Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot Lagi

Penggunaan laptop dalam kehidupan sehari hari memang sudah menjadi hal penting di zaman sekarang. Mengingat bahwa tugas sekolah, kuliah, hingga pekerjaan kantor menjadi sangat terbantu dengan hadirnya perangkat tersebut. Namun penggunaannya yang terus menerus membuat laptop menjadi lemot. Maka dari itu, berikut cara mempercepat kinerja laptop yang bisa dilakukan.

Mempercepat Performa Laptop



1. Menghapus File Pada Recycle Bin

Apabila perangkat anda sudah menampung terlalu banyak file, tidak heran jika laptop menjadi lemot. Ini juga termasuk file file sementara yang telah anda hapus dan tersimpan di dalam recycle bin. Jika terus dibiarkan menumpuk, bukan tidak mungkin jika berbagai file yang sudah tidak dibutuhkan ini justru mengambil ruang memori cukup banyak dan memperlambat kinerja.

Jadi sebaiknya hapus semua file yang ada pada recycle bin. Caranya sangat mudah jika anda ingin langsung menghapus file secara keseluruhan, yaitu hanya perlu klik kanan pada recycle bin kemudian pilih menu empty recycle bin. Jika ingin melakukan cara manual, maka masuk ke dalam recycle bin terlebih dahulu lalu klik CTRL + A pada keyboard dan tekan delete.

2. Memperbesar RAM

Cara mempercepat kinerja laptop berikutnya yaitu dengan memperbesar RAM. Cara satu ini terbilang sangat ampuh dan banyak dilakukan oleh para pengguna laptop. Caranya yaitu cek apakah RAM milik anda SODIMM atau bukan, kemudian cek juga apakah RAM ini DDR3 atau DDR4 agar anda tidak salah membeli RAM.

Umumnya, laptop menggunakan RAM SODIMM dan DDR4. Jika sudah membeli RAM, lakukan pembongkaran di bagian belakang laptop dan temukan posisi RAM. Di sana anda akan menemukan satu slot kosong untuk meletakkan RAM baru, atau bisa juga mengganti RAM yang lama jika hanya ada satu slot. Karena membutuhkan pembongkaran, sebaiknya cara ini dilakukan oleh ahli.

3. Virtual Memory

Apabila enggan untuk membeli RAM anyar, anda bisa memanfaatkan virtual memory meski perannya sendiri tentu tidak sama besar dengan RAM. Caranya yaitu masuk ke dalam control panel lalu klik system and security dan pilih system. Masuk ke menu system, pilih advanced system dan pilih tab advanced.

Pada bagian performance di dalam tab advanced, tekan setting dan masuk lagi ke bagian tab advanced. Di dalam tab ini temukan opsi virtual memory dan tekan change. Hilangkan tanda centang yang ada di automatically manage paging file size for all drives. Beri centang custom size dan tekan set lalu OK. Ini bisa menjadi cara mempercepat kinerja laptop yang anda jadikan alternatif.

4. Rajin Melakukan Defrag

Defrag atau defragment memiliki arti merapikan, jadi proses ini yaitu merapikan file yang ada di dalam hardisk. Anda perlu rajin melakukan defrag tersebut agar hardisk bisa bekerja lebih efisien. Cara melakukan defrag yaitu klik kanan pada hardisk, lalu pilih properties dan pilih defragment now. Selanjutnya tunggu hingga proses tersebut selesai.

5. Menggunakan Disk Cleanup



Apabila cara defragment tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan disk cleanup. Cara satu ini anda membantu dalam membersihkan file yang sifatnya sementara. Langkah menggunakan disk cleanup yaitu klik kanan pada drive yang ingin dibersihkan, masuk ke dalam properties dan pilih disk cleanup. Cara mempercepat kinerja laptop ini juga bisa menjadi alternatif.

Itulah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mempercepat kinerja laptop. Karena caranya masih terbilang aman, maka anda dapat mencoba semua cara sekaligus kecuali memperbesar RAM. Untuk cara tersebut, sebaiknya serahkan pada ahli jika anda masih amatiran. Selain itu, pastikan anda selalu membersihkan perangkat secara berkala agar kinerjanya tetap optimal.