Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Bagi Anda yang bekerja menggunakan laptop secara terus menerus, tentu akan mengalami beberapa kendala seperti keyboard rusak. Tidak perlu khawatir dan terburu buru membawanya ke tukang service terlebih dahulu. Sebab, ada cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa

Anda lakukan sendiri. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini! 



1. Mengetahui Penyebabnya Terlebih Dahulu 

Di setiap permasalahan yang terjadi pada perangkat elektronik laptop ini, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Apakah kerusakan tersebut terjadi karena software atau hardware? Langkah ini cukup penting diperhatikan agar Anda dapat menentukan perbaikan yang harus dilakukan. Setelah mengidentifikasinya, barulah tahap perbaikan bisa Anda kerjakan secara efisien. 

Apabila keyboard rusak di beberapa tombol atau sebagian, bisa dipastikan hal ini karena masalah pada hardware. Kemungkinan besar masalah tersebut terjadi karena tombol tombol yang ada di keyboardnya saja yang rusak. Namun jika keyboard tidak bisa digunakan bisa saja kabel sambungan ke motherboard rusak atau kerusakan software. 

2. Merestart Laptop dan Masuk Ke Mode Aman 

Bagi Anda yang penasaran dengan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, maka bisa melakukan langkah mudah yaitu merestart. Cara ini hampir menyelesaikan semua permasalahan jika terjadi kendala dalam penggunaan laptop. Anda bisa merestart dengan menggunakan trackpad atau mouse. Bahkan juga bisa menekan tombol power selama beberapa detik. 

Jika sudah, nyalakan kembali laptop yang Anda miliki dan lakukan pengecekan apakah keyboard sudah benar atau belum. Apabila keyboard masih tidak berfungsi ketika di setting pada safe mode, maka ada kerusakan software windows. Sedangkan jika sudah diatur dalam safe mode dan keyboard masih tidak berfungsi, kemungkinan ada masalah pada hardware keyboard. 

3. Membersihkan Keyboard

Langkah berikutnya yang dapat Anda terapkan yaitu dengan membersihkan keyboard. kondisi keyboard yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab kenapa tombol tombol keyboard tidak berfungsi sebagian. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yaitu dengan bersihkan dengan menggunakan alat khusus atau menyemprotkan hair dryer pada socket. 

4. Mengganti Layout Keyboard

Apabila keyboard laptop Anda berfungsi, tetapi sering menghasilkan huruf yang tidak tepat, ada kemungkinan jika layoutnya berubah. Biasanya, masalah ini terjadi secara tidak sengaja. Untuk mengatasinya, buka start menu dan ketikan language. Temukan pengaturan Region dan Language. Kemudian pilihkan English dan pastikan setting pada US QWERTY. Jangan lupa hapus layout yang tidak dipakai. 

5. Menyesuaikan Pengaturan Keyboard 

 Beberapa fitur dan juga program bawaan bisa saja membuat keyboard menjadi tidak beraturan. Seperti contoh jika diatur menjadi Repeat Delay terlalu singkat. Hal ini bisa membuat input yang Anda masukkan seperti ditekan secara berulang ulang. Aturlah dengan masuk ke Control Panel dan memilih setting make the keyboard easier to use. 

6. Pastikan Jika Driver Terinstal Dengan Lengkap

Apabila ada kemungkinan masalah pada software, driver rusak bisa menjadi masalah yang paling umum terjadi. Kerusakan keyboard ini akan sering terjadi karena driver corrupt, outdated, dan lain sebagainya. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi dengan masuk ke Control Panel, lalu pilih Update Driver Software. 

Kerusakan pada keyboard memang bisa terjadi karena penggunaan yang terlalu sering. Ketika keyboard rusak dan tombolnya tidak bisa digunakan, maka cobalah beberapa langkah sederhana. Cobalah dengan merestartnya terlebih dahulu. Jika masih tidak berfungsi coba cek apakah terjadi masalah ada software atau hardware agar mendapatkan penanganan yang tepat.