Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Yang Wajib Diketahui

Mengenal suatu produk elektronik sepertinya sudah menjadi suatu hal yang tidak bisa dihindari lagi. Terutama pada produk seperti laptop dan komputer. Informasi ROM, RAM, processor, VGA, model, hingga driver lainnya pun akan menjadi penentu performa. Di sinilah Anda harus paham dengan cara melihat spesifikasi laptop yang sebenarnya tidak rumit. Berikut ulasannya. 

Deretan Cara Untuk Cek Spesifikasi Laptop 



1. Melalui Dxdiag 

Cara yang satu ini mungkin menjadi opsi yang paling banyak dikenal. Selain mudah untuk dilakukan, informasi yang diberikan pun cenderung lebih lengkap. Anda bisa melihat seluruh informasi mengenai nilai RAM, adaptor, hingga peranti grafis yang terpasang. Dengan demikian, performa dari laptop pun bisa Anda kenali dengan lebih baik. 

Untuk mencoba cara ini, yang perlu dilakukan adalah klik tombol windows+R secara bersamaan. Command ini akan membuka Run, yang kemudian bisa Anda ketikan dxdiag pada kolom open. Kemudian klik Ok dan tunggu hingga jendela DXdiag terbuka. Anda pun dapat melihat berbagai informasi seperti System, display, sound, dan input. 

2. Cek Dari My Computer 

Jika Anda mencari cara melihat spesifikasi laptop yang lebih mudah dan cepat, maka bisa cek dari informasi yang tertulis di My Computer. Hal yang perlu dilakukan adalah membuka Windows explorer dengan menekan tombol windows+E. Atau Anda bisa klik ikon My Document atau my Computer yang umumnya hadir di desktop atau taskbar. 

Jika sudah masuk ke dalam Windows Explorer, navigasikan kursor untuk klik kanan folder My computer. Di dalam windows 10, folder ini dituliskan sebagai This PC. Setelah klik kanan, pilih properties. Nantinya akan muncul jendela baru yang menjelaskan segala informasi mengenai prosesor, RAM, sistem, hingga informasi windows yang digunakan. 

3. Membuka Setting 



Pengguna windows 10, juga bisa mendapatkan informasi spesifikasi melalui jendela setting atau pengaturan. Anda dapat membuka jendela ini dengan klik icon pengaturan atau setting yang digambarkan dengan bentuk roda gear. Di dalam jendela pengaturan, pilih opsi system untuk cara melihat spesifikasi laptop yang lebih lengkap. 

Dari jendela system, pilih opsi About agar informasi mengenai komputer akan terjabarkan jauh lebih detail. Spesifikasi yang muncul pun akan terpaparkan sangat jelas mulai dari nama laptop, besaran RAM, jumlah ruang penyimpanan atau ROM, hingga versi windows dan sistem keamanan lainnya. 

4. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Untuk informasi mendetail, CPU-Z memiliki fitur deteksi yang cukup baik. Anda pun bisa mengunduh dan memasang aplikasi ini secara gratis. Setelah aplikasi terpasang, buka dan secara otomatis data perangkat pun akan terjabarkan. Info yang diberikan pun sangat mendetail, mulai dari nama processor, core speed, mainboard, dan nilai kecepatan performa laptop.

5. Menjalankan Command Prompt

Selain aplikasi, cara melihat spesifikasi laptop secara detail pun bisa dilakukan dengan CP atau Command Prompt. Untuk metode yang satu ini, Anda bisa ketikkan command prompt pada kolom pencarian dan jalankan. Setelah terbuka, ketikkan ‘systeminfo’ (tanpa petik) dan enter. Spesifikasi tertulis dengan detail, mencakup data RAM, domain, processor, versi OS, name, hingga system local.  

Dari sekian cara yang telah dijabarkan tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. DXdiag dan My Computer adalah opsi yang paling mudah. Namun untuk informasi yang lebih detail, ada baiknya menggunakan command prompt atau aplikasi tambahan. Dengan memahami spesifikasi, maka Anda pun akan lebih paham dengan laptop.