Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti HP Android

7+ Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti HP Android

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di HP Xiaomi, Samsung, Poco, Vivo 100% Work – Galeri merupakan aplikasi bawaan dari sebuah Smartphone yang isinya foto dan video dari berbagai sumber.

Kenapa saya bilang dari berbagai sumber, karena memang entah itu foto dari Facebook, kiriman dari WA, Kamera ataupun yang lain dikumpulan dan bisa dibuka melalui aplikasi Galeri tersebut, Cuman nanti akan dibedakan berdasarkan album masing-masing.

Jadi aplikasi ini bisa dikatakan sangat penting dan banyak digunakan di smartphone. Nah masalahnya, bagaimana jadinya kalau pas waktu kita ingin membuka Galeri untuk melihat foto atau video muncul sebuah notifikasi yang tidak mengenakkan.

 “Sayangnya Galeri Tidak Menanggapi”

“Sayangnya Galeri Telah Berhenti”

“Unfortunately Gallery Has Stopped”

Kira-kira pesan yang akan muncul akan seperti itu, mungkin setiap merek HP berbeda, dan kali ini saya khusus untuk membahas yang ada di Xiaomi, Samsung, Poco, dan Vivo Tetapi tidak menutup kemungkinan cara ini bisa digunakan di Smartphone lain jika memiliki masalah yang sama.

7+ Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di HP Xiaomi

1. Pastikan Aplikasi Galeri Sudah Terupdate

Jadi yang pertama harus kamu cek adalah aplikasi Galeri yang ada di Hp android Xiaomi, Samsung, Poco, dan Vivo kamu, apakah sudah paling update atau belum. Jika sudah terupdate tapi masih tidak bisa, kamu bisa abaikan cara ini.

2. Unroot HP

Jika masalah ini terjadi pada saat sesudah melakukan root di hp Xiaomi, Samsung, Poco, dan Vivo kamu, maka sudah bisa dipastikan masalahnya ada disitu. Yang perlu dilakukan adalah mengembalikan HP kamu ke posisi semula, karena memang root itu ada kelebihan dan kekurangannya. Mungkin untuk kekurangan dan kelebihan akses root akan saya bahas di artikel lain.

3. Restart HP

Okey jika nomor 1 dan 2 sudah tidak ada masalah tapi masih tidak terbuka, coba restart hp dulu. Bisa aja terjadi hang atau ram terlalu penuh karena kebanyakan membuka aplikasi, sehingga pada saat membuka aplikasi lain contohnya Galeri akan otomatis force close.

4. Hapus Cache Galeri

File Cache akan terbentuk setelah kita membuka sebuah aplikasi apapun itu. Facebook, WA, bahkan pada saat kita membuka Galeri pun akan meninggalkan sebuah cache. Cache adalah sebuah proses penyimpanan sementara pada sebuah aplikasi sehingga pada saat kita membuka kembali aplikasi tersebut, apa saja yang kita cari atau lakukan akan bisa tersimpan dan kita dengan mudah mencarinya lagi.

Contohnya saja kita membuka Facebook dan mencari penjual baju batik, nah setelah kita tutup aplikasi FB tersebut akan meninggalkan Cache. Maka pada saat kita membuka kembali Facebook, sistem akan merekomendasikan para penjual baju batik karena sebelumnya kita pernah mencarinya.

Cara membersihkan Cache Galeri, kamu bisa masuk ke Pengaturan – Apps – Manage Apps.

Di Manage Apps ini kamu bisa search Gallery – Lalu klik aplikasi Gallery

Selanjutnya kamu tinggal klik “Clear Cache” di pojok kanan bawah kalau di hp Xiaomi, Samsung, Poco, dan Vivo – Lalu OK.

5. Hapus Data Galeri

Jika hapus Cache masih belum berhasil, kamu bisa hapus data di aplikasi Galeri tersebut. Tenang saja hapus data disini bukan hapus isi foto dan video, melainkan hanya data aplikasinya saja. Efek jika melakukan ini, maka aplikasi galeri kamu akan fresh dan kembali ke pengaturan default. Caranya sama seperti hapus cache ya, cuman bedanya hanya pilih hapus data.

6. Gunakan Aplikasi Galeri Lain

Kamu bisa menggunakan aplikasi lain seperti membuka Galeri yang bisa kamu download secara gratis di Playstore. Dengan begitu kamu bisa membuka foto dan video melalui aplikasi tersebut.

7, Factory Reset

Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrik bisa dilakukan jika cara-cara diatas tidak work. Untuk cara Factory reset bisa kalian cari di google ya, karena setiap HP berbeda. Jangan lupa pastikan file penting di internal dan eksternal memory di backup dulu.

8. Flashing

Ini adalah langkah terakhir ya, karena ini harus dilakukan oleh orang yang memiliki alat flashing. Jadi kamu bisa membawanya ke konter terdekat yang bisa melakukan flashing, mungkin biayanya sekitar 50k keatas, akan gratis jika pemiliki konter adalah sodara kamu.

Okey itulah beberapa cara untuk Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di HP Xiaomi, Samsung, Poco, Vivo dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *