Kerugian Investasi Emas Antam, Perlu Tahu!

Anda ingin investasi emas Antam? Sebelum investasi, sudahkah Anda tahu ternyata investasi emas Antam memiliki kerugian? Jika belum, simak pembahasan berikut ini mengenai kerugian investasi emas Antam yang bisa Anda ketahui.

Antam

Anda kerap kali dengar kata Antam? Sudahkah Anda tahu apa itu Antam? Jika belum, sebelum membahas kerugian investasi emas Antam, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu mengenai pengertian Antam.

Antam atau singkatan dari PT Aneka Tambang Tbk adalah anak perusahaan BUMN pertambangan Inalum. Didirikan sejak tahun 1968, Antam mencakup kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan, hingga pemasaran sumber daya mineral.

Antam memiliki kantor pusat di Jl. Letjen TB Simatupang Nomor 1 RT 10/04 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Indonesia. Jadi, Anda bisa datang ke kantornya langsung jika ingin investasi dan sebagainya.

Emas Antam

Pernahkah Anda mendengar atau melihat emas batangan kecil? Biasanya, emas batangan kecil itu berasal dari Antam. Meski begitu, sudahkah Anda mengetahui apa itu emas Antam?

Emas Antam adalah emas batangan yang diproduksi oleh Antam (PT Antam Tbk) yang memang memiliki ciri-ciri sulit dipalsukan. Tak heran, kebanyakan orang lebih memilih berinvestasi dengan emas Antam.

Saat ini, banyak menjadikan emas Antam sebagai mahar pernikahan untuk investasi jangka panjang bukan untuk jangka pendek. Anda bisa investasi emas Antam mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Apakah Investasi Emas Antam Merugikan?

Sebelum Anda memutuskan untuk investasi emas Antam, sudahkah Anda tahu bahwa investasi emas Antam merugikan? Anda pun bertanya-tanya, apakah investasi emas Antam merugikan?

Ada beberapa kerugian investasi emas Antam yang perlu Anda ketahui. Simak pembahasan berikut ini mengenai beberapa kerugian investasi emas Antam, di antaranya:

1. Harga Lebih Tinggi

Emas Antam memiliki harga beli yang lebih tinggi dibanding produk lainnya. Hal ini disebabkan Antam sudah menguasai sekitar 90% pasar emas batangan.

Apalagi biaya produksinya juga tinggi mulai dari pemurnian emas, produksi, percetakan, dan sertifikasi.

2. Selisih Harga Jual dan Beli Tinggi

Harga jual dan harga beli memiliki selisih yang tinggi. Jadi, jika Anda membeli emas Antam berkisar Rp970 ribu. Saat ingin menjualnya pada hari yang sama, harganya pun berkisar Rp845 ribu.

Jadi, sebaiknya Anda tidak menjual emas Antam pada hari yang sama dengan membelinya.

3. Harga Jual Emas Antam Sama dengan Merek Lain

Hal yang perlu Anda ketahui saat menjual emas Antam adalah harga yang diberikan sama dengan merek lain. Meskipun harga belinya berbeda, tetapi saat dijual harga yang diterima pun sama dengan merek lain.

4. Ukuran Emas Terbatas

Ukuran emas Antam terbatas mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram atau 1 kg. Jadi, Anda hanya bisa memilih sekitar ukuran tersebut.

Pastikan Anda mengecek harganya terlebih dahulu sebelum membelinya agar dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki.

5. Terkena Pajak PPh

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, Anda akan dikenakan pajak PPh saat melakukan investasi emas Antam. Untuk besaran nilai PPh-nya, tergantung dengan berat dan harga emas per gram.

Setiap pembelian emas batangan, Anda akan dikenakan PPh sebesar 0,45% untuk pemegang NPWP dan 0,9% untuk pemegang non-NPWP.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan dari Menteri Keuangan mengenai Pemungutan Pajak Penghasilan tahun 2017.

Itulah pembahasan mengenai Antam, emas Antam, hingga kerugian investasi emas Antam yang perlu Anda ketahui. Dengan pembahasan kerugian di atas, Anda bisa mempertimbangkan sebelum membeli atau melakukan investasi emas Antam.