Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Dicoba! Berikut 6 Rekomendasi Emulator Android Yang Ringan

Menjamurnya berbagai jenis game pada perangkat Android ini, tak jarang membuat sebagian orang untuk memainkannya di personal computer (PC). Maka dari itu, ada banyak emulator yang tersedia untuk menawarkan kemudahan tersebut. Penasaran apa saja emulator android yang ringan? Yuk intip informasi selengkapnya seperti berikut ini!

Rekomendasi Emulator Untuk Android Dengan Kapasitas Ringan 

Wajib Dicoba! Berikut 6 Rekomendasi Emulator Android Yang Ringan


1. Bluestacks 

Terdapat banyak jenis emulator android yang tersedia, mulai dari berat sampai dengan ringan. Namun, tak semua orang memiliki spesifikasi komputer yang memadai. Karena alasan tersebut, tersedia emulator ringan dan bisa diunduh secara gratis dan populer digunakan oleh banyak orang hingga sekarang. Salah satu emulator tersebut bernama Bluestacks. 

Bagi seorang gamer sejati, tentu nama emulator ringan ini sangat dikenal. Tak hanya menyuguhkan performa handal, namun Bluestack ini juga tergolong emulator yang paling ringan meskipun spesifikasi komputer hanya memiliki RAM sebesar 2GB. Dari segi tampilan pun emulator ini memiliki User Interface (UI) yang mirip dengan ponsel android untuk memainkan game. 

Pada emulator android yang ringan yang satu ini, terdapat beberapa fitur yang cukup membantu penggunanya. Bluestacks melengkapi dengan sebuah side toolbar khusus di dalamnya. Fitur ini dapat digunakan sebagai pengambil tangkapan latar, install APK secara manual, copy & paste, dan mengatur suara sesuai keinginan penggunanya. 

2. Nox Player 

Nox Player dikenal sebagai rajanya emulator Android jika dibandingkan yang lainnya. Sebab, game game dengan grafis dan HD tinggi sukses dimainkan dengan stabil. Bahkan angkanya dapat mencapai angka 60 fps pada aplikasi ini. Meskipun fungsi utamanya digunakan untuk menjalankan game, tetapi Nox Player juga dapat digunakan untuk membuka aplikasi secara bersamaan. 

3. Andyroid 

Wajib Dicoba! Berikut 6 Rekomendasi Emulator Android Yang Ringan


Selanjutnya ada emulator Andyroid yang menawarkan tampilan antarmuka yang sangat mirip dengan Android. Emulator ini tergolong sebagai aplikasi yang cukup serba bisa jika dibandingkan dengan platform sejenis lainnya. Selain tersedia dalam operating system seperti Windows dan Mac, Andyroid emulator android yang ringan ini bisa digunakan untuk mengontrol ponsel lain atau berguna sebagai remote control. 

4. Remix OS Player 

Apabila Anda memiliki hobi untuk memainkan game dengan dual screen, maka Remmix OX Player menjadi pilihan yang paling tepat. Tak hanya itu saja, performanya cukup halus ketika dijalankan pada PC. Hal inilah yang menjadikan aplikasi emulator Remix OS Player merupakan salah satu yang paling terbaik untuk memainkan game game dengan tingkat grafis menengah. 

5. MEmu App Player

Dikategori berikutnya ada emulator buatan Tiongkok yang menjadi incaran banyak pengguna untuk bermain game Android. Emulator MEmu App Player ini dikenal secara luas sebagai salah satu yang paling responsif ketika digunakan. Menariknya, pengguna juga dapat mengoperasikan aplikasi yang satu ini di perangkat tablet. 

6. Game Loop

Seperti namanya, emulator android yang ringan ini sering kali dipilih banyak pengguna untuk memainkan sebuah game. Emulator versi terbaru dari Tencent GFaming Buddy ini bisa menjalankan PUBG Mobile serta game lainnya yang membutuhkan grafis tinggi dengan lancar. Tak hanya itu saja, game seperti Free Fire (FF) juga mumpuni jika dimainkan di emulator Game Loop. 

Bermain game tentunya lebih seru jika  dioperasikan pada layar yang lebih besar. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan dan visualisasi bagi para penggunanya. Karena alasan tersebut, keberadaan emulator cukup signifikan bagi pada gamers. Anda bisa memilih berbagai emulator yang mumpuni seperti Game Loop, MEmu App Player, Remix OS Player, Andyroid, dan Bluestacks.