Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi

Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi Secara Mudah dan Praktis

Nendatekno.com – Banyak orang ingin mengetahui cara mengatasi hp bootloop Xiaomi karena jika ponsel sedang mengalami kejadian tersebut sama saja terindikasi error. Error ini terjadi karena proses booting pada ponsel terjadi secara terus menerus sehingga pengguna tidak bisa menggunakan ponselnya sama sekali.

Karena terjadinya proses booting secara terus menerus Anda tidak dapat masuk kedalam sistem utama ponsel. Hal ini akan membuat ponsel kesulitan dalam mengakses beragam menu utama didalamnya, hasilnya pengguna tidak bisa menggunakannya sama sekali karena tampilan layar menunjukkan proses booting error.

Ketika ponsel Anda mengalami bootloop nantinya hanya menampilkan logonya saja sehingga tidak berubah sama sekali. Ketika mengalami kejadian tersebut biasanya sebagian orang akan merasa bingung sehingga ingin mengetahui cara termudah supaya dapat menggunakan ponselnya kembali.

Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi Secara Mudah

Kondisi bootloop tentu akan mengganggu aktivitas harian Anda karena tidak bisa memakai ponselnya secara umum. Oleh sebab itu banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara termudah dan praktis sehingga dapat menggunakan ponselnya kembali seperti sebelumnya.

Namun belum semua orang memahami bagaimana cara mengatasi hp bootloop Xiaomi karena menganggapnya terlalu sulit. Namun sebetulnya jika ingin membetulkan ponsel ketika mendapatkan peristiwa tersebut sangatlah mudah, namun memang bagi sebagian orang yang belum terbiasa akan terasa sedikit sulit.

Terlebih jika proses booting terjadi dengan lama maka jika Anda hanya membiarkannya saja akan berdampak buruh terhadap keamanan file didalam ponsel. Untuk mengatasi program yang menyangkut pada bagian bootingnya saja Anda bisa melakukan beberapa langkah terlebih dahulu.

1. Memanfaatkan Mi PC Suite

Jika ponsel mengalami tersangkut pada layar bootloop bisa melakukan cara mengatasi hp bootloop Xiaomi menggunakan Mi PC Suite. Namun sebelum mulai melakukannya harus memastikan bahwa ponsel mengalai proses bootloop ringan sehingga masih bisa untuk dinyalakan.

Namun kelebihan dari penggunaan Mi PC Suite adalah Anda tidak hanya bisa memperbaiki ponsel yang memiliki keadaan proses booting error ringan saja melainkan sedang. Yang penting kondisi hp masih memungkinkan untuk mengakses mode recovery sehingga bisa dilakukan proses untuk menanganinya.

Jika ingin menggunakan cara mengatasi hp bootloop Xiaomi ini Anda sebagai pemilik ponsel harus memastikan bahwa hp sudah terpasang aplikasi bernama MI PC Suite serta ROM Recovery Xiaomi terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ponsel.

  • Pastikan hp dalam kondisi mati lalu segera menuju recovery mode xiaomi menggunakan tombol power dan volume keatas yang dipencet bersamaan
  • Segera setelah muncul recovery mode pilihlah menu connect with MI Assitant
  • Namun pastikan bahwa smartphone sudah terhubung melalui komputer atau laptop terlebih dahulu.
  • Klik opsi refresh MI PC Suite, kemudian pilih opsi select ROM Package.
  • Selanjutnya pilihlah menu quick flash dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai akan muncul pilihan verifying ROM package.
  • Tunggu proses hingga selesai kemudian restart ponsel setelah semua tahap selesai.

2. Memanfaatkan Mi Flash Tool

Selain menggunakan PC Suite sebenarnya terdapat langkah lain jika ingin mengetahui cara mengatasi hp bootloop Xiaomi. Karena Anda bisa memanfaatkan bantuan dari Mi Flash Tool namun harus menyiapkan laptop dengan minimal operation system windows 7 terlebih dahulu.

Untuk memulai memperbaiki ponsel yang rusak akibat proses booting terlalu lama ini Anda perlu mempersiapkan beberapa aplikasi terlebih dahulu. Diantaranya ada Mi Flash Tool, Android USB Driver, Room Fastboot, Bootloader Interface 15 Second ADB Instraller.

Setelah menyiapkan berbagai aplikasi tersebut dapat memulai proses perbaikan seperti menggunakan MI PC Suite karena bergantung dengan bantuan dari laptop maupun komputer.

3. Menggunakan Fatory Reset

Langkah terakhir melakukan cara mengatasi hp bootloop Xiaomi adalah menggunakan program factory reset terlebih dahulu. Biasanya untuk melakukan langkah ini Anda harus memperhatikan beberapa faktor terlebih dahulu sehingga bisa melakukannya secara sempurna.

Pemilik ponsel hanya bisa melakukan langkah ini jika hpnya mengalami bootloop ringan saja sehingga masih dapat memasuki home screen. Selain itu untuk melakukannya Anda perlu memastikan bahwa baterai masih banyak minimal 70% serta menggunakan chipset mediatek maupun snapdragon.

Langkah melakukan factory reset sendiri terbilang sangat mudah, oleh sebab itu jika ingin menerapkan cara mengatasi hp bootloop Xiaomi ini dapat mengikuti langkah sebagai berikut. Pastikan untuk mengikuti langkahnya secara urut sehingga ponsel dapat digunakan seperti sedia kala.

  • Pastikan ponsel dalam keadaan mati atau off terlebih dahulu
  • Gunakan tombol power serta volume keatas secara bersama sehingga ponsel dapat memasuki recovery mode xiaomi
  • Setelah memasuki mode recovery carilah opsi wipe data, kemudian pilih menu wipe all data serta confirm untuk mengkonfirmasikannya
  • Selanjutnya Anda bisa memilih menu reboot system sehingga proses factory reset berjalan lancar
  • Tunggu hingga proses selesai, lalu restart ponsel supaya dapat kembali seperti semula. Namun biasanya akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Setelah mempraktikkan beberapa langkah tersebut HP bootloop dapat teratasi sehingga tidak menyangkut pada proses booting terlalu lama. Oleh sebab itu Anda perlu memahami cara mengatasi hp bootloop Xiaomi terlebih dahulu.