Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghilangkan Iklan di Laptop yang Muncul Tiba Tiba

Saat berselancar di internet, bukan tidak mungkin jika anda akan melihat iklan yang muncul meskipun hanya satu kali. Kendati ini merupakan kondisi yang lazim untuk terjadi, namun bagaimana jika iklan tersebut muncul tiba tiba di desktop saat anda menyalakan laptop ? Ini tentu menandakan adanya masalah dan sangat mengganggu. Berikut cara menghilangkan iklan di laptop yang bisa dicoba.

Menghilangkan Iklan di Laptop



1. Melakukan Scanning Virus

Perlu anda ketahui bahwa virus maupun malware bisa datang dari mana saja, misalnya seperti program yang anda install, flashdisk, maupun dari internet. Jika laptop sudah terkena virus, bukan tidak mungkin jika tiba tiba akan muncul iklan pop-up meskipun anda sedang berada di luar browser.

Pasalnya virus adware bekerja dengan cara berjalan tanpa anda ketahui, kemudian iklan pun akan muncul secara mendadak dengan letak yang acak di mana saja. Untuk itu, anda perlu melakukan scanning antivirus. Dalam hal ini, sudah tersedia banyak aplikasi antivirus yang bisa diunduh secara gratis. Tunggu proses scanning virus hingga selesai, dan hapus virus yang terdeteksi pada hasil scanning.

2. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, virus atau malware bisa datang karena program atau aplikasi tertentu. Jadi jika anda beberapa waktu belakangan pernah menginstall suatu aplikasi dan setelah itu kerap muncul iklan secara tiba tiba, maka aplikasi tersebut mungkin adalah penyebabnya. Beberapa aplikasi yang kurang terpercaya memang dapat memunculkan iklan di latar belakang.

Cara menghilangkan iklan di laptop pada kondisi ini adalah dengan melakukan uninstall aplikasi. Pertama buka Control Panel, anda bisa langsung mencarinya dengan mengetik di kolom Search. Masuk ke menu Uninstall A Program, dan halaman selanjutnya akan memunculkan beberapa daftar aplikasi.

Pada daftar tersebut, cari aplikasi yang anda curigai sebagai penyebabnya. Klik kanan pada aplikasi terkait dan klik Uninstall. Tunggu prosesnya hingga selesai, maka iklan pun tidak akan lagi muncul di latar belakang jika aplikasi tersebut memang penyebabnya. Ada baiknya anda melakukan restart terlebih dahulu setelah proses uninstall dilakukan.

3. Reinstall Windows



Reinstall Windows menjadi salah satu cara yang dijamin paling ampuh untuk menghilangkan iklan yang muncul tiba tiba akibat virus. Bahkan dengan reinstall Windows, laptop anda akan bersih dari berbagai virus dan lebih ringan untuk digunakan. Akan tetapi, metode reinstall di sini yaitu anda harus menghapus semua data yang ada di semua Drive atau format ulang.

Oleh karena itu, data data pada aplikasi iklan serta virusnya akan hilang dari Drive sistem maupun semua Drive. Jadi jika ingin melakukan cara menghilangkan iklan di laptop satu ini, pastikan anda telah melakukan backup data terlebih dahulu. Jika anda belum pernah melakukan install ulang sendiri, sebaiknya mintalah ahli untuk melakukannya.

4. Hapus File Temporary

Aplikasi iklan secara otomatis juga bisa tersimpan dalam file temporary. Dimana file temporary ini merupakan kumpulan data yang bisa tersimpan secara otomatis saat laptop digunakan. Jadi anda bisa mencoba menghapus file file tersebut sebagai cara mengatasi iklan pop-up. Caranya yaitu pertama klik tombol Windows + R pada keyboard.

Ketik temp dan klik OK, maka akan muncul jendela baru di layar laptop. Hapus semua file serta folder yang ada di sana. Lakukan lagi cara yang sama, yakni klik Windows + R di keyboard dan ketikkan %temp% lalu klik OK. Hapus semua file beserta folder yang muncul pada jendela di layar laptop. Terakhir, cara menghilangkan iklan di laptop satu ini ditutup dengan restart perangkat.

Keberadaan iklan memang begitu umum di internet, apalagi di zaman digitalisasi seperti sekarang. Namun beberapa iklan bisa jadi akan sangat mengganggu penggunaan jika muncul karena virus atau malware. Jadi cara cara seperti di atas bisa anda coba untuk menghilangkan iklan yang muncul pada layar laptop.