5 Pertanyaan Sulit tentang Investasi Saham

Pertanyaan sulit tentang investasi saham menjadi pembahasan hangat di berbagai kalangan masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, istilah investasi saham digadang-gadang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam jangka waktu lebih singkat.

Cara mengelola investasi di bidang tersebut juga cukup mudah. Mulai dari mahasiswa hingga pekerja pasti bisa menabung saham.

Benarkan demikian? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas berbagai berita pertanyaan umum seputar saham serta jawabannya.

5 Pertanyaan Sulit Tentang Investasi Saham beserta Jawabannya

Para pemula sewajarnya memiliki banyak pertanyaan sulit tentang investasi saham di dalam kepala mereka. Umumnya, pertanyaan tersebut bersifat mendasar dan menjadi pertimbangan untuk memutuskan berinvestasi atau tidak.

Berikut beberapa contoh pertanyaan sulit tentang investasi di Indonesia:

1. Keuntungan investasi saham berasal dari mana?

Pertanyaan sulit tentang investasi saham yang pertama adalah asal muasal keuntungan bagi investor. Sebagaimana kita ketahui, membeli saham di sebuah perusahaan sama dengan ikut memiliki hak milik perusahaan tersebut.

Dengan demikian, pemilik saham akan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan. Besarannya tergantung kepada jumlah saham yang Anda miliki.

Hasil keuntungan yang didapatkan investor dari pendapatan perusahaan ini disebut dengan dividen.

Selain itu, keuntungan investor saham juga berasal dari capital gain. Apa itu? Capital gain adalah kondisi di mana harga jual saham lebih mahal daripada harga beli. Dengan demikian, investor bisa mendapatkan laba penjualan saham.

2. Apakah harga saham selalu naik?

Jawabannya adalah tidak. Saham merupakan instrumen investasi yang memiliki gerak fluktuasi cukup lincah.

Kenaikan dan penurunan harga saham dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kinerja industri atau perusahaan pemilik,inflasi, suku bunga, nilai tukar, dan lainnya.

Namun di satu sisi, memanfaatkan gerak fluktuasi ini bisa menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan keuntungan bagi investor. Pertanyaan tentang investasi di pasar modal tidak dapat terlepas dari keuntungan dan risiko yang harus dihadapi.

3. Apa saja risiko investasi di pasar saham?

Umumnya, pertanyaan mahasiswa tentang investasi lebih berkutat soal resiko. Pada dasarnya, aspek ini memang wajib Anda ketahui terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan berinvestasi di pasar saham.

Resiko pertama adalah likuidasi di mana perusahaan pemilik saham mengalami kebangkrutan.

Tentunya, hal ini sangat berdampak bagi para investor karena perusahaan baru akan memberikan dana likuiditas ketika seluruh tagihan operasional perusahaan sudah terpenuhi.

Resiko kedua ialah capital loss, kebalikan dari capital gain. Kondisi ini terjadi ketika harga saham merosot lebih rendah dari harga beli.

Capital loss dapat disebabkan oleh banyak faktor, tidak terkecuali seputar pembahasan pertanyaan tentang investasi di masa pandemi.

4. Berapa modal awal investasi saham?

Setiap perusahaan pialang mempunyai harga saham yang sangat beragam. Namun seiring dengan bertumbuhnya minat terhadap investasi ini, banyak perusahaan berlomba menyediakan harga saham yang terjangkau.

Bahkan beberapa saham dijual mulai harga 100.000 rupiah saja.

5. Bagaimana cara memilih saham yang bagus dan menguntungkan?

Pertanyaan tentang investasi milenial paling umum yang terakhir adalah cara memilih saham. Kembali kepada tujuan awal, tentunya kita ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan beberapa aspek berikut:

  • Pilih perusahaan yang sudah ternama dan dipercayai banyak investor;
  • Pilih perusahaan yang mempunyai manajemen bagus;
  • Pahami sistem dan peluang perusahaan tersebut;
  • Memiliki harga saham yang sesuai anggaran investasi Anda.

Demikian pembahasan NendaTekno seputar pertanyaan sulit tentang investasi saham dasar yang wajib diketahui oleh pemula. Semoga bermanfaat.