Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Poin Penting Perbedaan AMD dan Intel pada Sistem Komputer

Berbicara mengenai sistem komputer, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama AMD dan Intel. Keduanya merupakan merek prosesor komputer yang paling terkenal, dan penggunaannya begitu besar di masyarakat. Jadi sebelum membeli laptop atau PC, sebaiknya anda mengetahui perbedaan AMD dan Intel ini terlebih dahulu.

Mengenal Perbedaan antara AMD dan Intel

1. Kekuatan Brand



Apabila dianalisis dari kekuatan brand masing masing, anda bisa melihat perbedaan antara AMD dan Intel. Brand Intel sendiri sejatinya merupakan pemain lama dalam menciptakan sebuah prosesor komputer. Tidak heran jika namanya telah dikenal lebih dulu di telinga masyarakat ketimbang AMD.

Bahkan Intel di zaman sekarang ini tidak hanya dikenal sebagai produsen prosesor komputer semata. Sebab perusahaan ini telah merambah pada berbagai perangkat lain, contohnya seperti smartphone serta smartwatch. Meski AMD pun telah memiliki pangsa pasar yang begitu besar, namun kehadiran Intel yang lebih dulu membuat kekuatan brandnya menjadi lebih unggul.

2. Kecepatan

Perbedaan AMD dan Intel juga bisa dilihat dari kecepatannya. Ini penting untuk diketahui, lantaran para pengguna laptop atau PC pasti merasa kesal apabila perangkat elektronik tersebut berjalan lambat, terlebih jika tengah dibutuhkan dalam waktu cepat. Atau ketika anda sedang menggunakannya bermain game, namun tiba tiba performa laptop menurun.

Kecepatan dari suatu perangkat komputer sendiri memang sangat dipengaruhi oleh prosesornya. Karena bagian ini adalah otak dari komputer yang berkaitan secara langsung dengan fungsi perangkat. Dalam hal ini, sebuah uji benchmark membuktikan bahwa Intel dapat menjalankan beberapa program lebih cepat dibandingkan AMD. Kendati demikian, AMD tidak kalah telak.

3. Perlindungan dari Virus



Virus atau malware sangat mungkin untuk menyerang sistem komputer, yang berisiko membuat piranti rusak dan menghilangkan berbagai data penting yang anda miliki. Oleh karena itu, anda sebaiknya jangan hanya memikirkan kinerja laptop semata, karena mempertimbangkan bagaimana suatu prosesor menangani virus juga menjadi poin penting.

Meski kinerjanya cepat dan mumpuni namun tidak bisa menangani virus, tentu akan menjadi masalah nantinya. Perbedaan AMD dan Intel bisa dilihat di sini, dimana proses AMD disebut telah dilengkapi teknologi terbaru, yang bisa mendeteksi sebelum virus sempat menginfeksi perangkat. Sementara Intel dinilai belum bisa melampaui teknologi yang dimiliki oleh AMD tersebut. 

4. Harga

Harga perangkat laptop atau PC yang dibekali oleh masing masing prosesor tentu berbeda antara satu sama lain. Umumnya, piranti yang menggunakan prosesor Intel acap kali dibanderol jauh lebih mahal dibandingkan laptop yang mengaplikasikan prosesor AMD. Ini karena prosesor Intel dari dulu hingga sekarang selalu lebih mahal dari pesaingnya tersebut.

5. Manajemen Suhu dan Grafis Game

Banyak orang yang memanfaatkan laptop untuk aktivitas gaming. Namun tidak semua perangkat bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut dalam waktu lama. Bahkan banyak orang mengeluh perihal laptop yang terasa panas ketika digunakan untuk ngegame atau aktivitas berat lainnya.

Perbedaan AMD dan Intel bisa anda lihat berdasarkan manajemen suhu dan grafis gamenya. Dimana laptop yang mengusung prosesor Intel lebih unggul dalam mengatasi panas. Meski begitu, tampilan grafis dari AMD dinilai jauh lebih baik dan gambarnya tidak pecah. Jadi, walaupun suhu laptop meningkat namun grafis yang ditampilkan tetap jernih dan ciamik.

Dari beberapa poin di atas, terlihat bahwa masing masing prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi untuk mencari mana yang sebaiknya dipilih, maka anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila anda memiliki budget lebih, Intel bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan performa tinggi. Namun AMD juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk budget terbatas.