Dasar-Dasar Keputusan Investasi & Cara Lakukan

Dasar-dasar keputusan investasi merupakan suatu keputusan dalam meletakkan sejumlah dana pada investasi tertentu agar mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal ini mengingat bahwa sekarang investasi telah menarik banyak minat masyarakat.

Menurut Purnamasari, dkk (2009), keputusan investasi adalah keputusan yang menyangkut pengalokasian dana yang berasal dari dalam atau dana yang berasal dari luar perusahaan pada berbagai bentuk investasi.

Lantas, apa saja dasar dalam keputusan investasi?

Dasar-Dasar Keputusan Investasi

Dari sekian banyak hal-hal dasar mengenai investasi, keputusan investasi merupakan salah satu hal penting yang perlu dipahami sebelum Anda mencoba berinvestasi pada satu hal.

Proses keputusan investasi sendiri adalah penahanan hubungan antara return harapan dan risiko suatu investasi. Hubungan return risiko dan return harapan dari suatu investasi merupakan hubungan yang searah atau linier.

Berikut tutorial penjelasan lengkapnya:

1. Return

Alasan utama banyak orang berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan, lalu tingkat keuntungan investasi disebut sebagai return.

Dalam konteks manajemen investasi, terdapat dua jenis return yang harus Anda pahami, yaitu sebagai berikut:

  • Return harapan (expected return) yang mana merupakan tingkat return yang diantisipasi investor di masa depan.
  • Return aktual (realized return) yang merupakan tingkat return yang telah diperoleh investor pada masa lalu.

2. Risiko

Dasar-dasar keputusan investasi yang terakhir adalah risiko, yaitu sebuah sebutan untuk kerugian yang tengah dialami oleh investor dari berbagai faktor. Pada umumnya, risiko biasa terjadi secara tidak terduga.

Tetapi, ada hal penting yang harus selalu dipertimbangkan, yaitu berapa besar risiko keputusan investasi yang harus ditanggung dari investasi tersebut. Semakin besar tingkat resiko, maka semakin besar tingkat return harapan.

Oleh sebab itu, sebelum yakin akan sebuah keputusan, investor biasanya akan membuat pertimbangan menyeluruh yang baik dan matang terutama pada bagian dasar keputusan penanaman modalnya.

Cara Pengambilan Keputusan Investasi

Untuk mengambil keputusan ada beberapa tahapan langkah yang harus Anda lakukan. Sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik serta strategi dari melakukan kegiatan penanaman modal paling menguntungkan, antara lain:

1. Penentuan Tujuan Investasi

Dalam tahap dasar-dasar keputusan investasi ini, investor harus tahu apa tujuan mereka dalam berinvestasi. Apakah itu jangka panjang atau pendek, serta risiko tinggi dengan potensi keuntungan yang tinggi atau risiko rendah tapi dengan keuntungan yang rendah.

2. Penentuan Kebijakan Investasi

Pada tahap ini dimulai dengan melakukan penentuan indikator keputusan investasi atas alokasi aset atau disebut asset allocation decision. Penentuan kebijakan ini menyangkut pendistribusian dana yang dimiliki pada berbagai kelas aset yang ada.

3. Pemilihan Strategi Portofolio

Terdapat dua strategi portofolio, yaitu:

  • Strategi portofolio aktif, yaitu meliputi aktivitas penggunaan informasi yang tersedia dan teknik-teknik peramalan secara aktif untuk mencari kombinasi portofolio yang baik.
  • Strategi portofolio pasif, yaitu meliputi kegiatan penggunaan informasi pada portofolio yang seiring dengan kinerja indeks pasar.

4. Pemilihan Aset

Adapun tujuan keputusan investasi dalam tahap ini adalah untuk mencari kombinasi portofolio yang efisien, yaitu portofolio yang menawarkan return tertinggi dengan tingkat risiko tertentu atau juga sebaliknya.

5. Pengukuran dan Evaluasi Portofolio

Jika tahap pengukuran dan evaluasi kinerja Anda lewati dan hasilnya tidak baik, maka proses keputusan investasi harus dimulai lagi dari tahap awal, demikian seterusnya sampai tercapai keputusan investasi yang paling optimal.

Demikian dasar-dasar keputusan investasi dan cara melakukannya dari NendaTekno agar kegiatan penanaman modal Anda lebih menguntungkan. Sekian dari kami dan semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda dalam meminimalisir kerugian.