Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Pembagian Kuota Telkomsel Lengkap Beserta Penjelasannya

Jenis Pembagian Kuota Telkomsel - Saya akui ditempat saya tinggal jaringan Telkomsel merupakan yang tercepat baik itu untuk telpon dan juga internet.

Tetapi tidak menutup kemungkinan provider lain juga bagus, itu tergantung daerah dan juga jarak kedekatan tower provider tersebut.

Semakin dekat tempat tinggal kita dengan tower jaringan maka tentu saja kecepatan internetnya juga semakin cepat, ini berlaku untuk semua provider.

Jika kamu mencari artikel ini, sudah dipastikan kamu menggunakan kartu Telkomsel, iya kan??

Dilansir opensignal.com Telkomsel mempunyai kecepatan upload dan download yang sangat cepat dibanding provider lain. Berikut datanya :

Untuk jaringan 4G/LTE Only

Download
  1. Telkomsel (12,9 Mbps)
  2. Smartfren (9,8 Mbps)
  3. XL Axiata (8,9 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (4,8 Mbps)
  5. Hutchison 3 (4,6 Mbps
Upload
  1. Telkomsel (7,3 Mbps)
  2. XL Axiata (5,1 Mbps)
  3. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)
  5. Smartfren (2,7 Mbps)
Data untuk All Jaringan (3G dan 4G)
  1. Smartfren (9,8 Mbps)
  2. Telkomsel (8,4 Mbps)
  3. XL Axiata (6,1 Mbps)
  4. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  5. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)
Bukannya membandingkan, tetapi memang begitu data yang diperoleh dari situs resmi OpenSignal.com.

Okey fix misalnya kita sudah memilih Telkomsel untuk kartu internet yang kita pakai. Tetapi kok banyak ya jenis kuota di Telkomsel itu???

Itulah kecerdasan Telkomsel, mempunyai trik marketing yang keren. Kita sudah pasti tau kalau Telkomsel di cap paketan dengan harga mahal.

Memang itu benar adanya, karena kualitas yang diberikan Telkomsel untuk penggunanya itu bagus dan lancar untuk streaming ataupun bermain game online seperti Mobile Legends.

Nah inilah trik marketingnya, Telkomsel memberikan kuota yang besar, misal 30GB dengan harga 65 ribu.

Jika sekilas kamu lihat, kuota segitu dengan harga 65 ribu itu sangat murah sekali apalagi sekelas Telkomsel.

Tetapi disinilah trik berjalan, didalamnya ada kuota atau jenis kuota yang terbagi-bagi. Contoh nih ya yang 30GB diatas didalamnya ada 5GB Internet Lokal, 2GB 4G, 10GB Videomax, dan 13GB MDS (00-07).

Nah oleh sebab itu, kamu harus tau penjelasannya, jenis kuota tersebut untuk apa sih dan cara pengguanaannya bagaimana????

7 Jenis Pembagian Kuota Telkomsel Lengkap Beserta Penjelasannya

1. Kuota Flash
jenis pembagian kuota telkomsel flash
Kuota Flash
Ini merupakan kuota utama dari Telkomsel, jika kamu mencoba dial *363# untuk membeli paketan, pasti banyak pilihan untuk kuota Flash.

Kuota Flash ini adalah kuota full 24 jam, bisa digunakan dijam berapapun, dan dimanapun serta jaringan apapun Edge, 3G, H+, dan 4G.

Itu alasannya kenapa kuota berjenis Flash ini sangat mahal, bahkan saya liat 600MB aja bisa dengan harga 20ribuan. Mahal ya...

Tetapi Flash ini memiliki kualitas jaringan yang bagus dari jenis yang lainnya, jika tidak percaya silahkan dicoba.

2. Flash 4G
Masih di kategori flash namun ini khusus untuk jaringan 4G LTE. Jika hp kamu sudah support 4G maka jaringan ini adalah rekomendasinya.

Tetapi jika kamu posisinya cuma ada kuota Flash4G dan ternyata pada saat kamu berpergian ke suatu daerah jaringan kamu turun menjadi H+ maka kuota ini tidak bisa dipakai, dan akan mengurangi pulsa kamu jika tidak ada paketan lain selain Flash4G.

Nah untuk mengatasinya, jika memang posisi kamu hanya memiliki paketan ini, kamu bisa lock jaringan kamu di LTE Only, mungkin saya akan membuatkan tutorialnya di artikel selanjutnya untuk cara lock LTE only di hp android.

3. Kuota Internet Lokal
Sama seperti Flash, kuota ini bisa digunakan 24 jam dijaringan apapun, tetapi perbedaannya hanya pada daerah yang digunakan.

Maksudnya seperti ini, jika kamu keluar dari daerah tempat kamu membeli kartu ini, maka kuota internet lokal tidak bisa dipakai.

Jadi intinya paketan ini hanya bisa digunakan ditempat kamu tinggal / tempat kamu membeli kartu ini.

Seperti halnya di flash4G saya sarankan kamu memiliki paketan lain selain internet lokal, takutnya kamu pergi keluar dari kota kamu maka pulsa kamu yang akan berkurang.

4. MDS (Midnight)
Paketan ini seperti flash, bisa digunakan dijaringan manapun namun karena sudah dilihat dari namanya Midnight, kuota ini hanya bisa digunakan tengah malam yaitu jam 00-07 pagi.

Jenis paketan ini merupakan yang termurah, ya karena pengguna dipaksa untuk menggunakannya tengah malam. Ini bagus jika kamu suka download file besar, lanjutkan download dan tinggal tidur deh.

5. Chat dan Social Media
Sesuai namanya, kuota ini hanya bisa digunakan untuk social media yang sedang populer sekarang seperti FB, Instagram, Twitter, dll. Sedangkan untuk chat bisa digunakan untuk WA, BBM, Line, WeChat, dll.

Dan ini sudah saya coba, meskipun kita menyetel video streaming di Facebook (Aplikasi) itu yang berkurang adalah kuota jenis ini jadi bukan flash.

Dengan begitu kuota ini sangat Worth It sekali menurut saya daripada kuota GameMax dan VideoMax yang akan saya jelaskan dibawah ini.

6. GameMax
jenis pembagian kuota telkomsel games
Kuota Games
Kuota khusus game, di update terbaru jika kamu membeli paketan GameMAx, kamu akan memperoleh 500mb untuk internet, dan 2.5GB untuk game. Jadi total 3GB dengan harga 20ribuan tergantung zona.

Untuk list game yang saya tahu adalah Pubg Mobile, AOV, Free Fire Battlegrounds, Mobile Legends dan Lets Get Rich. Plus telkomsel memberikan sebuah voucher game jika kamu membeli paket ini. Cek selengkapnya disini https://www.telkomsel.com/en/gamesmax-packages

7. VideoMax
Jenis kuota yang pasti ada jika kamu membeli paket apaapun. Dilihat dari kata-kata videomax, saya mengira paketan ini juga bisa untuk streaming youtube, ternyata hanya bisa digunakan untuk aplikasi HOOQ dan VIU sekarang nambah lagi aplikasi MAXstream.

Ya bukannya bagaimana ya, setelah saya cek menggunakan aplikasi diatas, ternyata film yang disajikan adalah film keluaran lama.

Saya sedikit kecewa, untuk kedepannya semoga Telkomsel bisa mengubah paketan ini bisa digunakan untuk streaming YouTube.

UPDATE!!!

Kuota Entertainment
Silahkan untuk penjelasannya bisa melihat artikel saya ini Apa Itu Kouta Entertainment Telkomsel???

Okey itulah Penjelasan 7 Jenis Pembagian Kuota Telkomsel Lengkap. Diharapkan setelah membaca artikel ini, kamu bisa tau paketan ini digunakan untuk ini sehingga tidak memotong pulsa kamu.

Terima kasih sudah berkunjung. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ya.

5 komentar untuk "7 Jenis Pembagian Kuota Telkomsel Lengkap Beserta Penjelasannya"

  1. Misalnya kita membeli kartu telkomsel disuatu daerah yang bukan tempat kita menetap, tapi kita membeli paketnya dari 363 di daerah kita tinggal. Apakah kuota data lokal kita sesuai tempat kita membeli paketnya(rumah) atau sesuai tempat kita membeli kartunya(daerah lain)??

    BalasHapus
  2. Kuota internet lokal habis, tetapi yang kuota internet gk berkurang 1,50 mb yang sejenis ini untuk ap

    BalasHapus
  3. Saya masih ada Kuota Music 1023MB. Gak bisa pake, untuk apa saja ya ?

    BalasHapus
  4. Telkomsel..mahal dan ribet

    BalasHapus