Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu, Berikut Perbedaan AMD dan Intel Pada Sistem Laptop

Laptop sudah menjadi kebutuhan di era digital ini dan bukanlah barang yang wah. Hampir semua lapisan masyarakat memiliki gadget satu ini untuk aktivitas. Bagi anda yang berencana untuk membeli, anda bisa memilih AMD atau Intel sebagai sistemnya. Tapi, ada baiknya jika mengetahui perbedaan AMD dan Intel dalam ulasan berikut.

AMD dan Intel Apa Perbedaannya?



1. Kekuatan Brand

Anda bisa membedakan kedua sistem ini dari kekuatannya. Intel lebih lama dikenal dibandingkan AMD. Brand Intel tidak memang lebih dahulu digunakan, dan tidak hanya sebagai produsen prosesor laptop saja. Intel juga tidak hanya digunakan di laptop saja, smartphone hingga smartwatch juga menggunakannya. Wajar jika intel lebih unggul dari brand dibandingkan AMD.

2. Penggunaan

AMD atau Advantec Micro Devices ditujukan untuk anda yang  lebih banyak gaming. Hal ini disebabkan gaming membutuhkan memori prosesor yang lebih besar sehingga transfer datanya lebih cepat. Sementara Intel lebih ditujukan untuk aplikasi berat. Sehingga tak masalah menggunakan banyak aplikasi jika mengandalkan Intel dibanding AMD.

3. Multimedia



Perbedaan AMD dan intel juga bisa anda lihat dari hasil multimedia yang dihasilkan. Untuk multimedia, intel dinilai lebih unggul jika dibandingkan dengan AMD. Karena gambar yang dihasilkan oleh Intel akan terlihat lebih tajam. Selain itu Intel juga bisa di overclock menjadi lebih baik. Tetapi AMD tidak ketinggalan jauh untuk sistem multimedia yang ditawarkan.

4. Kecepatan

Memilih laptop rasanya tidak pas jika tidak memperhatikan kecepatannya. Akan sangat kesal juga jika laptop yang anda gunakan tiba tiba performanya turun. Kecepatan performa dari laptop ternyata juga ditentukan dari prosesor yang digunakan. Jika membandingkan AMD dan Intel, Intel akan lebih unggul dari segi kecepatan performa yang akan dinikmati penggunanya.

Memang dalam hal ini AMD tidak kalah telak soal kecepatan performanya. Tapi setelah pengujian benchmark, Intel akan lebih cepat dalam menjalankan sebuah program. Untuk itu, harus kembali pada kebutuhan anda dalam penggunaannya. Baik AMD maupun Intel tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam laptopnya nanti.

5. Grafis Game

 Tak ketinggalan, kedua prosesor ini juga memiliki perbedaan pada grafis gamenya. Jika menilik perbedaan AMD dan Intel dari segi Grafis Gamenya, AMD dinilai lebih unggul. anda tentunya sering menemukan suhu meningkat ketika laptop bekerja keras atau untuk game. Mengandalkan AMD gambar tidak akan pecah dan juga performa tidak menurun walau suhu meningkat.

6. Harga

Tidak lengkap rasanya jika tidak membandingkan dari segi harganya. Harga laptop memang dipengaruhi oleh prosesor yang digunakan. Untuk anda yang tertarik untuk membeli prosesor Intel, anda harus merogoh kantong lebih dalam. Harga untuk laptop dengan prosesor Intel memang akan lebih mahal jika dibandingkan dengan prosesor AMD.

7. Perlindungan Virus

Selain melihat dari segi kinerjanya, anda juga harus memperhatikan keamanannya terutama dari virus. Prosesor AMD sudah dibekali dengan teknologi terbaru, sehingga mampu mendeteksi virus. Nantinya laptop anda akan lebih dilindungi dan tidak akan ada proses lanjutan jika ada virus. Perbedaan AMD dan Intel ini tentu harus jadi pertimbangan, karena Intel belum dibekali teknologi tersebut.

Kedua prosesor tersebut sama sama memiliki kelebihan tersendiri dan bagus. Untuk itu, ada baiknya jika anda memilih berdasarkan kebutuhan pemakaian. Walaupun masalah budget juga bisa anda jadikan pertimbangan. Apabila anda ingin harga yang terjangkau tapi performanya tak mengecewakan, AMD bisa jadikan pilihan.