Bagaimana Cara Investasi Bitcoin Menguntungkan

Bitcoin merupakah salah satu aset kripto yang memiliki fundamental bagus sehingga sering diperjualbelikan. Hampir semua platform investasi maupun trading kripto menawarkan aset Bitcoin ini. Lantas bagaimana cara investasi Bitcoin?

Buat Anda yang tertarik dengan penjelasan bagaimana cara investasi Bitcoin, maka Anda bisa menyimak artikel berikut ini. Koin Bitcoin saat ini memang sangat populer di kalangan investor.

Bahkan Bitcoin ini memiliki penilaian yang meningkat 763% dengan keuntungan besar di pasar saham.

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula

Bagaimana cara investasi Bitcoin yang tepat bagi pemula? Nah, berikut ini akan dipaparkan mengenai tips investasi bitcoin yang cocok bagi pemula.

1. Menentukan Bitcoin Exchange

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai menginvestasikan aset kripto seperti Bitcoin adalah mulai bergabung dengan Bitcoin Exchange. Anda bisa menentukan aplikasi investasi Bitcoin seperti apa yang hendak Anda gunakan.

Bitcoin tak mempunyai perusahaan yang dapat membeli ataupun menjual aset kripto karena memang koin ini termasuk teknologi sumber terbuka. Namun, jangan khawatir saat ini terdapat banyak platform yang memfasilitasi transaksi Bitcoin.

2. Mendaftar dan Membuka Akun

Setelah memutuskan menggunakan Exchange yang tepat, maka segeralah melakukan pendaftaran dan membuka akun. Anda bisa melakukan pendaftaran akun exchange secara online baik melalui aplikasi ataupun melalui website.

Apabila Anda hendak menggunakan aplikasi mobile, maka Anda bisa menggunduhnya melalui Appstore untuk ios dan Google Play Store untuk android. Nah, aplikasi-aplikasi yang Anda unduh tersebutlah yang menjadi perantara dalam investasi kripto.

3. Mendapatkan Verifikasi KYC (Know Your Customer)

Apabila Anda telah melakukan registrasi akun pada exchange pilihan Anda, maka sebelum melakukan transaksi Anda wajib memperoleh verifikasi KYC terlebih dahulu.

Adanya verifikasi ini berfungsi untuk memberikan perlindungan pada peserta exchange dengan kepastian kebijakan AML (Anti Money Laundring) berjalan semestinya

Proses verifikasi ini biasanya memakan waktu 1 hari kerja dimana Anda perlu mengisi data pribadi, mengunggah foto KTP asli, mengunggah selfie dan beberapa data valid lainnya. Pastikan ketika mengisikan data tersebut diisi secara akurat.

4. Melakukan Deposit

Agar bisa melakukan transaksi Bitcoin, maka Anda harus melakukan deposit terlebih dahulu dari rupiah ke rekening yang telah ditentukan. Secara umum, minimal deposito pada exchange Bitcoin ialah sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Namun, tak jarang juga terdapat platform dengan deposit awal yang cukup tinggi. Ada baiknya jika Anda masih pemula, mulailah investasi Bitcoin dengan nilai yang paling kecil untuk meminimalisir kerugian.

Lakukan pembayaran deposit tersebut melalui banyak metode pembayaran baik transfer bank, kartu kredit, kartu debit, e-wallet, dan pertukaran koin seperti Etherum, BNB, dan lainya.

5. Menentukan Pair Aset Kripto

Sebelum bertransaksi, Anda juga wajib memilih pasangan yang hendak Anda tradingkan. Pasangan atau pair yang paling populer ialah Bitcoin terhadap rupiah.

Adapun pair yang dimaksud ini hampir sama prinsipnya dengan membeli valas dimana US$ to IDR atau diartikan berapa rupiah dalam 1$.

6. Mulai Transaksi Jual-Beli

Apabila telah memilih pair, selanjutnya Anda bisa memulai transaksi jual-beli. Anda dapat membuat order dengan cara memasukkan harga juga jumlah Bitcoin yang hendak Anda lakukan pembeliah.

Selanjutnya akan ditampilkan jumlah rupiah yang Anda perlukan.

Pilihlah jenis order taker, ataupun maker. Apabila taker maka order akan berlangsung saat itu juga secara realtime. Sementara jika memilih maker maka order ditunda hingga sesuai dengan harga yang Anda inginkan.

Dari situlah, Anda kemudian bisa melakukan penjualan dan pembelian Bitcoin sebagai cara Anda untuk investasi. Agar semakin menguntungkan, Anda bisa menyimpan koin investasi Anda tersebut dalam jangka panjang.

Baiklah, sampai disini saja bahasan mengenai bagaimana cara investasi Bitcoin. Semoga bermanfaat.