Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahu Cara Setting Router Tp Link? Yuk Simak Disini!

Router memiliki fungsi untuk menyediakan koneksi internet untuk perangkat yang terhubung dengannya. Jika anda baru saja membeli router namun belum tahu bagaimana cara penyetelannya, kali ini akan diulas cara setting router TP Link. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Langkah Langkah yang Bisa Anda Lakukan



1. Nyalakan Router dan Sambungkan ke Kabel

Dalam memasang router tipe TP Link ini, anda perlu tahu beberapa langkah untuk mulai penyetelannya. Pertama, anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu router dan perlengkapan bawaannya. Disini, anda bisa menyalakan terlebih dahulu router yang ingin untuk anda pasang.

Caranya adalah dengan menyambungkan kabel daya router ke stop kontak terdekat. Kemudian, anda bisa memasukkan jack yang satunya lagi ke dalam input daya router yang terdapat di bagian belakang router. Lalu, anda pun akan menemukan kabel port yang berwarna biru atau abu abu.

Masukkan salah satu kabel port internet atau WLAN tersebut pada salah satu port yang ada. Langkah selanjutnya dalam cara setting router TP Link adalah dengan menghubungkan kabel yang satunya lagi ke port Ethernet atau yang disebut dengan LAN. Biasanya akan ditandai dengan warna kuning. Anda pun perlu memastikan bahwa kabel yang dipasang telah sesuai dan tidak tertukar.

2. Menghubungkan Router Ke Komputer

Setelah kabel telah terhubung, anda bisa menyambungkan kedua perangkat dengan menyambungkan ke komputer. Pastikan anda telah memasangkannya dengan benar. Selain itu, ketika proses penyambungan ini sebaiknya anda tidak menggunakan koneksi wifi dari router terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar koneksinya menjadi lebih stabil nantinya.

3. Masuk dan Login ke Web TP Link



Setelah semua kabel antara router dan perangkat anda telah tersambung, maka cara setting router TP Link ini bisa dengan membuka web dari TP Link. Pertama anda bisa memasukkan alamat webnya yakni http://linkwifi.net. Apabila alamat tersebut tidak bisa dibuka, maka anda pun bisa membukanya dengan menggunakan alamat IP yakni http://192.168.1.1 atau http://10.0.0.1.

Kemudian, ketika anda telah berhasil untuk masuk ke halaman website dari TP Link, maka anda pun bisa melakukan proses login. disini, anda bisa memasukkan username dan juga password. Anda bisa mencoba username dan password default yakni admin. Atau anda juga bisa mengeceknya di buku panduan terkait username dan password yang benar.

4. Masukkan Data dan Ubah Nama Jaringan

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan data dan konfigurasi router yang sesuai dengan jenis internet yang anda gunakan. Disini, anda perlu memastikan bahwa lampu indikator telah menyala. Lalu, ubahlah nama jaringan dengan klik Wireless 2.4GHz dan pilihlah Wireless Settings. Gantilah Wireless Network Name sesuai dengan yang anda inginkan.

5. Mengatur Version dan Ubahlah Password

Ketika anda ingin mengubah kata sandi, cara setting router TP Link ini bisa anda lakukan dengan mengubah version terlebih dahulu. Disini, anda bisa memilih opsi WPA2-PSK. Dan pastikan untuk mengubah kata sandi sesuai dengan keinginan dan yang anda ingat. Cara mengubah sandi ini bisa anda lakukan di kolom Wireless Password dan klik Save untuk menyimpannya.

Setelah selesai, anda bisa memastikan bahwa router yang anda miliki telah menyala. Caranya, anda bisa menyambungkan pada perangkat yang anda miliki ke wifi tersebut. Ketika perangkat telah tersambung secara otomatis dan bisa digunakan, maka anda pun telah berhasil untuk melakukan penyetelan dari router dengan tipe TP Link tersebut.