Cara Mengatasi WhatsApp iPhone Error Setelah Update Aplikasi

Cara Mengatasi WhatsApp iPhone Error Setelah Update Aplikasi

WhatsApp iPhone Errorr Setelah Update – Pernah gak sih kamu mendapati WhatsApp di HP iPhone error setelah diupdate aplikasinya? Kamu tak perlu khawatirkan masalah tersebut, sebab kali ini kami akan membagikan informasi seputar cara mengatasinya. Simak langkahnya di sini!

Pada dasarnya ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak dapat bekerja dengan optimal, beberapa diantaranya seperti berikut.

Penyebab WhatsApp di HP iPhone Error Setelah Update Aplikasi

HP iPhone Sudah Tidak Support

Pertama adalah karena HP iPhone yang kamu miliki tidak support dengan aplikasi chatting gratis terbaik satu ini. Seperti yang kita tahu bersama, tiap HP pastinya akan selalu mengalami pembaruan. Saat ini, spek untuk menggunakan WhatsApp minimal, yaitu iOS 14.  Apabila aplikasi tidak bisa dibuka atau error, pastikan HP iPhonemu sudah support dengan aplikasi ini untuk versi terbarunya.

Internet Lelet atau Lemot

Jika WhatsApp tiba – tiba tidak bisa digunakan untuk mengirim gambar, mungkin salah satu penyebabnya adalah masalah pada koneksi internet kamu yang lelet atau lemot. Lah terus apa hubungannya dengan aplikasi error?? Bisa saja pada saat ngirim gambar misalnya, tidak selesai-selesai karena internet lemot yang pada akhirnya aplikasi menjadi crash dan error.

Internet Tidak Stabil

Penyebab lain kenapa WhatsApp di HP iPhone error adalah karena jaringan internet yang tidak stabil. Kecepatan saja tentu tidaklah cukup, proses mengirim file besar misalnya akan mengalami kegagalan jika koneksimu tidak stabil. Internet yang tidak stabil ini biasanya terjadi ketika kamu sedang dalam perjalanan.

Salah Mengatur Tanggal dan Waktu

Salah dalam mengatur tanggal dan waktu di HP iPhone juga menjadi penyebab WhatsApp error. Oleh karenanya kamu harus mengatur tanggal dan waktu sesuai dengan saat ini. Apabila tanggal dan waktu di HP berbeda dengan saat ini, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan saat berkirim pesan di aplikasi WhatsApp.

Cache Menumpuk

Alasan lain kenapa WhatsApp error setelah diupdate aplikasinya adalah karena ada banyak cache yang tersimpan. Banyaknya cache pada aplikasi ini membuat aplikasi tersebut menjadi berat dan tidak bisa dibuka, atau pun dioperasikan seperti biasanya.

Cara Mengatasi WhatsApp iPhone Error Setelah Update Aplikasi

Cek Koneksi Internet

Sebagai langkah pertama cara mengatasi WhatsApp iPhone error setelah update aplikasi adalah dengan mengecek koneksi internet kamu terlebih dulu. Beberapa provider memberikan pakt kecepatan upload pada koneksi internet lebih lambat dibanding kecepatan download.

notifikasi whatsapp tidak muncul di iphone

Oleh sebab itu proses upload gambar ke WhatsApp bisa saja terganggu ketika koneksi internetmu terganggu.  Biasanya, kecepatan upload lebih lambat 50 – 60% dari kecepatan download. Artinya, apabila kecepatan internet kamu hanya 1 Mbps, maka kecepatan uploadnya sekitar 0.50 Mbps.

Orang bisa mengirimkan gambar atau file apapun ke WhatsApp kamu, tapi kamu sendiri tidak bisa melakukan hal tersebut.   Solusinya, kamu harus pindah ke tempat lain atau mematikan dan menghidupkan kembali jaringan internet untuk mengecek koneksinya. Cara lain, yakni dengan mengunjungi situs fast.com atau speedtest.net untuk mengetahui kecepatan internet di iPhone kamu.  Pada dasarnya tidak ada ketentuan pasti minimal kecepatan upload agar gambar atau file besarmu bisa diunggah ke WhatsApp. Tapi, disarankan minimal 0.75 Mbps.

Menghapus Cache Aplikasi WhatsApp

Adapun cara laimnya adalah dengan menghapus cache yang tersimpan di aplikasi WhatsApp. Caranya mudah sekali, yakni :

  • Silakan menuju ke menu Settings atau Pengaturan di iPhone.
  • Pilih Aplikasi.
  • Pilih WhatsApp.
  • Terakhir, pilih opsi Hapus Cache.

Menghapus Data Aplikasi WhatsApp

Tidak hanya menghapus cache yang tersimpan di dalam aplikasi WhatsApp, kamu juga perlu menghapus data yang ada di dalam aplikasi tersebut. Caranya hampir sama dengan cara hapus cache, namun yang dipilih adalah Hapus Data.

Perlu kamu tahu dan ingat juga, bahwa cara hapus data ini akan hilangkan semua data mulai dari chat, media dan kontak WhatsApp. Oleh karenanya, kamu harus membackup terlebih dulu untuk melindungi data pentingmu.

Merestart HP iPhone

Kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka setelah diupdate aplikasinya? Jika masalahnya datang karena ada banyak sistem memori yang berjalan. Untuk mengatasinya adalah dengan mencoba merestart HP iPhone kamu. Ketika dinyalakan kembali, WhatsApp kamu pastinya akan bisa dibuka dan dioperasikan seperti semula.

Download Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp iPhone error setelah update aplikasi berikutnya, yakni dengan dowload ulang aplikasi. Ya, apabila kamu sudah menjalankan solusi yang kami bagikan di atas, tapi masih saja error, maka solusinya adalah dengan menghapus aplikasi tersebut dari HP iPhone, kemudian mendownload dan menginstallnya kembali.

Jangan Mengirim Banyak Gambar atau File Besar

Kadang kalanya kamu harus mengirimkan banyak gambar dan file berukuran besar sekaligus. Hal ini pastinya akan menyebabkan proses semakin melambat. Apalagi jika kecepatan upload ternyata memang lambat, tentu saja gambar atau file yang kamu kirimkan akan gagal.  Cara mengatasinya adalah dengan mengirimkan beberapa gambar atau file. Memang agak lama, tapi hal tersebut jauh lebih baik daripada banyak file yang dikirimkan dan ternyata gagal terkirim.

Cek Pengaturan Tanggal dan Waktu di HP iPhone

Apabila pengaturan ini salah, maka bukan hanya membuat kamu gagal mengirimkan gambar atau file, tetapi bisa saja hal tersebut membuat WhatsApp dan beberapa aplikasi lain error.

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  • Buka pilihan Tanggal dan Waktu.
  • Pilih opsi Zona Waktu Otomatis.
  • Centang pada opsi Zona Waktu Otomatis, dengan begitu tanggal dan waktu di HP iPhone kamu akan terupdate secara otomatis.

Demikian informasi seputar cara mengatasi WhatsAp iPhone error setelah update aplikasi. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *