Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Google Play Terhenti? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya

Ketika sedang asyik mengunduh beberapa aplikasi di Google Play Store, anda pasti kesal jika tiba-tiba aplikasinya lag. Ada kemungkinan jumlah unduhan ukurannya terlalu berat, ataupun sinyal kurang bersahabat. Terkadang alasannya juga karena pengaturan waktu dan tanggal tidak sesuai. Agar tahu solusinya apa saja, simak cara mengatasi layanan Google Play terhenti disini. 

Langkah Jitu Kembalikan Google Play Lag

Layanan Google Play Terhenti? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya


 1. Restart Smartphone  

Banyak faktor penyebab Google Play berhenti tiba-tiba, salah satunya bug aplikasi menumpuk. Hal ini wajar karena efek dari instal aplikasi tertentu, khususnya yang berhubungan dengan sistem operasi. Selain itu, software yang diunduh ukurannya cukup besar sehingga bug penuh. Maka timbul error ketika digunakan kembali dan perlu diperbaiki agar kembali normal. 

Anda bisa gunakan cara restart smartphone untuk menghentikan notifikasi layanan Google Play yang terus muncul. Tinggal tekan tombol power pada smartphone masing-masing, lalu ketuk restart. Tunggu beberapa saat hingga load selesai sampai layar beranda kembali terlihat. Sewaktu smartphone di restart maka memori pada sistem akan di refresh agar eror hilang. 

2. Hapus Cache 

Layanan Google Play terhenti karena file cache pada software ini menumpuk. Tapi cache berasal dari layanan software ini bukan dari sistem operasi smartphone. Maka yang perlu anda lakukan ialah menghapus keseluruhan cache. Caranya cukup mudah, masuk ke halaman Setelan pada ponsel, lalu masuk ke bagian Aplikasi. Cari Google Play Services dan pilih Hapus Cache. 

3. Hilangkan Data Google Play

Bisa dibilang cara ini paling ampuh untuk mengembalikan layanan Google Play. Semua data yang disimpan dalam software akan terhapus, namun aplikasi tetap terinstal di smartphone. Pertama, masuk dulu ke Setelan pada smartphone dan klik menu Aplikasi. Kemudian cari dan pilih Layanan Google Play. Ketuk opsi Hapus Data agar layanan Google Play terhenti kembali seperti semula. 

4. Atur Ulang Akun 

Layanan Google Play Terhenti? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya


Selain me-reset smartphone, cara mengatur ulang akun Google bisa jadi solusi alternatif. Anda bisa masuk ke Settings terlebih dulu, lalu pilih opsi Account and backup dan ketuk Accounts. Selanjutnya ketuk Remove Account dari smartphone anda, tunggu prosesnya beberapa saat. Masukkan kembali akun Google dengan pilih Add Account di pengaturan, isi email beserta passwordnya. 

5. Uninstall Update 

Google Play Service biasanya melakukan update secara otomatis. Ketika notifikasi software ini berhenti tiba-tiba, berarti ada kesalahan pada setting update otomatis. Mungkin saja karena tanggal smartphone yang belum diatur. Atau kemungkinan fitur update aplikasi secara otomatis ini memenuhi penyimpanan, sehingga layanan Google Play terhenti tiba-tiba.  

Cara mengatasinya tidak sulit, cukup mengembalikan Google Play versi update ke versi sebelumnya. Langkah pertama buka dulu Setelan pada smartphone, masuk ke menu Aplikasi dan cari menu Layanan Google Play. Temukan opsi Uninstall Updates lalu klik OK apabila muncul notifikasi, kemudian restart smartphone. 

6. Reset Preferensi Aplikasi 

Pada smartphone, preferences adalah opsi setting dimana sistem menyimpan semua konfigurasi aplikasi termasuk Google Play. Pertama buka dulu Setelan di smartphone, lalu pergi ke Aplikasi. Ketuk tanda titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih Hapus Preferensi Data Aplikasi dan klik Reset Aplikasi. 

Mengatasi layanan Google Play yang tiba-tiba berhenti sebenarnya cukup mudah. Bisa dilakukan sendiri secara manual tanpa membutuhkan aplikasi tambahan. Mulai dari restart smartphone, hapus cache, hingga atur ulang preferensi aplikasi. Tinggal mengikuti tutorial yang disarankan, maka Google Play bisa digunakan seperti biasanya.