Cara Investasi di Bitcoin dengan Langkah Mudah

Bitcoin merupakan salah satu investasi yang saat ini sedang digemari masyarakat. Cara investasi di bitcoin saat ini juga mudah.

Bitcoin dapat digunakan untuk alat pembayaran berbagai, pembelian jasa game dan aksesorisnya, serta batang untuk digunakan.

Cara Investasi di Bitcoin untuk Pemula

Aset kripto ini telah disetujui sebagai instrument investasi yang sah di Indonesia oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti).

Tetapi, bitcoin belum bisa menjadi alat pembayaran di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik, berikut cara investasi di bitcoin:

1. Daftar dan Buka Akun di Exchange

Cara investasi di bitcoin yang pertama dan utama adalah dengan membuka akun di exchange.

Bitcoin exchange atau bursa Bitcoin ini merupakan sebutan untuk perusahaan penyedia tempat khusus bagi investor untuk menukarkan Bitcoin dengan mata uang fiat (dolar, rupiah, dll).

Pendaftaran akun Bitcoin exchange ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun website. Aplikasi Bitcoin untuk pemula dapat Anda unduh di google Play Store atau App Store.

Sebagai informasi, Bitcoin tidak memiliki perusahaan resmi yang kbusus menjual aset kripto.

Penyebabnya adalah karena Bitcoin merupakan teknologi sumber terbuka. Namun, ada beberapa pertukaran (investasi cryptocurrency) berbeda yang memfasilitasi transaksi Bitcoin.

2. Mendapatkan Verifikasi KYC (Know Your Customer)

Setelah berhasil membuka akun di exchange, agar bisa segera bertransaksi, Anda harus mendapatkan verifikasi KYC.

Verifikasi ini digunakan untuk melindungi peserta di exchange dan memastikan kebijakan AML (anti money laundering) berjalan dengan semestinya.

Pada umumnya, proses vesifikasi KYC ini terdiri dari:

  • Mengunggah foto KTP asli dengan jelas
  • Mengisi data pribadi
  • Mengunggah selfie tanpa atribut wajah, misalnya topi atau kacamata.

Data yang Anda masukkan tersebut akan diproses dalam jangka waktu 1 hari jam kerja. Pastikan semua data tersebut benar.

3. Melakukan Deposit

Langkah investasi Bitcoin untuk pemula selainjugnya adalah dengan melakukan deposit rupiah ke rekening yang telah ditentukan.

Pada umumnya, setoran minimum exchange berada pada kisaran Rp 30.000 hingga 50.000. tetapi, beberapa exchange ada yang meminta minimum deposit dengan harga yang lebih tinggi.

Cara deposit tersebut antara lain melalui transfer bank (rekening dan virtual account), e-wallet, PPOB, kartu kredit, atau kartu debit).

Selain itu, deposit juga bisa dilakukan dalam bentuk koin, baik Bitcoin, Ethereum, ataupun jenis lainnya. Daftar koin yang diterima sebagai deposit pada exchange tempat membuka akun tersebut akan tertera di sana.

Selanjutnya, exchange akan mengeluarkan ‘alamat’ wallet untuk mengirimkan koin dari exchange lain.

4. Menentukan Pair Aset Kripto

Pilih pair atau pasangan yang ingin di-tranding-kan sebelum Anda memulai transaksi. Pair paling populer dalam investasi ini adalah Bitcoin terhadap rupiah.

Pair ini hampir sama dengan membeli valas, US dolar to IDR, dan berpatokan pada harga rupiah dalam 1 dolar.

5. Mulai Melakukan Transaksi Beli-Jual

Setelah menentukan pait yang ingin Anda perjual-belikan. Anda bisa membuat orderannya dengan memasukkan harga dan jumlah Bitcoin yang ingin dibeli. Lalu, akan muncul jumlah rupiah yang dibutuhkan. Kemudian, pilih jenis order, taker atau maker.

Jika Anda memilih taker, maka order akan langsung digunakan saat itu juga sesuai dengan harga pasaran. Jumlah kepemilikan bitcoin ini akan segera diperbaharui dan jumlah deposit rupiah akan berkurang sesuai dengan jumlah pembelian.

Jika Anda memilih maker, maka order tidak langsung terjadi atau ditunda hingga match di harga yang diinginkan. Selama belum berjadi match, maka order Anda akan menunggu di ‘order book’.

Satuan jumlah beli dan jual Bitcoin ini bisa hingga delapan digit di belakang koma, yaitu 0,00000001 BTC. Dengan demikian, Anda bisa memulai transaksi ini dengan angka yang sangat kecil.

Untuk proses penjualan Bitcoin ini tidak jauh berbeda dengan proses pembeliannya. Bedanya adalah, setelah eksekusi berhasil, deposit rupian akan bertambah dan kepemilikan Bitcoin akan berkurang.

6. Melakukan Withdraw

Untuk penarikan Bitcoin ke rupiah yaitu dengan mengajukan penarikan di aplikasi yang Anda gunakan. Pencairan ini memerlukan waktu 1×24 jam kerja.

Demikain cara investasi di bitcoin yang saat ini bisa semakin mudah dilakukan