Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! 3 Cara Menghilangkan Malware Di Hp Anti Ribet

Setiap perkembangan dan kemajuan teknologi tentunya akan diikuti dengan risiko tersendiri. Seperti gawai, Hp , atau smartphone yang semakin pintar. Aplikasi dan akses internet dapat menjadi dalang serangan malware. Efeknya pun berimbas pada performa dan keamanan data. Lantas apakah ada cara menghilangkan malware di hp? Cek jawabannya berikut ini. 

3 Cara Terbaik Dan Tanpa Biaya Untuk Menghapus Malware



1. Kembali Ke Setelan Pabrik 

Disebut juga sebagai cara yang paling ampuh, bisa dikatakan opsi ini adalah jalan terakhir yang paling dianjurkan. Lantas mengapa metode ini masuk ke nomor satu? Jawabannya adalah keampuhannya. Setelan HP atau smartphone akan dikembalikan ke asal mula, atau saat pertama kali Anda membeli produk tersebut. 

Perlakuan ini akan mengembalikan semua setelan aplikasi, simpanan data, hingga pengaturan sistem ke kondisi bawaan hp. Hal tersebut membuat malware yang masuk turut terhapus. Sayangnya, cara ini akan berdampak besar bagi Anda yang menggunakan banyak aplikasi. Pasalnya, Anda pun harus mengulang seluruh proses instalasi aplikasi yang digunakan. 

Jika Anda masih bersikukuh untuk mencoba metode yang satu ini, caranya pun cukup mudah. Masuk saja ke opsi pengaturan atau setelan, kemudian masuk ke bagian sistem. Lanjutkan cara menghilangkan malware di hp ini dengan memilih opsi reset atau setelan ulang. Nantinya proses akan berjalan, menghapus semua data yang ada, dan tersisa file bawaan saja. 

2. Menghapus Malware Melalui Safe Mode 

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara me-restart atau menyalakan ulang gawai. Umumnya, android kekinian dengan OS versi terbaru akan memberikan opsi reboot di awal menyala. Jika muncul opsi mode booting, lanjutkan dengan memilih opsi Safe mode. Cara ini bisa berbeda dari satu hp ke hp lainnya, jadi dianjurkan untuk cek buku manual. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk safe mode adalah dengan menekan tombol power sedikit lebih lama. Anda juga bisa melakukan hard reset, atau tekan tombol power selama 10 detik sembari tekan tombol volume. Setelah itu, Anda pun bisa pilih dan masuk ke booting safe mode. 

Di dalam safe mode, tampilan hp akan tampak sedikit berbeda. Namun, fungsionalnya masih bekerja. Dalam mode aman ini, cara menghilangkan malware di hp  adalah menghapus aplikasi mencurigakan. Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau setting, pilih opsi aplikasi, dan masuk ke folder downloaded. 



3. Menghapus Aplikasi Yang Mencurigakan 

Seringkali malware masuk ke dalam smartphone dalam bentuk aplikasi tidak jelas atau mencurigakan. Untuk itu, Anda hanya perlu menguninstal dengan cara masuk ke menu pengaturan, aplikasi, dan pilih untuk menghapusnya. Jika Anda mengalami kesulitan, silahkan coba untuk masuk ke pengaturan, security, dan pilih device administrator. 

Cabut saja izin administrator right yang terpasang di dalam aplikasi tersebut. Dengan begitu, Anda pun dapat menghapus apk aneh itu. Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi antivirus untuk HP, seperti contohnya Kaspersky, ESET, Avast, dan banyak lainnya. Anda hanya perlu mengunduhnya dan jalankan sebagai cara menghilangkan malware di hp paling sederhana. 

Dari ketiga cara tersebut, yang paling mudah adalah dengan menghapus aplikasi yang kurang sesuai atau mencurigakan. Anda bisa melakukan dengan cara manual atau memakai bantuan aplikasi pihak ketiga semacam anti virus. Namun jika tidak membuahkan hasil, maka tidak ada salahnya untuk masuk ke sistem safe mode atau kembalikan setting HP ke setelan pabrik.