Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Data Tetap Aman, Berikut 5 Cara Cek Kesehatan Hardisk

Hardisk termasuk komponen penting dalam perangkat komputer atau laptop. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan yang mana ruangnya cukup besar. Sifat hardisk non-volatile memory, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Ketahanan hardware ini tidak sama tergantung pemakaian, berikut ada cara cek kesehatan hardisk. 

Tidak Perlu Bongkar PC, Cukup Cek Lewat Sistem 

Jaga Data Tetap Aman, Berikut 5 Cara Cek Kesehatan Hardisk


 1. Instal Software Sentinel

Perangkat lunak satu ini memiliki berbagai fitur pengecekan yang mudah digunakan. Di dalamnya memuat tools sangat lengkap, mulai dari performa kecepatan hingga bad sector. Dengan Sentinel, hardisk dalam perangkat PC dijamin bagus dan awet dalam waktu lama. Hal ini berkat sematan teknologi S.M.A.R.T yang membuatnya unggul dan digemari pengguna. 

Pertama, anda perlu mengunduh Hardisk Sentinel dulu pada situs resminya. Setelah terpasang anda bisa langsung melihat kesehatan hardisk lewat 2 bar yang disajikan. Bar pertama Health dan bar kedua Performance, lalu klik tab S.M.A.R.T untuk bisa cek kondisinya lebih detail. Bila warnanya hijau tandanya hardisk masih bagus, kalau merah berarti hardisk rusak. 

2. Gunakan Acronis Drive Monitor 

Cara cek kesehatan hardisk berikutnya dengan sebuah software khusus. Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk cek hardisk eksternal maupun internal. Tentunya harus mengunduh softwarenya terlebih dahulu, tinggal cari di laman resminya dan gratis. Setelah itu, buka perangkatnya lalu cari dan pilih menu Disks. Jika menunjukkan angka kurang dari 70% dan berwarna kuning tandanya rusak. 

3. Pakai Tools Pabrikan Hardisk 

Jaga Data Tetap Aman, Berikut 5 Cara Cek Kesehatan Hardisk


Metode ini sebenarnya cukup konvensional, tapi kemungkinan hasil akurat tinggi. Anda bisa memanfaatkan tools gratis yang tersedia untuk cek kinerja hardisk. Pertama, cari tahu duly produk hardisk yang digunakan. Dengan cara pergi ke Control Panel lalu temukan menu Device Manager. Pilih opsi Disk drives, klik tombol segitiga, copy atau catat rincian hardisk yang muncul.

Untuk cara cek kesehatan hardisk, masuk ke Google Search lalu ketik nomor model hardisk di tab pencarian. Hasilnya akan menunjukkan merk atau nama produsennya, setelah itu kunjungi website resmi produk. Cari utilitas hard drive produk dan unduh tools, kemudian pasang di komputer. Tools pabrikan setiap merek berbeda, tapi fitur diagnostiknya akurat. 

4.Tool Windows CHKDSK 

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi sebelumnya, karena software sudah terpasang di komputer. Program bawaan Windows ini dapat memindai hardisk, guna menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Klik kanan pada Local Disk C, lalu pilih Properties, dan ketuk tab Tools. Klik Check atau Check Now untuk proses cek, jika hardisk aman maka tidak muncul panel pesan. 

5. Melalui Aplikasi HDTune 

Cara cek kesehatan hardisk paling bagus ialah dengan teknologi S.M.A.R.T. Atau Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology. Fungsinya untuk menampilkan status hardisk dan memberikan kesimpulan sederhana. Fitur inilah yang dimiliki oleh software HDTune, sekaligus fitur scanning bad sector. 

Anda bisa download dulu aplikasinya di perangkat PC, tunggu sampai terpasang sempurna. Buka perangkat lunak HDTune kemudian tekan Health, untuk melihat kesehatan hardisk. Jika kondisinya buruk, lakukan scanning bad sector pada menu Error Scan agar data-data anda bisa otomatis di back-up. 

Bukan hanya fisik luar komputer atau laptop saja yang dijaga kebersihannya, tetapi juga bagian perangkat dalamnya. Termasuk salah satunya hardisk yang menjadi tempat penyimpan seluruh data pengguna PC. Penting memeriksa kesehatan hardware ini karena berkaitan dengan komponen PC. Gunakan aplikasi bawaan ataupun instal software untuk cek kondisinya.