Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Ribet! Yuk Intip Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Semakin berkembangnya teknologi yang ada, membuat spesifikasi laptop menjadi lebih mumpuni. Apalagi ditambah dengan sistem operasi yang sudah update seperti windows 10 jika dibanding dengan pendahulunya. Namun, laptop yang sering digunakan setiap hari, bisa saja membuat performanya menurun alias lemot. Untuk itu, berikut cara agar laptop tidak lemot dan ngebut kembali!

Tips Membuat Laptop Agar Tidak Lambat 



1. Membersihkan Desktop

Salah satu kendala yang paling umum terjadi pada penggunaan laptop yang secara terus menerus adalah laptop menjadi lemot. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, termasuk aplikasi berjalan cukup banyak. Menaruh banyak aplikasi terlalu berlebihan, tentu akan membuat laptop menjadi lemot dan tidak mudah dalam merespon perintah yang Anda masukkan, 

Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan desktop pada laptop. Pastikan juga untuk mengawasi berbagai aplikasi yang berjalan ketika laptop Anda sedang digunakan. Usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi, sebab hal inilah yang membuat laptop menjadi lambat. Aplikasi tersebut akan memakan kapasitas RAM yang mengakibatkan lemot. 

2. Mencopot Pemasangan Terhadap Aplikasi yang Tidak Perlu 

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan agar laptop kencang kembali saat digunakan adalah memilih aplikasi yang Anda butuhkan dan tidak dibutuhkan. Apabila RAM laptop Anda sedikit, maka cara agar laptop tidak lemot yaitu dengan mengurangi aplikasi yang mungkin jarang digunakan atau bahkan tidak terlalu signifikan dalam kebutuhan Anda. 

Banyaknya aplikasi yang ada di laptop ini akan menyedot kapasitas RAM dan juga Drive C. Hal inilah yang akan membuat sistem menjadi lama untuk membaca hardisk. Dengan uninstal aplikasi yang tidak perlu, maka beban RAM bisa lebih berkurang. Hal inilah yang akan membaut laptop tidak lemot lagi berjalan lebih kencang. 

3. Mengecek Spyware dan Virus 

Spyware, malware, serta virus tidak hanya berbahaya untuk keamanan laptop yang Anda miliki saja. Sebab hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja laptop menjadi lebih lambat daripada biasanya. Oleh karena itu, instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender. Hal tersebut bisa membuat laptop terlindungi dan mengecek apakah laptop terkena virus atau tidak. 

4. MemperbaruI Sistem Operasi 

 Selalu memperbarui aplikasi dan juga Operating System (OS) yang ada di laptop juga menjadi salah satu cara agar laptop tidak lemot. Sistem yang selalu di update akan membuat laptop tidak lemot. Selain itu OS yang up to date tidak hanya membuat performa lebih cepat saja, tetapi juga membuat laptop lebih aman jika digunakan dalam jangka waktu lama. 

5. Menggunakan Cooling Pad 

 Ketika Anda menggunakan laptop terlalu lama, mungkin akan menyebabkan kondisi overheat. Hal ini bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun, sehingga laptop lebih lemot. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka sebaiknya menggunakan alat bantuan cooling pad. Perangkat ini dapat menjaga kondisi laptop tetap dingin dan tidak panas. 

6. Mengganti Pengaturan Baterai

Apabila Anda ingin menghemat penggunaan baterai dan listrik, tentu hal ini bukan pilihan yang tepat. Namun, langkah ini bisa dijadikan sebagai cara agar laptop tidak lemot. Secara instan, Anda bisa meningkatkan performa laptop. Masuklah ke Control Panel dan memilih pengaturan Power Option, lalu klik opsi High Performance. 

Penggunaan laptop secara terus menerus, memang dapat menurunkan kinerjanya. Apabila laptop Anda lemot, maka tidak usah panik untuk mengatasinya. Sebab, beberapa langkah sederhana bisa dilakukan dengan mudah. Mulailah dengan cara membersihkan desktop, uninstall aplikasi tidak perlu, mengganti pengaturan baterai, dan gunakan cooling pad.