Panduan Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop Dengan Mudah

Panduan Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop Dengan Mudah

HP Vivo kamu mengalami bootloop, atau nyangkut di logo saat restart? Tenang, kami punya solusinya! Berikut adalah panduan cara mengatasi HP Vivo bootloop yang mudah bisa kamu coba.  Bootloop adalah kondisi dimana HP gagal masuk dalam sistem software Android. Masalah ini biasanya akan terjadi terus – terusan hingga kamu memperbaikinya. Tidak tahu bagaimana cara memperbaiki HP bootloop? Simak langkahnya di sini!

Panduan Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop yang Mudah

Singkatnya, pengertian bootloop pada HP sendiri adalah masalah yang terjadi pada bagian software Android, dimana HP tidak dapat masuk dalam sistem. Ciri HP bootloop, yakni tampilan layar HP yang selalu menampilkan logo Android. Pada dasarnya ada beberapa penyebab HP bootloop :

Flashing Custom ROM

Penyebab Vivo bootloop pertama adalah dikarenakan melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini bisa terjadi karena ada dalvik cache, atau yang biasanya dikenal sebagai data lama yang belum terhapus tetapi malah digunakan sistem yang baru.

Salah Mengatur Permission

Vivo adalah salah satu produsen smartphone Android terbaik dan terpopuler. Buat pengguna Android kamu harus lebih waspada akan hal ini, salah dalam mengatur permission. Alasannya, sistem operasional HP Vivo sangat bergantung pada permission sistem yang benar. Artinya, jika kamu salah dalam melakukan pengaturan maka bisa menyebabkan HP mengalami bootloop.

cara mengatasi vivo system repair mode

Pemasangan MOD

Penyebab lainnya adalah jika kamu melakukan pemasangan MOD, terutama untuk jenis MOD yang tidak kompatibel dengan kondisi ROM yang digunakan pada HP Vivo. Disisi lain, MOD yang tidak tersusun dengan baik juga bisa menyebabkan HP bootloop. Oleh karena iyu kamu musti hati – hati jika ingin memasang MOD atau aplikasi baru.

Restore System Backup

Pada dasarnya kegiatan satu ini erat kaitannya dengan sistem operasional HP Android. Kegiatan tersebut bahkan sangat berpotensi dapat menimbulkan HP mengalami bootloop. Hal demikian disebabkan karena ada dalvik cache yang lama dan belum terhapus dengan sempurna sehingga sebabkan adanya penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data – data sistem baru.

Ubah Isi Script Dalam Folder Sistem

Buat yang hobi gaming, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan cara semacam ini? Memang hal tersebut sering dianggap sepele dan tidak memberikan dampak besar pada sistem HP Android.

Padahal yang demikian dapat mengubah isi script dengan aplikasi yang ada, dimana tujuannya agar bisa segera menikmati game yang ingin dimainkan bisa menyebabkan bootloop pada HP. Oleh karena itu disarankan untuk tidak melakukan beberapa hal tersebut untuk menghindari bootloop pada HP kamu. Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah panduan cara mengatasi HP Vivo bootloop yang mudah.

Restart HP Vivo

Cara mudah mengatasi HP Vivo bootloop yang pertama adalah dengan merestart HP. Cara tersebut berlaku jika bootloop ada dalam tingkat ringan dan biasanya terjadi karena ada kesalahan dalam pengoperasian data tanpa melalui Recovery Mode.

Wipe Cache Partition

Apa itu Wipe Cache Partition? Ini adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi bootloop pada HP Android, termasuk HP Vivo. Cara tersebut bisa kamu lakukan tanpa takut kehilangan semua data atau file yang tersimpan di Hp.

Cara melakukannya mudah sekali, yakni dengan masuk menuju Recovery Mode yang ada di HP dan memilih Wipe Cache Partition, lalu pilih Yes atau Oke.  Apabila kamu sudah berhasil masuk menuju Recovery Mode maka akan kembali ke halaman utama. Namun, jika masih bermasalah maka kamu harus melakukan Factory Reset.

Cara Factory Reset HP Vivo bisa kamu intip langkah – langkahnya di bawah ini.

Factory Reset

Pada dasarnya ada banyak tips atasi HP bootloop yang bisa dicoba, salah satu cara paling ampuh dan mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan Wipe Data, atau Factory Reset lewat Recovery Mode.

Secara teknis, cara tersebut nanti akan mengatur ulang software sistem HP kamu dan membuatnya seperti pertama kali dipasangkan sistem. Pada saat kamu ada di menu Recovery Mode, silakan pilih opsi Factory Reset dan pilih Yes. Tunggu beberapa saat, sistem akan segera memproses secara otomatis.  Jika berhasil HP kamu akan masuk ke halaman Home.

Flashing ROM

Apa itu flashing ROM? Ini adalah cara paling rumit dan bisa dibilang tergolong berat untuk mengatasi masalah HP bootloop. Penggunaan cara tersebut pun hanya digunakan secara khusus apabila HP Vivo yang kamu miliki mengalami bootloop yang sangat serius. Masalah bootloop pada HP Vivo seperti ini karena salah menginstall custom ROM, atau pun salah update sistem operasi ke dalam HP.

Cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah flashing ROM yang sesuai dengan HP Vivo. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Smartphone Flash Tool. Caranya pun sudah tercantum di dalam aplikasi, kamu hanya perlu mengikuti setiap langkah – langkahnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang panduan cara mengatasi HP Vivo bootloop dengan mudah. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *