Link Cek Penerima BLT BBM 2022 Situs Resmi Kemensos

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu heboh tentang kenaikan harga BBM yang cukup meresahkan masyarakat. Dengan adanya hal itu maka pemerintah akhirnya memutuskan untuk mengadakan BLT (Bantuan Langsung Tunai) BBM September 2022.

Bantuan tersebut disalurkan untuk sedikit meringankan atau sebagai sebuah kompensasi agar masyarakat tidak terlalu terbebani. Untuk dana yang dialokasikan dalam program ini sendiri tidak main-main. Kurang lebih 12,4 triliun disalurkan kepada 20 juta lebih masyarakat di luar sana.

Syarat Masyarakat Penerima BLT BBM September 2022

Agar bisa mendapatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah ini, ada sejumlah kriteria atau syarat yang harus dipenuhi. Hal ini harus diperhatikan apabila Anda merasa ingin mendaftarkan diri. Karena beberapa masyarakat yang sebenarnya berhak mendapatkan BLT BBM ada yang tidak memperolehnya.

Adapun syarat-syarat yang dimaksud untuk bisa mendaftar mendapatkan BLT BBM September 2022 adalah sebagai berikut.

  • Warga kurang mampu atau rentan miskin.
  • Bukan menjabat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), Polri atau bahkan TNI.
  • Masuk dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dalam DTKS Kemensos.
  • Masyarakat yang berpenghasilan 3,5 juta ke bawah.

Nah, di atas adalah beberapa syarat penerima bantuan langsung tunai BBM September 2022. Jika Anda merasa berhak mendapatkannya, maka Anda diperbolehkan untuk mendaftar melalui aplikasi cek bansos yang harus diunduh dulu ke ponsel Anda.

Bagaimana Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM September 2022?

cekbansos.kemensos.go.id

Perihal cara cek penerima bansos BLT BBM September 2022 sebenarnya sangat mudah. Karena Anda bisa langsung mengeceknya lewat browser atau situs resmi kemensos. Bila Anda belum memahaminya, maka berikut ini cara yang dapat Anda lakukan.

  • Buka browser HP Anda dan ketik link cekbansos.kemensos.go.id¬†kemudian masuk ke dalam situsnya.
  • Terlebih dahulu masukkan data wilayah seperti provinsi, kecamatan, kabupaten, dan desa.
  • Masukkan nama sesuai yang ada di KTP.
  • Jangan lupa teliti dan masukkan pula kode captcha ke kolom yang tersedia.
  • Lantas klik menu Cari Data dan tunggu beberapa saat.
  • Saat nama Anda muncul, itu artinya Anda berhak mendapatkan bantuan langsung tunai BBM September 2022 ini.

Sejak pandemi yang terjadi beberapa tahun ini, memang banyak sekali program bantuan dari pemerintah yang diluncurkan. Tak sedikit pula masyarakat yang menerima manfaat dari bantuan tersebut.

Meskipun nominalnya cukup kecil, tapi tetap mampu meringankan setidaknya beban yang ada. Kini, akibat dari kenaikan harga BBM, maka tak heran jika pemerintah kembali meluncurkan program bantuan.

Demikianlah sedikit informasi terkait syarat mengajukan nama sebagai penerima bantuan langsung tunai sekaligus cara cek penerima bansos BLT BBM September 2022. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang belum mendapatkannya.