Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Anda Wajib Tahu

Ketika laptop tidak ada suara, tentunya akan membuat sedikit panik. Sebab, banyak akibat yang timbul dari masalah tersebut. Dimana nantinya anda tidak akan bisa untuk memutar video ataupun mendengarkan musik dari laptop. Oleh karena itu, beberapa tips ini bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara.

Tips dan Trik Atasi Laptop Yang Tidak Bersuara



1. Menjalankan Troubleshoot Pada Audio

Jika anda mengalami hal satu ini, tentunya jangan terburu buru untuk panik. Salah satu solusi yang paling cepat untuk mengatasi masalah pada sistem Windows di laptop adalah dengan menjalankan troubleshoot. Hal ini berlaku pula apabila suara pada laptop tidak muncul atau tiba tiba menghilang.

Caranya adalah dengan membuka menu setting terlebih dahulu. Kemudian, anda bisa masuk ke menu System. Selanjutnya anda bisa memilih Sounds dan klik tombol Troubleshoot. Nantinya anda akan menunggu selama beberapa saat. Pilihlah speaker yang akan anda perbaiki. Disini, anda bisa menunggu hingga Windows selesai melakukan perbaikan.

2. Memastikan Speaker Tidak Disable

Untuk mengatasi laptop tidak ada suara, anda juga perlu mengecek dan memastikan bahwa speaker tidak mengalami disable. Anda pun bisa mengeceknya melalui pengaturan. Pilihlah bagian hardware and sound, lalu pilih Sound. Selanjutnya, pilihlah pengaturan yakni Disable Speaker.

Apabila anda mengaktifkannya, hal ini pun akan membuat speaker tidak akan mengeluarkan suara. Untuk mengembalikan masalah tersebut, maka anda hanya perlu klik kanan pada menu atau ikon speaker. Kemudian, klik menu Show Disable Device. Ada bisa klik Enable pada speaker yang terdisable. Dengan cara tersebut, laptop anda pun akan bersuara kembali.

3. Melakukan Instal Ulang Driver Audio Bawaan Windows



Cara ini ditujukan bagi anda yang menggunakan laptop namun tidak mempunyai perangkat driver audio bawaan. Pertama hal yang harus anda lakukan adalah klik Start dan masuk ke bagian menu Device Manager. Setelah itu, anda bisa membuka kategori Sounds, Video dan Game Controllers.

Untuk mengatasi laptop tidak ada suara, anda bisa melanjutkan dengan klik kanan pada audio yang terinstall. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan update pada driver software. Disini, anda hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk yang tersedia untuk melakukan penginstalan.

Apabila cara tersebut masih belum bisa, bukalah Device Manager. Kemudian, masih pada sub kategori audio, pilihlah audio yang telah diinstal tersebut. Lalu, klik kanan dan pilihlah uninstall. Selanjutnya, anda bisa mengikuti petunjuk uninstall hingga selesai. Restart laptop tersebut, nantinya Windows Pun akan melakukan install ulang secara otomatis.

4. Tes Suara Laptop Dengan Speaker Eksternal

Cara satu ini bisa menjadi langkah langkah terakhir yang bisa anda coba apabila speaker masih belum mengeluarkan suara. Ketika anda menggunakan speaker eksternal ini akan bertujuan untuk mengetahui apakah error tersebut berasal dari komponennya atau bukan. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu alternatif agar laptop bisa mengeluarkan suara kembali.

Dengan menggunakan cara ini, laptop tidak ada suara akan dapat dengan mudah untuk mengeluarkan suaranya kembali. Anda hanya perlu untuk membeli speaker yang ada di pasaran. Untuk tahap pengetesan ini, anda bisa membeli speaker dengan harga murah yang tersedia di toko online maupun offline.

Memiliki laptop yang bermasalah pada bagian suara tentunya akan menjadi salah satu hal yang tidak nyaman. Hal ini dikarenakan anda tidak bisa mendengarkan musik, menonton video dan juga lain sebagainya. Oleh karena itu, apabila anda telah mendeteksi adanya gangguan pada laptop anda, segeralah untuk memperbaikinya.