Kode Saham di Aplikasi Stockbit

Investasi kini menjadi kegiatan yang mulai dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini telah banyak perusahaan layanan investasi digital melalui berbagai aplikasi, salah satunya adalah Stockbit. Trading saham menggunakan kode saham di aplikasi stockbit pun mulai digemari.

Investasi kini menjadi kegiatan yang mulai dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini telah banyak perusahaan layanan investasi digital melalui berbagai aplikasi, salah satunya adalah Stockbit. Trading saham menggunakan kode saham di aplikasi stockbit pun mulai digemari.

Apa Itu Aplikasi Stockbit?

Stokbit merupakan salah satu perusahaan efek yang cukup populer di Indonesia. Perusahaan besutan PT Stockbit Sekuritas Digital ini berkomitmen untuk membuat layanan investasi yang lebih mudah untuk masyarakat investor. Perusahaan ini berkomitmen untuk memudahkan investor berinvestasi.

Melalui aplikasi Stockbit ini, para investor dapat berdiskusi sekaligus melakukan transaksi saham secara daring. Aplikasi ini pun bisa didapatkan dengan mudah melalui pasar aplikasi seperti Playstore dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara beli saham di stockbit?

Nah, untuk mengetahui cara mendapatkan kode saham di aplikasi stockbit, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengenai apa itu kode saham stockbit?

1. Kode Saham Stockbit

Sebelum Anda melakukan transaksi pembelian saham, Anda diharuskan untuk mengerti kode saham di pasar modal. Ap aitu kode saham? Kode saham sendiri adalah sebuah kode yang terdiri dari empat huruf. Kode tersebut merupakan kode unik setiap perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kode saham setiap perusahaan pun berbeda-beda. Contohnya, kode saham bank BCA, memiliki kode BBCA, bank BRI memiliki kode BBRI, dan sebagainya. Begitu pula dengan stockbit. Di mana kita bisa mengetahui kode saham di aplikasi stockbit?

Kita bisa mengetahui kode saham melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Kode yang dikeluarkan oleh otoritas BEI tersebut yang akan digunakan dalam semua kebutuhan transaksi. Berikut adalah cara lengkap untuk trading saham di Stockbit.

2. Cara Trading Saham di Stockbit

  1. Unduh aplikasi Stockbit terlebih dahulu pada perangkat Anda.
  2. Buka rekening saham di Stockbit usai mengunduh aplikasi. Proses pembukaan rekening ini membutuhkan data untuk pendaftaran rekening, yakni KTP, NPWP, dan akun bank pribadi.
  3. Mulai registrasi dan isi data pribadi yang diminta.
  4. Ketika berhasi, Anda akan mendapatkan dua rekening sekaligus, yakni rekening Efek di Perusahaan Efek dan Rekening Dana Nasabah (RDN) di bank.
  5. Usai registrasi Anda akan mendapatkan nomor RDN. Dengan begitu, Anda sudah dapat melakukan cara deposit Stockbit atau top up dana ke rekening tersebut untuk keperluan transaksi saham, reksadana, dan lainnya.
  6. Sebelum melakukan pembelian saham, sebaiknya Anda melakukan Analisa saham terlebih dahulu.
  7. Cek kode saham melalui BEI untuk produk saham yang akan Anda beli.
  8. Selanjutnya, Anda bisa melakukan order beli saham melalui dua pilihan, yakni Market Order dan Limit Order. Jika menggunakan Market Order, maka Anda akan membeli saham di harga yang tertera saat itu, akan tetapi jika melalui Limit Order, Anda dapat menyesuaikan harga saham yang Anda mau. Sehingga transaksi tidak langsung dieksekusi, melainkan menunggu antrean.

3. Withdraw di Aplikasi Stockbit

Setelah mengetahui trading saham dengan kode saham di aplikasi stockbit, lantas bagaimana jika di tengah perjalanan, Anda berubah pikiran? Jangan khawatir, aplikasi Stockbit menyediakan fitur Amend yang berguna jika Anda ingin mengubah orderan saham, baik dari segi harga maupun kuantitas.

Nah, untuk membatalkan orderan saham, Anda dapat menggunakan fitur Withdraw. Fitur ini berguna untuk membatalkan saham yang telah Anda beli. Caranya adalah dengan tab Order pada aplikasi Stockbit. Kemudian klik Cancel pada order transaksi saham yang ingin dibatalkan.

Selanjutnya konfirmasi dengan klik Yes. Dengan begitu, Anda telah mengubah orderan pada status withdrawn Stockbit. Di situ, Anda juga bisa melihat biaya withdraw stockbit yang Anda lakukan. Demikian uraian dari Nendatekno mengenai kode saham di aplikasi stockbit, semoga bermanfaat!