Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip Cara Mudah Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

Aktivitas mendengarkan musik merupakan salah satu hal yang banyak digemari sebagian orang. Hal ini membuat kebanyakan orang membutuhkan perangkat bantuan lainnya seperti headset. Tujuannya agar mendengarkan musik tanpa mengganggu orang di sekitarnya. Namun, sering kali terdapat masalah yaitu headset tidak terdeteksi di laptop. Maka dari itu, berikut tips untuk mengatasinya!

Tips Mudah yang Bisa Anda Terapkan Untuk Mengatasi Headset yang Tidak Terdeteksi di PC



1. Mengecek Kondisi Headset dan Port 

Headset yang tidak bisa terdeteksi di PC bisa terjadi oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu kondisi headset yang sudah usang. Untuk itu, penting bagi Anda mengecek kondisi headset. Pasalnya, masalah yang terjadi tak hanya disebabkan karena software dan port yang bermasalah pada laptop. Bisa saja headset yang Anda miliki memang mengalami kerusakan. 

Coba cek kondisi headset yang Anda miliki apakah rusak atau kondisinya masih bagus. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dengan cara connecting headset lain ke laptop. Apabila headset lainnya yang Anda coba berfungsi dengan baik, maka headset Anda bisa saja rusak. Jika hal tersebut terjadi, ada baiknya membeli headset baru. 

Tak hanya itu saja, selain memeriksa headset, Anda juga perlu memeriksa kondisi port pada PC atau laptop yang Anda miliki. Caranya, hubungkan dengan beberapa headset lain. Apabila seluruh headset tidak terdeteksi di laptop, maka bisa dipastikan jika port audio yang Anda miliki bermasalah dan membutuhkan penanganan dari ahlinya. 

2. Melakukan Pemindaian 

Ketika Anda mengalami masalah tersebut, jangan buru buru mengambil kesimpulan jika headset atau laptop rusak. Pasalnya, Anda dapat mengatasinya dengan langkah mudah yaitu scan for hardware changes. Tujuan dari cara ini adalah memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan dan butuh scanning. 

Untuk melakukan cara ini cukup mudah dan tidak perlu dilakukan oleh profesional. Sebab, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan membuka device manager Windows + X pada keyboard laptop. Setelah itu klik menu device manager dan pilih sound. Jika headset gagal terdeteksi, maka pilihlah opsi scan for hardware changes. 

3. Update Driver Software



Selain menggunakan scan for hardware changes, masih ada cara berikutnya yang bisa membantu Anda jika headset tidak terdeteksi di laptop. Salah satu caranya yaitu melakukan pembaruan pada driver software. Mungkin saja headset yang Anda gunakan tidak berfungsi di laptop karena pengguna belum memperbarui sistem atau software yang dimiliki. 

Anda hanya perlu membuka menu Device Manager seperti cara berikutnya. Kemudian, pilihlah menu sound, video and game controllers dan pilih adapter soundcard. Langkah berikutnya, Anda bisa langsung klik kanan untuk memperbarui software. Pada langkah ini, jangan lupa menyambungkan internet agar dapat terproses. Jika sudah, restart laptop agar kembali normal. 

4. Mengubah Sample Rate dan juga Bit Depth

Tak berhenti sampai di situ saja, ada cara lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu mengubah sample rate dan bit depth. Klik kanan pada simbol sound yang ada di desktop untuk melanjutkan cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Kemudian, pilihlah Playback devices dan pilih bagian speaker atau headphones. Selanjutnya, klik advanced dan ubah sample rate & bit depth sesuai kebutuhan. 

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui untuk mengatasi headset yang bermasalah. Jika hal tersebut terjadi, maka jangan buru buru datang ke tempat service atau membeli perangkat baru. Cobalah langkah langkah yang ada di atas untuk mengatasinya. Dengan begitu, headset bisa digunakan kembali tanpa perlu memperbaikinya pada profesional.