Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanpa Ribet, Berikut 4 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Hardisk menjadi salah satu media yang cukup berperan penting di dalam komputer untuk menyimpan file, dokumen, dan lain sebagainya. Namun selama penggunaan, tentu Anda pernah mengalami masalah hardisk yang tidak bisa dibaca. Jika hal tersebut terjadi, ada baiknya tetap tenang. Sebab ada beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca, seperti berikut ini!

Tips Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal yang Tidak Bisa Terbaca

1. Menyetel Ulang Menu Management 



Dalam penggunaan sehari hari, tentunya Anda akan menemukan beberapa kendala. Salah satunya hardisk eksternal yang tidak terbaca. Jangan panik jika hardisk tidak bisa digunakan lagi dan harus membeli yang baru. Pasalnya, masalah hardisk yang tidak bisa terbaca tersebut dapat diperbaiki secara alternatif dengan mudah. 

Caranya dengan setting di disk management yang ada di hardisk eksternal yang Anda miliki. Aturlah ulang Disk Management untuk melakukan perbaikan. Sebagian orang terkadang hanya melihat hardisk yang connect dan terbaca pada komputer hanya lewat drive. Padahal jika tidak terbaca, bisa jadi drivernya yang bermasalah. Sehingga hanya terlihat Disk Management. 

Untuk melakukan cara alternatif ini, ada beberapa step yang harus Anda lakukan. Cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca pertama yaitu ketikkan Disk Management dan membukanya. Jika sudah, klik kanan drive hardisk eksternal yang sudah terhubung dan klik delete volume. Langkah tersebut dilanjutkan dengan klik kanan drive hasil format dan klik New Simple Volume. 

2. Re-install Driver Hardisk 

Ketika hardisk Anda tersambung, Windows akan melakukan pengecekan dan kemudian melakukan install driver. Apabila hal tersebut tidak terjadi, maka bisa dipastikan jika hardisk Anda tidak terdeteksi. Bagi beberapa PC masalah tersebut bisa saja terjadi, namun Anda bisa mengatasinya dengan langkah mudah dan tanpa ribet.

Seperti sebelumnya, Anda harus menuju kolom search pada Windows. Kemudian, ketikkan Device Manager dan bukalah menu tersebut. Carilah driver dengan judul USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device. Cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca berikutnya yaitu klik kanan dan menekan tombol Update Driver Software. Selanjutnya, klik next dan install hingga prosesnya selesai. 

3. Pindah USB Port 



Di setiap perangkat laptop atau komputer tentunya tersedia lebih dari satu port USB. Perlu diketahui, setiap port USB tersebut terkadang memiliki kualitas penghantaran daya yang cukup berbeda. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan hardisk dapat tersambung dengan port secara tepat. Jika perlu, pindah portnya sampai terbaca pada PC atau Laptop yang Anda miliki. 

4. Nonaktifkan Penggunaan USB Selective 

Pada laptop atau PC terdapat fitur yang berfungsi untuk mengatur input daya dalam keadaan rendah apabila sedang tidak digunakan. Fitur tersebut dikenal dengan nama USB Selective.  Bisa jadi bug dari fitur USB Selective yang membuat pengantaran daya hardisk eksternal yang Anda miliki tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca, Anda bisa mencari menu Power Plan dan melakukan beberapa penyetelan. Namun sebelumnya, klik dulu Advanced Power Settings dan memilih USB Settings. Setelah itu, Anda juga dapat memilih lagi menu USB Selective untuk mengubah pengaturan menjadi Disabled. Jangan lupa restart laptop atau komputer sebagai langkah akhirnya. 

Mendapati kendala ketika menggunakan harddisk tidak perlu dihadapi dengan sikap yang panik. Jangan sampai beranggapan jika hardisk rusak dan harus segera diganti. Padahal banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa menggunakan cara cara alternatif, seperti menonaktifkan selective USB, re-install Driver Hardisk, setting disk management, dan lain sebagainya.