Tuliskan kata subjektivitas yang sering digunakan dalam proposal

Pertanyaan: Tuliskan kata subjektivitas yang sering digunakan dalam proposal!

Jawaban:

Kata subjektivitas yang sering digunakan dalam proposal adalah penilaian/asumsi pribadi dan praduga secara personal/kelompok.

Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya.

Proposal adalah laporan rencana tertulis tentang kegiatan atau penelitian yang akan direalisasikan.

Kata subjektivitas merupakan kata yang bersifat subjektif atau penafsiran berdasarkan perasaan, penilaian, atau pendapat pribadi. Dalam proposal, subjektivitas sering ditemukan di bagian tujuan pada proposal kegiatan dan bagian hipotesis pada proposal penelitian. Keberadaan fakta dalam bagian tersebut belum mendukung tujuan tersebut karena masih berbentuk pendapat atau penilaian pribadi/kelompok.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kata subjektivitas yang sering digunakan dalam proposal adalah penilaian/asumsi pribadi dan praduga secara personal/kelompok, contohnya: “Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan memperingati HUT RI Ke-64 Tahun adalah mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan dan memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan global.” Hal tersebut karena kalimat tersebut mengandung penilaian/asumsi pribadi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Dengan demikian, kata subjektivitas yang sering digunakan dalam proposal adalah penilaian/asumsi pribadi dan praduga secara personal/kelompok.

Sumber: roboguru.ruangguru.com