Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah Pilih, Berikut 5 Perbedaan Windows 10 Home Dan Pro

Berbicara soal komputer, tentu tak bisa lepas dari yang namanya sistem operasi Windows. Software besutan perusahaan Microsoft uni menawarkan beberapa versi bagi penggunanya. Mulai dari Windows 10 Home, Pro dan lainnya yang memiliki keunggulan dan fungsi masing masing. Agar tidak salah pilih dengan spesifikasinya, yuk kenali perbedaan windows 10 home dan pro berikut ini!

Perbedaan yang Wajib Anda Tahu Mengenai Windows Pro dan Home 

Jangan Salah Pilih, Berikut 5 Perbedaan Windows 10 Home Dan Pro


1. Fitur Fitur Yang ada Pada Windows Pro dan Windows Home 

Kehadiran Windows 10 memang menjadi salah satu sistem operasi terbaru besutan Microsoft. Untuk itu, fitur fitur di dalamnya lebih baik dan kekinian. Namun, dalam sistem operasi Windows ini terdiri berbagai versi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Tak heran jika versi Windows home serta pro memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Microsoft tidak asa menawarkan edisi berbeda yang membuat bingung konsumennya, sebab hal ini didasarkan pada fitur yang disematkan. Meskipun secara keseluruhan menawarkan fungsi yang tak jauh berbeda, tetapi dari segi fitur Windows 10 pro lebih unggul jika dibandingkan dengan versi home. Misalnya tersedia Device Drive, Remote Desktop, Hyper-V dan lainnya. 

2. Harga Yang Ditawarkan 

perbedaan Windows 10 home dan pro selanjutnya yang paling mudah diidentifikasi yaitu dari segi harga. Mengingat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pada Windows Pro lebih mumpuni, maka harganya terbilang jauh lebih tinggi daripada Windows Home. Selisih harganya cukup signifikan karena fitur fitur yang disematkan di dalamnya juga bervariasi.

3. Sistem Keamanan Yang Disediakan  

Jangan Salah Pilih, Berikut 5 Perbedaan Windows 10 Home Dan Pro


Hal lainnya yang bisa menjadi pembeda dari kedua versi Windows 10 ini yaitu sistem keamanan yang disediakan. Sistem keamanan Windows 10 Pro ditujukan untuk kebutuhan seorang profesional yang dibekali dengan protection system cukup kuat. Keunggulan sistem keamanan Windows Pro jauh mumpuni jika dibandingkan dengan Windows Home. 

Salah satu keunggulan dari versi sistem operasi yang satu ini ditunjukkan dengan adanya kehadiran Windows Defender. Keamanan ini ditujukan untuk memberikan proteksi pada perangkat PC atau Laptop dari ancaman virus berbahaya. Tak hanya itu saja, perbedaan windows 10 home dan pro dilengkapi Enterprise Data Protection yang dapat memastikan proteksi dengan cara enkripsi. 

4. Pengaturan dari Windows Update yang Ditawarkan 

Ketika sedang sibuk menggunakan laptop untuk berbagai kebutuhan, tiba tiba saja OS Windows 10 minta update dan restart tentu membuat kesal. Namun, lain ceritanya jika laptop yang Anda gunakan menggunakan versi Windows 10 pro. Pasalnya, edisi Windows yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk menunda upgrade OS sampai dengan waktu 35 hari ke depan. 

Tak berhenti sampai di situ saja, Anda juga dapat mengatur jadwal update Windows lebih mudah. Pengaturan ini memungkinkan penggunanya untuk tidak melakukan update OS di jam jam aktivitas tidak terlalu padat. Sementara itu, untuk Windows 10 versi Home masih belum menyediakan fitur canggih seperti ini. Sehingga, Microsoft yang memiliki kendali penuh atas update. 

5. Kapasitas RAM yang Didukung 

Selain beberapa yang sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan windows 10 home dan pro lainnya yaitu dari segi kapasitas memori RAM yang ditanggungnya. Pada windows 10 pro bisa mendukung kapasitas RAM hingga mencapai 2 TB. Sedangkan Windows 10 Home hanya bisa menampung sebesar 128 GB saha. Hal inilah yang membuat Windows 10 pro menjadi pilihan profesional. 

Dengan berbagai spesifikasi yang ada di Windows Pro dan Home, maka bisa disimpulkan jika versi Pro lebih unggul dibandingkan Home. Fitur fitur yang cukup mumpuni menjadi salah satu alasan kenapa versi Pro jauh lebih cocok digunakan untuk profesional. Selain itu, Windows 10 Pro juga dibekali dengan limit RAM lebih tinggi, kontrol update, dan lain sebagainya.