Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk di PC Secara Praktis

Melakukan instal windows 10 ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke tempat servis, meski prosesnya bisa membutuhkan waktu selama 1 hingga 2 jam tergantung pada spesifikasi pc. Cara instal windows 10 dengan flashdisk bahkan tidak jauh berbeda dengan instal windows 7 maupun windows 8.1. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Persiapan Instal Windows 10



Sebelum melakukan proses instal windows 10 di pc, terdapat beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Yang pertama yaitu menyiapkan file instalasi windows 10, dimana metode paling populer yakni menggunakan flashdisk. Penggunaan flashdisk memang dirasa lebih praktis ketimbang menggunakan DVD untuk instal.

Dalam hal penyiapan file instalasi, sebaiknya anda menggunakan versi windows 10 yang resmi dari pihak Microsoft. Pasalnya versi bajakan memiliki risiko dapat memberikan dampak buruk pada komputer atau laptop anda. Microsoft sendiri bahkan telah mengizinkan masyarakat untuk mengunduh file instalasi windows 10 secara gratis.

Sehingga anda dapat melakukan cara instal windows 10 dengan flashdisk tanpa memerlukan lisensi. Kendati demikian, Microsoft juga menyediakan versi gratis dan berbayar meski versi gratis pun sudah memungkinkan anda untuk menikmati berbagai fitur. Setelah menyiapkan file instalasi ini, pastikan bahwa komputer atau laptop anda terhubung dengan daya.

Meski laptop sendiri umumnya bisa beroperasi dengan baterai, sehingga tidak perlu terus terhubung ke daya. Namun meminimalisir terjadinya kehabisan baterai di tengah proses instalasi tentu lebih baik. Sebab ada dampak buruk yang mungkin bisa terjadi apabila terjadi kegagalan di tengah tengah prosesnya.

Andai kata kondisi tersebut terjadi, maka sebaiknya beri jeda selang beberapa waktu sebelum anda kembali melakukan instalasi. Kemudian persiapan yang terakhir yaitu anda tidak boleh melupakan flashdisk untuk pengisian file. Dimana ukuran flashdisk minimal adalah 8 GB untuk file instalasi windows 10.

Cara Instal Windows 10 di PC



 Cara instal windows 10 dengan flashdisk yang pertama yaitu mengunduh file instalasi windows terlebih dahulu. Jika sudah, maka anda bisa melanjutkannya ke proses pembuatan bootable flashdisk. Caranya yaitu klik file instalasi yang sudah diunduh hingga muncul jendela baru. Lalu klik accept yang muncul pada layar dan tunggu hingga proses loading selesai.

Pilih menu create installation media for another pc lalu klik next. Selanjutnya pilih pengaturannya dan sesuaikan dengan windows yang ingin anda instal. Sambungkan flashdisk yang telah anda siapkan dan pilih USB flash drive. Tunggu beberapa saat hingga proses bootable flashdisk ini selesai.

Langkah berikutnya yaitu mengubah boot priority pada BIOS. Caranya yaitu dengan menyambung bootable flashdisk di laptop atau pc terlebih dahulu. Kemudian restart perangkat, dan ketika tampil startup screen maka tekan ESC atau F12, F9, F8, F4, dan F2 di keyboard untuk akses BIOS.

Apabila sudah masuk ke dalam BIOS maka pilih menu boot, klik pada baris boot yang pertama lalu ganti menjadi USB. Setelah itu pilih menu exit dan restart kembali perangkat anda. Jika laptop sudah di-restart, perangkat akan mulai melakukan proses instalasi windows 10 dan anda bisa tunggu hingga loading awal ini selesai.

Jika jendela instalasi sudah muncul pada layar, maka sesuaikan bahasa, wilayah, waktu, serta keyboard input yang ingin diterapkan. Klik next, instal now, dan jika anda belum memiliki lisensi maka klik I don’t have activation key. Centang kotak dialog I accept the license terms, dan tunggu hingga prosesnya selesai maka cara instal windows 10 dengan flashdisk sudah berhasil.

Cukup mudah bukan cara instal windows 10 di pc ? Jadi anda bisa mengikuti langkah seperti pada ulasan di atas, tanpa harus ke tempat service terlebih dahulu. Karena proses ini ada kemungkinan membuat file anda terformat, maka sebaiknya lakukan back-up data terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal seperti hardisk.