6 Perbedaan Investasi dan Menabung

Investasi dan menabung merupakan dua hal yang dimana pada dasarnya sama-sama menyisihkan sebagian uang yang digunakan demi masa mendatang.

Walaupun sebagian orang menganggapnya sama, namun ternyata terdapat perbedaan investasi dan menabung.

Penasaran dengan apa perbedaan investasi dan menabung? Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut terkait apa saja yang membuat investasi dan menabung merupakan dua hal yang berbeda.

Yuk cek penjelasan menabung dan investasi di bawah ini hingga habis!

Perbedaan Investasi dengan Menabung

Menabung dan investasi memiliki kesamaan dilihat dari tujuannya untuk masa mendatang. Adapun persamaan menabung dan investasi ialah digunakan untuk menyiapkan dana guna keperluan di masa mendatang.

Walaupun sama-sama bertujuan agar bisa menyimpan dana yang menguntungkan di masa mendatang, namun ternyata terdapat perbedaan investasi dan tabungan.

Hal ini berkaitan dengan cara investasi dan cara menabung yang berbeda. Selain itu, terdapat beberapa perbedaan lain seperti yang bisa Anda simak melalui penjelasan berikut.

1. Tingkat Keuntungan

Perbedaan investasi dan menabung yang pertama terletak dari keuntungan dimana apabila menabung, nilai Anda cenderung stabil dan hanya memiliki keuntungan yang sangat sedikit.

Namun, apabila Anda melakukan investasi Anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

Keuntungan investasi bisa saja tiba-tiba naik nilainya berkali-kali lipat. Dalam hal ini, dana simpanan Anda jumlahnya akan meningkat yang tentu saja tak mungkin Anda dapatkan ketika menabung.

2. Tingkat Risiko

Selain dilihat dari tingkat keuntungan, perbedaan investasi dan menabung juga bisa dilihat dari tingkat risiko keduanya. Investasi memiliki kemungkinan keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung, namun juga memiliki risiko yang lebih tinggi juga.

Ketika Anda menabung maka uang Anda aman karena tidak akan berkurang, kecuali adanya biaya administrasi.

Namun, ketika Anda berinvestasi Anda juga harus siap mental karena skenario terburuknya dana yang diinvestasikan akan menghilang seperti halnya investasi saham.

Investasi memang memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi, bahkan tak semua investasi telah dijamin oleh LPS.

Biasanya investasi yang menawarkan sukuk bunga tinggi melebihi yang telah ditetapkan oleh LPS, belum terjamin keamananya sehingga sangat berisiko.

3. Kemudahan Akses

Perbedaan lainnya terletak di kemudahan akses dimana pada tabungan Anda bisa menggunakan dana tabungan Anda kapan saja sesuai kebutuhan Anda.

Sementara ketika Anda berinvestasi maka terdapat jangka waktu atau periode tertentu hingga dana Anda bisa dicairkan kembali.

4. Sumber Keuntungan

Investasi dan menabung keduanya sama-sama bisa menguntungkan di masa mendatang. Akan tetapi, ternyata sumber keuntungan di antara keduanya berbeda.

Keuntungan yang Anda dapatkan ketika menabung diperoleh dari bunga. Sementara investasi, keuntungan diperoleh dari nilai aset.

5. Jenis Instrumen

Investasi dan tabungan juga mempunyai jenis instrument investasi yang berbeda. Jenis instrument dalam investasi bisa berupa properti, emas, reksadana, saham, obligasi dan sebagainya.

Sementara untuk tabungan dapat berupa tabungan pada bank konvensional, tabungan pelajar, tabungan berjangka, tabungan pensiun, tabungan online, maupun tabungan giro.

6. Waktu Pencairan

Perbedaan selanjutnya dilihat dari waktu pencarian dimana investasi dengan menabung mempunyai perbedaan terkait waktu pencairan. Investasi secara umum mempunyai jangka waktu yang lebih panjang dan tak ditentukan.

Sementara itu, apabila Anda menabung melalui deposito maka Anda dapat menentukan jangka waktu menabung. Sedangkan tabungan biasa dana yang Anda simpan bisa diambil maupun digunakan sewaktu-waktu.

Nah, itu dia perbedaan investasi dan menabung yang telah dirangkum dalam artikel ini. Yuk kita sama-sama mulai menabung dan investasi demi masa depan yang lebih menguntungkan.