Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masuk ke Bios Agar Instal Ulang Windows Lebih Mudah

Banyak orang belum tahu fungsi BIOS dalam perangkat PC, padahal kegunaannya cukup riskan. Apabila pengaturan perangkat lunak ini sembarangan, maka fungsi-fungsi hardware laptop ikut berantakan. Menu dasar ini sangat penting keberadaannya bagi pengguna yang ingin instal ulangs operating system Windows. Berikut ada beberapa cara masuk ke Bios dengan mudah. 

Gunakan Cara Efektif untuk Masuk Menu Bios



 1. Melalui UEFI Firmware Settings 

Sebenarnya masuk ke pengaturan Bios tidak terlalu sulit, hanya saja para pengguna masih awam. Apalagi yang tidak pernah bersentuhan dengan dunia IT, tentunya akan kebingungan. Anda bisa masuk Bios dengan mudah menggunakan UEFI Firmware Settings. Sayangnya pengaturan ini seringnya ditemukan pada PC dengan OS Windows 8 dan Windows 10. 

Pertama buka dulu menu Settings setelah itu klik sub menu Update & Security. Selanjutnya pilih Recovery, pada bagian Advanced Startup arahkan kursor ke Restart now. Lalu laptop akan melakukan restart otomatis, berikutnya keluar kotak biru dan pilih Troubleshoot. Di halaman tersebut klik opsi Advanced options, lalu UEFI Firmware Settings dan klik tombol Restart. 

2. Masuk Lewat Hotkey Keyboard



Cara masuk ke Bios berikutnya ialah menggunakan hotkey keyboard. Biasanya masing-masing merek laptop memiliki tombol hotkey yang berbeda. Seringkali yang digunakan untuk masuk pengaturan Bios adalah F2, F12, F1, Fn+F2, atau Del. Tapi tidak semua laptop demikian, seperti laptop Acer memakai CTRL+ALT+ESC lalu pada HP menggunakan ESC, F10, atau F1. 

Setelah cari tahu hotkey keyboard untuk setiap laptop, bisa langsung anda terapkan untuk masuk ke pengaturan dasar ini. Caranya hidupkan laptop dengan menekan lama tombol power, lalu tekan tombol hotkey keyboardnya secara bersamaan. Tunggu beberapa saat sampai muncul panel berwarna hitam, didalamnya memuat rumus-rumus program laptop.  

Khusus cara ini sebenarnya di beberapa laptop atau komputer sudah tidak digunakan. Cara masuk ke Bios dengan hotkey keyboard biasanya berlaku untuk versi Windows lawas. Hanya saja metode ini lumayan mudah diaplikasikan, apalagi untuk pengguna yang awam program komputer. 

3. Melalui Control Panel

Sebenarnya Control Panel tidak begitu membantu untuk masuk ke pengaturan dasar ini. Tapi anda dapat mengatur dan memonitor penggunaan hardware PC. Ada beberapa software di dalamnya yang bisa membantu dalam pengaturannya. Control Panel juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi di laptop, termasuk bila ada aplikasi yang otomatis terunduh. 

4. Masuk UEFI Lewat Command Prompt 

Unified Extensible Firmware Interface fungsinya hampir menyerupai Bios. Bahkan pada Windows 10 UEFI merupakan pengganti Bios dengan panel menu yang lebih canggih. Fungsinya sama-sama untuk mensinkronisasikan pengaturan hardware dengan sistem operasi. Cara masuk ke Bios ini juga bisa digunakan untuk mengecek kinerja tiap hardware yang terpasang. 

Pertama tutup dulu semua aplikasi yang terbuka, lalu bukalah Command Prompt. Klik kanan pada menu lalu muncul 4 opsi, kemudian pilih Run as administrator. Apabila sudah muncul konfirmasi dari User Account Control klik tombol Yes. Muncul jendela Command Prompt selanjutnya ketika perintah ‘shutdown/r/fw/t 0’, dan ikuti dengan Enter berikutnya untuk press boot dan masuk menu UEFI. 

Basic Input Output System atau BIOS merupakan sistem pengaturan dasar pada komputer atau laptop. Keberadaan Bios sangat penting untuk mengatur fungsi pada perangkat hardware. Ada beragam cara untuk masuk ke dalam software Bios, mulai dari melalui UEFI hingga menggunakan bantuan Command Prompt. Pengguna bisa melakukannya untuk cek kondisi hardware.