Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Panik! Berikut 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya


Ketika menggunakan Flashdisk, tentunya Anda akan mengalami berbagai kendala. Misalnya saja flashdisk yang tidak bisa terbaca dengan baik. Kendala ini sering kali akan mengganggu penggunanya saat melakukan tugas penting. Jika masalah tersebut terjadi, maka jangan panik terlebih dahulu. Sebab ada cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya, seperti ulasan berikut. 

Tips Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Dapat Terbaca Di PC

Jangan Panik! Berikut 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya


1. Membersihkan Bagian Port USB dan Konektor pada Flashdisk 

Salah satu alasan kenapa flashdisk tidak dapat terbaca oleh laptop biasanya terjadi karena PORT USB atau Konektor flashdisk yang kotor. Kemungkinan besar laptop konektor yang kotor tersebut mempengaruhi kinerja flashdisk dan membuat datanya tidak dapat terbaca. Biasanya hal ini terjadi jika Anda meletakkan laptop di tempat yang kotor atau berdebu. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Pertama, bersihkan konektor dan port USB menggunakan kuas khusus pembersih. Hal ini bertujuan agar dapat mengangkat partikel debu yang menutupi area sekitar port dan konektor. Kemudian bersihkan lempengan kuning menggunakan konektor USB. 

2. Memindai Dengan Perangkat Lunak Antivirus

Selain karena faktor fisik, flashdisk yang tidak terdeteksi oleh laptop biasanya disebabkan oleh serangan virus atau malware. Jadi Anda perlu tahu cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya dengan beberapa langkah tepat. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan flasdisk kembali untuk melanjutkan pekerjaan. 

Sebenarnya, flashdisk yang datanya tidak dapat dibaca oleh perangkat seperti laptop ini terjadi karena sering disambungkan ke sembarang laptop atau PC dengan intensitas cukup tinggi. Maka dari itu, cara memperbaikinya dengan cara menghapus virus shortcut agar terbebas dari virus yang membahayakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus PC terbaik.

3. Menggunakan Command Prompt 

Jangan Panik! Berikut 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya


Meskipun terbilang kurang up to date, CMD atau yang lebih dikenal dengan Command Prompt ini ternyata cukup manjur mengatasi masalah. Anda dapat mengetahui dengan mudah terhadap kondisi flashdisk apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Cara ini juga kan berguna untuk menghindari adanya kehilangan data atau terhapus. 

Untuk melakukan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya yaitu dengan menghubungkan terlebih dahulu flashdisk dan juga laptop. Kemudian bukalah Command Prompt dengan klik logo Windows. Pilihlah bagian CMD dan tunggu sampai jendela terbuka ke tampilan hitam. Masukkan perintah chkdsk G: untuk melakukan pengecekan disk pada drive G. 

Huruf yang ada pada drive harus disesuaikan dengan tampilan pada laptop dan flashdisk. Barulah, Anda dituntut untuk memasukkan perintah tersebut dan menekan tombol enter. Command Prompt akan memberikan informasi secara detail mengenai kondisi flashdisk. Jika hasil sistem mendeteksi error, maka akan tertampilkan kode error pada CMD. 

4. Instal Ulang Driver USB 

Anda juga dapat melakukan langkah mudah yaitu dengan install ulang pada driver USB. Untuk melakukan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya, hubungkan terlebih dahulu USB pada laptop. Kemudian, klik kanan pada logo Windows dan pilihlah menu Device Manager. Bukalah USB Mass Storage Device dan pilih Uninstall Device agar flashdisk dapat berjalan seperti normal. 

Apabila terjadi kendala saat data flashdisk tak bisa terbaca di laptop, ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu. Pertama, Anda dapat membersihkan port dan juga connector USB. Setelah itu, cobalah melakukan pemindaian dengan anti virus. Jika masih tidak berfungsi, maka Anda bisa melakukan Command Prompt dan instal ulang driver USB.