Apakah yang di maksud artikel redaksi ?

Pertanyaan: apakah yang di maksud artikel redaksi ?

Jawaban:

Artikel redaksi atau disebut juga dengan teks editorial merupakan teks argumentasi yang membahas suatu isu atau permasalahan dengan memenuhi beberapa ciri, yaitu menyampaikan informasi berdasarkan aktual dan faktual, memiliki sifat sistematis dan logis, memiliki tiga struktur pembangun, yaitu tesis, argumentasi, dan penegasan ulang, membahas isu atau permasalahan dengan menambahkan argumentasi, dan ditulis oleh redaksi suatu media massa.

Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya.

Artikel redaksi atau teks editorial merupakan teks argumentasi yang disampaikan oleh redaksi dengan membahas suatu isu atau permasalahan, seperti politik, sosial, atau ekonomi. Teks ini biasanya sering ditemukan di media massa.

Teks editorial memiliki beberapa ciri antara lain:

1) menyampaikan informasi berdasarkan aktual dan faktual,

2) memiliki sifat sistematis dan logis,

3) memiliki tiga struktur pembangun, yaitu tesis, argumentasi, dan penegasan ulang,

4) membahas isu atau permasalahan dengan menambahkan argumentasi, dan

5) ditulis oleh redaksi suatu media massa.

Teks editorial memiliki tiga struktur pembangun, yaitu pernyataan umum (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang.

  1. Pernyataan umum atau tesis merupakan bagian awal yang berisi pandangan penulis tentang isu/permasalahan yang akan dibahas.
  2. Argumentasi merupakan bagian isi yang menguatkan bagian tesis dengan argumentasi dengan pernyataan umum, data hasil penelitian/pengamatan, pernyataan para ahli, atau fakta-fakta yang mendukung.
  3. Penegasan ulang merupakan bagian akhir yang berisi penguatan kembali pada tesis dengan diikuti fakta-fakta yang dijelaskan pada bagian argumentasi.

Dengan demikian, artikel redaksi atau disebut juga dengan teks editorial merupakan teks argumentasi yang membahas suatu isu atau permasalahan dengan memenuhi beberapa ciri, yaitu menyampaikan informasi berdasarkan aktual dan faktual, memiliki sifat sistematis dan logis, memiliki tiga struktur pembangun, yaitu tesis, argumentasi, dan penegasan ulang, membahas isu atau permasalahan dengan menambahkan argumentasi, dan ditulis oleh redaksi suatu media massa.

👉 TRENDING:  Apa itu pantun ? Penjelasan Lengkapnya

Sumber: roboguru.ruangguru.com