HP OPPO Tiba-Tiba Mati Total, Mungkin Ini Penyebabnya

HP OPPO Tiba-tiba Mati – Jika kamu mencari HP dengan dukungan fitur kamera terbaik dan banderol harga murah, HP OPPO bisa dijadikan pilihan. OPPO memang menjadi salah satu brand smartphone asal China yang cukup terkenal di dunia smartphone. Produk HP besutannya didukung dengan spesifikasi mumpuni, terutama untuk bagian kamera.

Hasil jepretan dari kamera OPPO tersebut bisa dibilang sangat sempurna.  Terutama untuk kamera selfie, di mana OPPO menyematkan AI Camera tercanggih di dalamnya. Selain fitur kamera, OPPO juga menyematkan fitur canggih lain di dalam HP besutannya tersebut.

Sayangnya, masih ada saja masalah error yang terjadi di HP OPPO. Salah satu masalah yang banyak dialami pengguna yakni HP OPPO mati sendiri. Bahkan lebih parahnya HP OPPO yang mati tersebut tidak bisa dinyalakan lagi seperti biasa. Lantas, apa yang menjadi penyebab HP OPPO tiba-tiba mati total tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

cara mengatasi hp oppo mati total

Penyebab HP OPPO Tiba-tiba Mati Total yang Jarang Diketahui

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP OPPO tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa dinyalakan lagi. Faktor tersebut bisa datang dari kesalahan pengguna ataupun dari sistem HP OPPO itu sendiri.

Adapun beberapa penyebab smartphone OPPO mati tiba-tiba selengkapnya, sebagai berikut:

1. Virus atau Malaware yang Menyerang

Penyebab utama HP OPPO tiba-tiba mati sendiri yakni dikarenakan oleh virus atau malware. Virus dan malware memang sangat erat kaitannya dengan pengoperasian HP android. Virus dan malware tersebut ada yang terbentuk secara mandiri dan ada pula yang sengaja dibuat oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Biasanya ini pekerjaan para hacker yang mencoba memanfaatkan celah dari sistem android untuk tujuan tertentu. Misalnya saja untuk mencuri data HP, merusak sistem, hingga merusak hardware HP. Ada pula beberapa jenis virus atau malware yang ternyata bisa menyebabkan HP mati total, bahkan tidak bisa dinyalakan lagi.

2. Gagal Root HP Android

Melakukan root HP android biasanya dilakukan untuk memudahkan pengguna masuk ke sistem android secara penuh. Dengan demikian, pengguna bisa dengan leluasa melakukan modifikasi pada sistem android sesuai keinginannya. Ini karenanya rooting HP andorid sering dilakukan oleh pengguna yang suka sekali oprek android.

Namun, terkadang melakukan rooting HP android bisa menyebabkan error pada sistem. Mungkin itu karena kegagalan rooting atau tindakan oprek yang dilakukan setelah HP berhasil diroot.

3. Gagal Melakukan Flash HP

Flashing HP android biasanya dilakukan untuk tujuan memperbaiki error pada sistem. Seperti masalah HP restart sendiri, HP bootloop, atau masalah error pada sistem android lainnya. Flashing HP android berarti memperbarui Stock ROM dengan yang baru, sehingga beberapa masalah sistem bisa teratasi.

Namun, karena mungkin ilmu yang belum cukup membuat seseorang melakukan kesalahan saat flashing HP. Kesalahan saat flashing ini akhirnya menyebabkan kegagalan flash HP android. Dan yang terjadi akhirnya yakni HP tidak bisa dinyalakan alias mati total.

4. Kerusakan pada Hardware HP

Dan penyebab HP OPPO mati total yang terakhir yakni karena terjadinya kerusakan pada komponen hardware HP. Hal ini memang bisa saja terjadi pada semua perangkat HP android, termasuk HP OPPO.  Salah satunya yang paling sering terjadi yakni kerusakan pada bagian IC HP yang bisa membuat HP tidak bisa dioperasikan seperti biasa.

Itulah tadi beberapa Penyebab HP OPPO Tiba-tiba Mati Total yang jarang diketahui para pengguna. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment