smartphone masih bekerja keras. Padahal aplikasi tersebut sudah tidak digunakan, dan kamu lupa untuk clear. Nah pada saat itu baterai dicas, secara bersamaan hp bekerja sehingga jika digabungkan akan menjadi panas dan baterai tidak nambah.
    Solusinya jelas kamu bersihkan dulu aplikasi yang berjalan ya.

Jika semua cara diatas masih tidak bisa kemungkinan ada masalahnya di nomor 6 yang mengharuskan kamu membawanya ke service center.

Nah itulah artikel tentang 9 Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas + Cara Mengatasinya. Jika artikel ini sangat membantu, tolong di share ke teman ya.

Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "9 Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas + Cara Mengatasinya (Work 100%)"