Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Repot, Cek Cara Download Video Di Facebook Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Sebagai platform media sosial yang seakan tidak ada matinya, Facebook memberikan banyak fitur yang menarik. Salah satunya adalah konten video, yang mana dapat diakses dan dijangkau penggunanya. Konten tersebut pun dapat dengan mudah diunduh untuk dinikmati secara offline. Lantas bagaimana cara download video di Facebook? Berikut ulasannya. 

Melalui Website Download



Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk mengunduh suatu aplikasi tambahan, cara yang terbaik adalah menggunakan platform khusus untuk download. Sudah banyak platform atau website yang bisa Anda tuju untuk kegunaan ini. Bahkan, tidak jarang konten konten serupa dari platform sosial media lainnya pun bisa diunduh dengan cara yang sama. 

Situs yang memberi kemampuan ini beberapa di antaranya adalah Savefrom.net, FbDown.net, atau Dredown.com. Anda pun bisa cari di peramban Google, situs yang menawarkan fitur serupa. Yang perlu dilakukan pun tidak rumit. Jika Anda membuka Facebook dari peramban komputer, maka hanya perlu buka video dan salin alamat link. 

Link atau alamat dari video inilah yang nantinya akan di-input pada situs mengunduh tersebut. Namun jika Anda membuka dari aplikasi gawai, maka cara download video di Facebook adalah dengan klik ikon tiga titik. Pastikan dulu Anda membuka video yang ingin diunduh, kemudian klik ikon dan cari opsi Copy link atau Salin tautan. 

Kemudian, masuk pada salah satu situs yang telah disebut. Di halaman utamanya, masukkan link atau tautan video yang sudah disalin sebelumnya. Tunggu opsi download muncul, kemudian klik untuk proses unduh. Beberapa situs itu pun akan memberi opsi ukuran video atau jenis file, seperti mp4 atau bahkan dalam bentuk mp3. 

Menggunakan Aplikasi Tambahan 



Untuk cara yang lebih instan, sebenarnya Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang sudah dirancang untuk mengunduh video pada aplikasi FB. Biasanya, metode ini ditujukan pada pengguna yang mengakses Facebook dari aplikasi gawai atau smartphone. Untuk melakukan cara ini, pastikan gawai memiliki ruang memori sisa. 

Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi layaknya video downloader dari InShot.inc, video downloader for FB, atau video downloader for facebook akan memakan beberapa ruang memori. Cara download video di Facebook ini hanya bisa dilakukan dan berjalan sempurna jika aplikasi telah sukses terpasang.  

Anda pun dapat mengunduh dan pasang aplikasi tersebut di toko aplikasi yang terpasang di gawai. Seperti contohnya Google Playstore untuk android atau App store milik Apple. Masih banyak aplikasi serupa yang memiliki fitur dan kegunaan yang tidak kalah baik. Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga preferensi pribadi. 

Jika telah diunduh dan terpasang, Anda hanya perlu masuk pada aplikasi facebook dan memutar video. Umumnya akan muncul suatu pop-up atau pemberitahuan yang memberikan tawaran download. Jika Anda mendapati pemberitahuan ini, maka pilih saja opsi download untuk memproses pengunduhan konten. 

Namun jika tidak, besar kemungkinan aplikasi downloader tidak berjalan sempurna. Hal ini bisa saja terjadi jika cara download video di Facebook ini sudah tidak lagi compatible. Jika masalah ini berlangsung, ada baiknya untuk beralih ke cara pertama. Yang mana lebih meringankan beban penggunaan ruang aplikasi. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh konten video di platform Facebook. Cara tersebut bisa Anda terapkan baik dari gawai ataupun perangkat komputer. Anda bisa menggunakan aplikasi pengunduh khusus, atau sekedar masuk pada platform pengunduh konten yang bisa digunakan tanpa perlu aplikasi tambahan.