Cara Memperbaiki iPhone Saat Dicas Malah Berkurang

iPhone Saat Dicas Malah Berkurang – HP iPhone sudah dicas tapi daya baterainya justru berkurang? Sebenarnya, apapun merek HP yang kamu miliki jika penggunaannya sudah dalam waktu yang terlalu lama pasti ada saja masalahnya, tak terkecuali HP iPhone. Terus, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkahnya di sini!

7 Cara Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

Masalah HP iPhone saat dicas malah berkurang atau iphone di cas malah turun baterainya sebenarnya sudah cukup lumrah karena beberapa masalah seperi kerusakan batrai, software yang bermasalah atau kabel cas yang rusak. Apalagi jika HP iPhone tersebut sudah cukup lama digunakan.

Pertanyaannya, apa penyebab HP iPhone dicas malah berkurang?

Mungkin dibawah ini beberapa kemungkinannya :

  • Error pada sistem HP iPhone
  • Port charger yang rusak
  • Baterai rusak, entah terbakar atau mengembung
  • Kabel atau kepala charger rusak

Dan berikut ini adalah cara memperbaikinya :

1. Restart HP 

Cara mudah perbaiki iPhone dicas malah berkurang pertama adalah dengan merestart HP iPhone kamu. Selain mudah, cara tersebut terbilang lebih efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin masalah yang terjadi dikarenakan RAM yang sesak. Tidak hanya itu, dengan merestart HP iPhone artinya akan memberi kesempatan pada HP kamu untuk memprogram ulang sistem yang bisa jadi error.

2. Kalibrasi Baterai

Sudah mencoba merestart HP iPhone, tapi masalah tak kunjung bisa diatasi? Tak perlu khawatir, sebab masih ada banyak cara memperbaiki iPhone dicas malah berkurang yang bisa dicoba. Yakni, dengan melakukan kalibrasi baterai.  Ya, masalah baterai pada HP iPhone bisa jadi karena battery meter HP mengalami error.

persentase baterai iphone tidak bertambah

Sehingga kamu perlu melakukan kalibrasi. Dengan begitu akan menstimulasi baterai sehingga bisa kembali ke siklus awal. Jangan lupa, kamu juga perlu mereset baterai HP yang error. Untuk melakukan hal tersebut mudah sekali, kamu hanya perlu mengikuti langkah – langkah berikut.

  • Pertama, silakan ambil HP iPhone yang baterainya mengalami masalah.
  • Gunakan HP tersebut sampai baterainya benar – benar habis dan HP mati sendiri.
  • Coba nyalakan kembali HP kamu dan biarkan HP tersebut mati lagi.
  • Sambungkan HP ke charger tanpa menyalakannya.
  • Biarkan proses pengisian daya baterai berlangsung hingga layar, atau indikator LED menunjukkan 100%.
  • Setelah itu, lepaskan charger dan nyalakan kembali HP iPhone seperti biasa.

3. Adapter Charger Bawaan

iphone di charger malah turun

Buat kamu nih, yang sering memakai charger bukan bawaan HP dan mengalami charger hp iphone malah berkurang, pastinya lebih sering mengalami yang namanya baterai HP tidak bisa dicharger atau justru dicas malah berkurang daya baterainya.

Nah, cara mengatasi iphone di charger malah turun yang kamu miliki tersebut bisa dicas maka langkah yang bisa ditempuh adalah menggunakan bantuan adapter charger HP bawaan. Namun demikian, jika hal tersebut sudah dilakukan dan ternyata gagal maka kamu bisa mencoba untuk mengganti adapter charger HP iPhone dengan ampere yang lebih besar lagi.

4. Perhatikan Lubang Charger dan Port USB 

Debu dan kotoran yang mengalami penumpukan di lubang charger dan port USB juga bisa menjadi penyebab utama HP iPhone kamu tidak bisa diisi ulang dayanya. Solusi terbaik yang bisa dicoba adalah dengan meniup lubang charger dan port USB HP IPhone. kamu juga bisa mencoba mendorongnya menggunakan lidi atau tusuk gigi. Dengan demikian, lubang charger dan port USB dalam kondisi bersih seperti sedia kala.

5. Cas HP iPhone dari Sumber Listrik yang Benar

Alternatif lain cara memperbaiki HP iPhone dicas malah berkurang adalah dengan memastikan sumber daya yang digunakan memang memadai. Contoh sederhananya seperti berikut, jika sumber daya yang digunakan lebih rendah dari angka yang ada di adapter, maka wajar jika HP iPhone yang kamu miliki tidak bisa dicas.

Tidak hanya membuat daya baterai kamu malah berkurang atau justru tidak bertambah sama sekali, mengisi daya baterai HP iPhone dengan sumber daya rendah akan membuat baterai HP cepat rusak. Oleh karenanya, penting untuk mengurangi mengisi daya baterai HP iPhone lewat PC maupun laptop.

6. Desktop Charger atau Charger Kodok

Apabila adapter charger atau port USB HP iPhone bermasalah, maka cara agar daya iPhone tidak berkurang saat dicas adalah dengan menggunakan desktop charger, atau charger kodok. Ini merupakan charger terbaik yang bisa digunakan sebagai alternatif charger bawaan ketika charger yang kamu miliki terus bermasalah dan tidak bisa diperbaiki.

Namun demikian, kamu tetap tidak disarankan untuk menggunakan charger kodok, kecuali dalam kondisi darurat. Berikut beberapa alasannya yang harus kamu tahu.

  • Hanya bisa diaplikasikan pada HP iPhone dengan baterai yang bisa dilepas
  • Proses charging yang terlalu lama

7. Service Center

Apabila cara di atas sudah dilakukan, tapi tetap saja tidak bisa membuat daya baterainya terisi optimal, maka solusinya adalah dengan membawanya ke service center terdekat. Sebenarnya ini merupakan cara aman memperbaiki iPhone dicas malah berkurang daya baterainya.

Karena HP iPhone yang kamu miliki lebih terjamin mendapatkan perawatan dan perbaikan yang maksimal oleh vendornya langsung. Bahkan andaikan ada kesalahan ketika proses reparasi berlangsung, pihak vendor pastinya akan mau bertanggung jawab dan memberikan jaminan yang terbaik. Salah satunya adalah dengan menukarkan dengan HP iPhone baru yang tentu saja lebih terjamin keasliannya.

Cara cara diatas bisa langsung dicoba. Demikian informasi seputar cara memperbaiki iPhone dicas malah berkurang. Semoga bermanfaat dan membantu.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment