Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Berikut Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Beserta Cara Mengatasinya

Kebutuhan menggunakan flashdisk memang terbilang cukup krusial bagi kebanyakan orang. Sebab, flashdisk menjadi salah satu perangkat yang digunakan menyimpan data atau file sementara bagi mereka yang membutuhkan. Namun, ada kalanya teknologi tersebut mengalami error. Agar dapat mengatasinya, maka penting untuk mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca di PC. Berikut ulasannya!

Penyebab Permasalahan Flashdisk yang Sering Kali Terjadi



1. Konektor atau Port USB yang Kotor 

Salah satu hal yang menyebabkan flashdisk bermasalah dan tidak bisa dikarenakan port USB yang kotor. Masalah ini sering kali terjadi ketika Anda terbiasa meletakkan laptop, flashdisk di tempat kotor. Karena itu konektor atau port USB dipenuhi dengan debu yang membandel. Debu yang menutupi konektor inilah yang mempengaruhi kinerja dari flashdisk. 

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda tidak usah gusar dan repot. Pasalnya, ada beberapa langkah mudah untuk mengatasinya. Anda bisa membersihkan port laptop terlebih dahulu menggunakan alat pembersih atau kuas khusus. Setelah itu, cobalah untuk memasukkan flashdisk ke port PC atau laptop yang Anda gunakan. 

2. Adanya Serangan Virus atau Malware

Penyebab flashdisk tidak terbaca berikutnya juga bisa terjadi karena faktor internal (virus dan malware). Masalah adanya virus dan juga malware kerap kali dipicu oleh kebiasaan pemilik flashdisk yang menggunakan flashdisk di banyak perangkat secara bergantian. Selain itu, intensitasnya juga cukup sering dan untuk digunakan ke perangkat sembarangan. 

Padahal, belum tentu jika setiap perangkat yang tersambung aman dari serangan malware maupun virus yang berbahaya. Apalagi jika PC atau laptop yang Anda pasangkan dengan flashdisk tidak dilengkapi antivirus. Bisa saja menyebabkan flashdisk Anda tidak terdeteksi bahkan menyebabkan seluruh file dan data di dalamnya hilang. 

3. Kebiasaan Buruk Untuk Mencabut Flashdisk Tanpa Eject



Ketika menggunakan flashdisk, tentu saja terdapat tata cara untuk menghubungkannya dengan perangkat lain. Namun, seringkali langkah ini diabaikan oleh banyak orang. Sebagian dari mereka memiliki kebiasaan mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Padahal langkah ini bisa mempengaruhi penggunaan flashdisk. 

Agar terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan removable flashdisk sebelum anda mencabut flashdisk. Tujuan utamanya yaitu untuk mencegah penyebab flashdisk tidak terbaca. Selain itu, cobalah untuk scanning flashdisk agar dapat mencegah kehadiran virus dan kerusakan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan flashdisk tanpa masalah. 

4. Flashdisk yang Palsu

Tak berhenti sampai di situ saja, ada juga penyebab lain yang bisa Anda temui. Salah satunya yaitu perangkat atau flashdisk yang Anda gunakan ternyata bukan barang asli. Hal ini biasanya terjadi karena tergiur dengan harga murah dan embel embel kapasitas penyimpanan besar. Bahkan hanya dalam beberapa penggunaan, flashdisk sudah rusak. 

5. Driver USB yang digunakan Bermasalah

Selain flashdisk palsu, ternyata driver USB yang bermasalah juga menjadi salah satu faktor kenapa perangkat tak bisa terbaca. Untuk itu, Anda bisa melakukan pengecekan driver USB melalui Device Manager di laptop atau PV. Kemudian lakukan beberapa pengaturan pada menu tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi penyebab flashdisk tidak terbaca secara mudah dan praktis. 

Seperti yangs sudah diketahui, ternyata ada banyak penyebab kenapa flashdisk Anda tidak bisa terbaca pada sebuah perangkat. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari internal dan eksternal. Untuk faktor internal biasanya terjadi akibat serangan malware atau virus. Selain itu, penyebab eksternal flashdisk malfungsi dikarenakan debu atau kotoran yang menumpuk pada port USB.