Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebabkan Laptop Lemot, Cari Tahu 6 Cara Menghapus Virus di Laptop

Ciri-ciri laptop yang diserang virus ialah sering lag ketika digunakan. Terkadang ketika dibutuhkan sering tiba-tiba lambat, cukup menguji kesabaran penggunanya. Namun hal ini tidak bisa dihindari, mengingat segala aspek butuh koneksi internet. Jadi tidak menutup kemungkinan bila PC terserang oleh virus. Berikut ada beberapa  cara menghapus virus di laptop. 

Cara Ampuh dan Aman untuk Hilangkan Virus

Sebabkan Laptop Lemot, Cari Tahu 6 Cara Menghapus Virus di Laptop


1. Manfaatkan Windows Security 

Bagi pengguna Windows 10 patut berbahagia, pasalnya dalam perangkat sudah terinstall program Antivirus. Tidak perlu repot mengunduh aplikasi tertentu, jadi tak khawatir memori PC penuh. Sebenarnya program default ini sudah ada sejak Windows XP, tetapi tidak bekerja maksimal. Maka Windows Security baru diperbaiki lebih baik pada versi Windows terbaru. 

Pertama, arahkan kursor pada Start kemudian ketik Windows Security. Panel halaman akan muncul, lalu pilih opsi Virus & Threat Protection. Berikutnya pilih Scan Options untuk memilih jenis scan, begitu terbuka langsung klik Full Scan. Opsi ini akan mengecek seluruh data di laptop dan butuh waktu lama. Kalau ingin cepat pilih Quick Scan, cek drive pilih Custom Scan, dan pindah virus di Scan now. 

2. Gunakan Task Manager 

Sebabkan Laptop Lemot, Cari Tahu 6 Cara Menghapus Virus di Laptop


Cara menghapus virus di laptop ini cenderung konvensional, tapi cukup user friendly. Terbilang ampuh basmi virus pada PC agar tidak mempengaruhi kinerja laptop. Mengingat bila virus memakan resource yang cukup besar pada hardisk. Anda bisa mengandalkan Task Manager, aplikasi bawaan Windows yang biasa dipakai untuk manage aplikasi berjalan. 

Untuk membuka Task Manager langsung tekan Ctrl+Shift+Escape. Pada panel yang terbuka pilih tab Processes, kemudian lihat kira-kira program apa yang mencurigakan. Silahkan klik aplikasi tersebut, lalu akhiri dengan pilih End Task. Selanjutnya jalankan MSConfig, setelah masuk System Configuration, klik opsi Service. Hapus semua kolom centang yang sekiranya tidak lazim. 

3. Uninstall Aplikasi Tak Perlu

Terkadang virus berasal dari aplikasi yang diunduh, atau beberapa file kecil. Maka cara menghapus virus di laptop adalah solusinya. Pertama, silahkan masuk Control Panel lalu pilih menu Program & Features. Carilah aplikasi yang mencurigakan, jika sudah ketemu klik kanan lalu Uninstall. 

4. Install Ulang Windows 

Mungkin cara ini terbilang efektif agar file data tidak terinfeksi virus. Anda bisa melakukannya mandiri ataupun diserahkan pada ahlinya. Install ulang laptop cukup ampuh untuk membersihkan virus sampai tuntas. Bahkan beberapa program dan software ikut diperbarui. Jadi tidak ada lagi keluhan laptop lambat saat digunakan, ataupun tiba-tiba lag. 

5. Pasang Software Antivirus

Ketika laptop di install ulang, sekalian minta kepada ahlinya untuk memasang pemindai virus.. Jadi ketika ada file asing masuk ke dalam laptop, maka alat scanner langsung mendeteksinya. Software ini merupakan cara menghapus virus di laptop secara otomatis Sayangya ukuran software cukup besar, jadi mungkin mengurangi ruang penyimpanan. 

6. Matikan Koneksi Internet

Apabila tidak terlalu membutuhkan sambungan internet, upayakan matikan koneksi saja. Hal ini untuk meminimal virus sembarang masuk ke dalam laptop. Selain itu, apabila ingin download film atau lagu jangan di internet publik. Sebisa mungkin gunakan internet pribadi agar tidak tercampur virus. 

Kehadiran virus yang menyerang komputer atau laptop memang sangat mengganggu. Pasalnya, PC bisa tiba-tiba tidak dapat digunakan ataupun macet hingga mati total. Hal ini bisa terjadi apabila laptop tersambung sembarang koneksi internet. Maka untuk antisipasi, anda bisa lakukan beberapa cara untuk membasmi virus, baik dari bawaan Windows atau pemindai virus.