Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan HP ke TV tanpa Kabel Berdasarkan Mereknya

Di zaman digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, banyak sekali hal yang mungkin untuk terjadi, termasuk menghubungkan HP ke layar televisi di rumah. Dengan begitu, anda bisa menonton film dengan pengalaman yang jauh lebih maksimal dari berbagai platform over the top media. Lalu bagaimana cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel ? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV

1. Berdasarkan Merek TV



Masing masing merek televisi memiliki cara tersendiri untuk terhubung ke perangkat smartphone anda. Jika anda menggunakan Samsung Smart TV, caranya yaitu pertama tekan tombol Source yang ada pada remote control, lalu pilih Screen Mirroring pada layar. Selanjutnya televisi akan melakukan pemindaian perangkat dalam waktu sekitar 2 menit.

Pada jeda waktu pemindaian tersebut, aktifkan fitur Miracast pada smartphone anda agar perangkat TV bisa mengaksesnya. Dengan begitu, anda akan berhasil menghubungkan smartphone ke televisi. Sementara untuk pengguna LG Smart TV, cara penghubungan bisa anda lakukan dengan menekan tombol Home yang ada pada remote control.

Cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel berikutnya yaitu pilih opsi Network, klik Miracast lalu aktifkan. Anda juga perlu mengaktifkan fitur Miracast pada gawai ketika televisi sudah memindai. Kemudian untuk Merek Sony Smart TV, fitur ini bisa anda temukan pada tombol Input di remote control. Pilih Screen Mirroring, maka televisi akan memindai perangkat HP.

2. Berdasarkan Merek Gawai

Tidak hanya perangkat televisi yang perlu diatur agar dapat terhubung dengan smartphone. Namun anda juga harus mengatur setting di smartphone agar kedua perangkat tersebut bisa terhubung. Untuk HP Android, terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh berdasarkan merek gawai yang anda miliki masing masing.



Pertama, untuk perangkat Samsung bisa dimulai dengan masuk ke menu pengaturan dan cari Wireless and Networks. Pilih More Settings lalu klik Allshare Cast. Di bagian Connect and Share, tekan pilihan Screen Mirroring sehingga muncul nama Smart TV yang anda miliki. Tekan nama Smart TV yang muncul maka gawai anda akan terhubung pada televisi.

Kemudian untuk perangkat besutan Xiaomi, anda perlu masuk ke pengaturan dan mencari Wireless Display. Geser tombol agar berada pada posisi On, lalu lanjutkan cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel dengan cara seperti sebelumnya setelah nama Smart TV muncul pada layar.

Cara tersebut tidak jauh berbeda pada beberapa perangkat Android lainnya. Hanya saja nama yang tertera pada pengaturan mungkin tidak sama antara perangkat satu dengan lainnya, yang berbeda merek. Misalnya seperti perangkat LG Optimus yang mana pada pengaturan harus menekan menu Miracast, setelah masuk dalam menu Wireless and Network.

3. Menghubungkan dengan Kabel Data

Menghubungkan HP ke TV tanpa kabel tentu sangat praktis. Namun tidak semua perangkat smartphone memungkinkan aktivitas tersebut. Oleh karena itu, anda juga bisa mencoba menghubungkan gawai yang dimiliki menggunakan kabel data. Cara ini bahkan tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Anda bisa menggunakan dua jenis kabel, antara Micro HDMI ke HDMI maupun kabel MHL yang mempunyai sambungan berupa micro USB ke HDMI. Langkahnya yaitu matikan televisi terlebih dahulu. Masukkan kabel yang ujungnya pipih pada HP dan ujung lainnya ke port HDMI televisi. Aktifkan TV dan pindahkan dalam mode HDMI.

Setelah itu akan muncul notifikasi pada gawai anda. Konfirmasi dengan beri tanda centang pada pilihan HDMI Connection. Setelah itu, periksalah layar televisi anda, umumnya TV sudah bisa menampilkan sesuai dengan yang ada di layar HP karena sudah terhubung. Cara ini bisa anda jadikan alternatif apabila cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel tidak bisa dilakukan.

Mudah bukan menghubungkan HP ke TV dengan maupun tanpa kabel ? Zaman yang semakin modern dimana teknologi begitu canggih seperti sekarang, membuat perangkat elektronik semakin mudah untuk digunakan dalam keseharian. Dengan begitu, sekarang anda dapat menonton dengan lebih nyaman.