Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Efektif

Flashdisk yang berguna untuk menyimpan berbagai file maupun data, tentu kehadirannya sangat berguna sebagai tempat backup file file penting. Namun pada penggunaannya, terkadang flashdisk tidak bisa terbaca pada laptop atau PC. Jika anda mengalami hal ini, berikut cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di laptop.

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca



1. Bersihkan Konektor Flashdisk dan Port USB

Salah satu penyebab yang membuat flashdisk anda tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada laptop adalah karena perangkat kemasukan debu atau kotor, bisa pada konektor flashdisknya sendiri maupun pada port USB di laptop. Jadi untuk mengatasi permasalahan ini, maka anda bisa menerapkan langkah mudah dalam membersihkannya.

Pertama yaitu bersihkan bagian port USB serta konektor USB dengan menggunakan kuas pembersih. Langkah ini dilakukan untuk mengangkat partikel debu yang menumpuk pada bagian tersebut. Selanjutnya bersihkan pula lempengan kuningan di flashdisk, anda bisa menggunakan karet penghapus untuk melakukannya dengan syarat konektor USB merupakan tipe terbuka.

Jika sudah, cobalah untuk menghubungkan kembali flashdisk pada laptop. Anda juga bisa coba untuk menghubungkan flashdisk pada laptop atau PC yang lain. Ini dilakukan untuk menguji apakah yang bermasalah adalah flashdisk tersebut atau malah laptop anda. Jika pada laptop yang lain ternyata flashdisk terbaca, maka ini berarti masalah terletak pada perangkat laptop.

2. Install Ulang Driver USB



Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca berikutnya yaitu dengan melakukan install ulang driver USB. Untuk melakukan cara ini, anda pertama tama perlu menghubungkan flashdisk pada laptop terlebih dahulu. Kemudian klik kanan di logo Windows yang ada di bagian pojok kiri bawah layar.

Setelah klik kanan, pilih opsi Device Manager dan tunggu hingga jendela dari menu tersebut terbuka seutuhnya. Pada jendela yang muncul ini, cari pilihan Universal Serial Bus Controllers. Cari USB Mass Storage Device pada menu dropdown, di sana anda akan menemukan peringatan kuning jika memang mengalami error.

Setelah menemukan USB Mass Storage Device, kalik kanan dan pilih uninstall Device. Tunggu prosesnya hingga selesai, dan coba restart terlebih dahulu perangkat PC anda. Jika sudah, hubungkan kembali flashdisk pada perangkat untuk mencari tahu hasilnya. Jika berhasil, maka flashdisk akan terbaca seperti sedia kala.

3. Pindai dengan Antivirus

Software antivirus juga bisa anda andalkan sebagai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, sebab permasalahan satu ini terkadang juga disebabkan oleh malware. Agar tidak perlu melakukan format pada flashdisk, anda bisa menghapus virus shortcut-nya agar flashdisk terbebas dari berbagai virus berbahaya.

4. Update Sistem Operasi pada Laptop

Kesalahan bisa saja muncul pada laptop atau PC yang sistem operasinya belum diperbaharui, ini menyebabkan flashdisk tidak bisa terbaca dengan baik. Jika anda menggunakan Windows, maka anda bisa melakukan pembaruan sistem operasi yang telah mendukung hardware pada perangkat.

Caranya yaitu buka menu Settings dan pilih opsi Update & Security, lalu klik Check for Updates. Apabila ditemukan pembaruan yang tertunda, anda bisa mengunduhnya kemudian lakukan restart pada laptop. Jika sudah, coba hubungkan kembali flashdisk pada perangkat sebagai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Cara cara seperti di atas mungkin cukup efektif untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Akan tetapi, cara tersebut akan berhasil apabila flashdisk masih dalam kondisi bagus. Jika sudah benar benar rusak, tentu secara otomatis flashdisk ini tidak akan bisa terbaca dan data data di dalamnya pun tidak bisa diselamatkan.