Investasi Moderat Adalah yang Paling Aman?

Seperti yang diketahui, investasi moderat adalah salah satu jenis profil risiko investasi yang akan kita ulas kali ini. Memahami jenis profil risiko merupakan kunci utama dalam berinvestasi dengan nyaman. Khususnya, bagi seorang pemula.

Profil risiko sendiri adalah seberapa besar seseorang dapat mentoleransi risiko investasi yang dihadapi. Ada yang berani mengambil risiko tinggi, sedang atau rendah.

Tergantung kondisi finansial dan psikologis investor. Lalu apa itu investasi moderat? Berikut penjelasan NendaTekno

Investasi Moderat Adalah

Moderat adalah kata yang digunakan untuk mengidentifikasi kecenderungan bermain di jalur aman. Dengan kata lain, moderat artinya menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem baik dalam tindakan maupun opini.

Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai berkecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah. Sehingga dapat disimpulkan, jika risiko moderat adalah tipe investor yang memilih profil risiko sedang.

Biasanya investor moderat tidak fokus pada keuntungan yang diperoleh dari faktor luck atau keberuntungan, tapi cenderung fokus belajar menjadi investor profesional dan membuat keputusan berdasarkan analisis yang akurat.

Nah, bagi Anda yang merasa memiliki profil moderat, Anda dapat memilih instrumen seperti reksadana campuran dan saham-saham blue chip. Dalam hal pendanaan, investasi moderat adalah salah satu kecenderungan perilaku dari banyak investor.

Gambaran sikap dan kecenderungan seorang investor ini kemudian disebut dengan istilah profil risiko.

Apa Itu Profil Risiko? 

Investasi berdasarkan risiko menjadi dasar dari banyak portofolio investasi seseorang. Profil risiko seseorang menggambarkan tingkat toleransinya terhadap risiko, atau sejauh mana ia dapat menanggung risiko.

Profil risiko ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, lingkungan, dan pemahaman mengenai investasi. Secara umum, terdapat tiga jenis investasi berdasarkan profil risikonya, yaitu:

1. Konservatif

Profil ini merupakan sebutan bagi investor yang menghindari risiko tinggi. Pada investor tipe ini mempunyai ciri khas menginginkan investasi yang aman dan tingkat pengembalian cenderung stabil serta sangat takut mengurangi pokok investasi.

Umumnya, mereka yang masuk dalam kategori konservatif adalah seorang investor pemula yang baru saja tertarik untuk berinvestasi.

2. Moderat

Seperti yang sudah dijelaskan, investasi moderat adalah tipe investor dengan profil risiko sedang.

Profil ini pas bagi Anda yang masih dapat mentoleransi sebagian risiko penurunan nilai investasi, tapi pada saat yang sama tidak ingin mendapat sedikit keuangan.

3. Agresif

Tipe-tipe investasi berikutnya adalah investor agresif yang memiliki prinsip high risk high gain. Tipe ini cenderung mencari imbal hasil yang tinggi, atau tipe yang berani untuk mengambil risiko investasi yang tinggi.

Tipe investor agresif ini juga sering dikatakan sebagai tipe investor yang sudah terbiasa terhadap berita fluktuasi harga pasar modal, bahkan terhadap fluktuasi yang tergolong ekstrim.

Profil risiko ini cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan nilai investasi jangka panjang.

4. Sleeping Investor

Sleeping investor adalah investor yang mendapat keuangan besar tanpa harus melakukan banyak hal. Istilah satu ini mulai terkenal di dunia investasi terutama aset saham.

Adapun arti sleeping investor adalah seseorang yang mendiamkan aset investasinya dalam jangka waktu yang panjang dengan harapan akan mendapatkan keuangan atas sejumlah modal yang telah dikeluarkan.

Nah, pastinya Anda sudah paham bahwa investasi moderat adalah salah satu dari jenis profil risiko yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang investor. Ingat, semakin baik mengenal diri sendiri, keputusan yang diambil pun akan semakin tepat.